Cara Mengatasi Sakit Perut yang Bisa Diterapkan di Rumah

Cara mengatasi sakit perut ringan ini bisa Anda terapkan di rumah
Mengonsumsi teh dapat dijadikan salalh satu cara mengatasi sakit perut

Tidak ada yang dapat memprediksi kapan seseorang mengalami sakit. Salah satu gangguan yang terkadang muncul secara mendadak adalah sakit perut.

Ada kalanya sakit perut muncul pada saat-saat tidak tepat, seperti saat akan berangkat kerja, ketika terjebak macet, atau sedang mengikuti meeting. Tentu saja hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan dapat mengacaukan suasana hati.

Lantas, apakah ada cara mengatasi sakit perut? Sebenarnya cara mengatasi sakit perut cukup mudah dilakukan sendiri di rumah. Namun sebelumnya, mari kita bahas penyebab sakit perut.

Penyebab paling umum dari sakit perut adalah:

  • adanya gas yang berlebih di perut
  • otot yang tertarik
  • gangguan pencernaan.

Lokasi dari bagian perut yang sakit serta frekuensi sakitnya dapat memperlihatkan penyebab yang berbeda-beda.

Sakit Perut Kronis

Sebenarnya sakit perut dapat hilang dengan sendirinya, tetapi untuk kasus-kasus tertentu, sakit perut yang dirasakan dapat bertahan hingga berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Pada kasus demikian atau sakit perut kronis, penderita biasanya akan merasakan sakit yang hilang timbul. Cara mengatasi sakit perut kronis adalah dengan konsultasi ke dokter.

Sakit perut kronis biasanya memiliki penyebab yang lebih serius, misalnya GERD, hernia, kista ovarium, dan sebagainya. Namun, terdapat juga beberapa sakit perut yang intensitas sakitnya makin lama makin parah. Penyebab dari sakit perut ini biasanya dikarenakan penyakit, seperti kanker, hepatitis, penyakit Crohn, dan sebagainya.

Kapan Harus ke Dokter?

Pada kondisi seperti apa sakit perut membutuhkan perhatian medis? Anda perlu mengunjungi dokter jika sakit perut diiringi dengan tekanan atau rasa sakit di dada dan terjadi setelah Anda mengalami kecelakaan atau terluka.

Konsultasi ke dokter juga harus dilakukan jika Anda mengalami sakit perut parah yang diikuti dengan kondisi seperti:

  • penurunan berat badan
  • demam
  • warna kulit berubah menjadi kuning
  • kesulitan bernapas
  • muntah darah
  • buang air besar yang mengandung darah
  • pembengkakan pada perut
  • mual dan muntah-muntah secara terus-menerus
  • perut terasa terlalu lunak saat ditekan.

Jika Anda tidak merasakan gejala-gejala di atas, maka sakit perut yang dirasakan bersifat ringan dan cenderung dapat ditangani sendiri.

Cara Mengatasi Sakit Perut Ringan

1. Menggunakan Kantong Pemanas (Heating Pad) dan Mandi Air Hangat

Kehangatan dapat menjadi cara mengatasi sakit perut. Oleh karenanya, Anda dapat mandi air hangat untuk melemaskan otot perut yang menegang. Setelahnya, Anda dapat menggunakan kantong pemanas untuk menghangatkan perut selama kurang lebih 20 menit.

Rasa hangat dari kantong pemanas dapat membantu meringankan rasa mual dan sakit di perut. Kantong pemanas dapat dibeli di pasaran, tetapi jika Anda ingin alternatif yang ekonomis, Anda dapat menggunakan botol yang berisi air hangat.

2. Mengonsumsi Teh

Selain menenangkan dan menghangatkan, mengonsumsi teh dapat menjadi alternatif cara mengatasi sakit perut lainnya. Anda dapat mencoba menyeruput teh chamomile ataupun peppermint karena keduanya dapat membantu mengurangi gas dalam perut yang menyebabkan rasa sakit.

Selain itu, chamomile dapat meredakan rasa sakit karena merupakan anti-inflammatory atau anti-radang yang dapat meringankan rasa sakit dari otot yang tegang.

3. Mengonsumsi Jahe, Kayu Manis, atau Mint

Cara mengatasi sakit perut dapat dilakukan dengan bumbu-bumbu dapur yang tersedia di rumah Anda! Khasiat jahe sudah terbukti dalam mengatasi sakit perut. Serupa dengan teh chamomile, jahe adalah anti-radang alami yang dapat meredakan rasa nyeri.

Anda dapat mencampur jahe dalam teh ataupun minuman lainnya. Selain jahe, kayu manis dapat menjadi pilihan lainnya. Kayu manis mengandung antioksidan yang dapat mengurangi iritasi dan kerusakan pada pencernaan serta mengurangi gas di perut maupun menetralisir asam lambung.

Untuk mengonsumsinya, Anda cukup memasukkan 1 sendok teh atau 1 batang kayu manis ke dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi. Mint tidak hanya berfungsi untuk memberikan napas yang lebih segar, tetapi juga dapat menjadi cara mengatasi sakit perut.

Mint dapat mengurangi rasa sakit di perut, mencegah muntah dan diare, serta meringankan ketegangan di perut. Anda dapat mengonsumsi mint secara langsung atau mencampurnya di makanan atau minuman yang dikonsumsi.

4. Menerapkan Diet BRAT

Diet BRAT merupakan diet yang rendah serat dan terdiri dari makanan yang tidak terlalu padat serta memiliki daya serap yang tinggi. Diet BRAT terdiri dari pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti panggang (toast).

Namun, secara garis besar, Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang tidak berbumbu dan pedas serta memiliki kandungan serat yang rendah dan mudah dicerna oleh usus. Konsumsi makanan dengan jenis yang tertera di atas dapat membantu meringankan iritasi dari asam lambung.

Demikianlah tips-tips yang dapat dicoba untuk menjadi cara mengatasi sakit perut yang Anda alami. Jika Anda mengalami muntah-muntah atau diare, pastikan Anda tetap terdehidrasi dengan mengonsumsi cairan-cairan, seperti oralit, air, dan sebagainya.

Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika sakit perut yang dialami tidak kunjung membaik.

Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/natural-upset-stomach-remedies#brat-diet
Diakses pada 29 Maret 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/abdominal-pain/basics/when-to-see-doctor/sym-20050728
https://www.mayoclinic.org/symptoms/abdominal-pain/basics/causes/sym-20050728
Diakses pada 29 Maret 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322047.php
Diakses pada 29 Maret 2019

WebMD. https://www.webmd.com/first-aid/abdominal-pain-in-adults-treatment
Diakses pada 29 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed