7 Cara Mengatasi Sakit Buah Zakar Sebelah Kiri Berdasarkan Penyebabnya

(0)
26 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri dapat dilakukan berdasarkan penyebabnya.Cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri sangat beragam, tergantung dari penyebabnya.
Cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri dilakukan berdasarkan penyebabnya. Ada kondisi yang bisa diobati dengan obat-obatan antibiotik, tapi ada juga kondisi yang memerlukan operasi hingga kemoterapi.Oleh karena itu, setidaknya Anda perlu memahami berbagai penyebabnya sebelum mengetahui beragam cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri. Jika penyebabnya bisa diidentifikasi, dokter dapat memberikan pengobatan terbaik untuk mengatasi rasa nyeri pada testis Anda.

7 cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri

Penyebab buah zakar sebelah kiri sakit belum tentu menimbulkan hal yang sama pada buah zakar sebelah kanan. Sebab, buah zakar atau testis sebelah kiri dianggap lebih mudah terserang berbagai penyakit karena memiliki anatomi yang berbeda dari buah zakar sebelah kanan.Berikut adalah sejumlah cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri berdasarkan penyebabnya yang dapat Anda ketahui.

1. Varikokel

Varikokel terjadi saat pembuluh vena di dalam buah zakar mengalami pembesaran atau pembengkakan. Sekitar 15 persen pria di dunia pernah atau akan mengalaminya.Varikokel cenderung terjadi pada testis sebelah kiri karena pembuluh darah di sana letaknya lebih rendah.Sebenarnya, varikokel tidak perlu diobati dalam beberapa kasus. Namun, jika varikokel sudah menyebabkan masalah, seperti nyeri atau gangguan kesuburan, maka disarankan untuk datang ke dokter spesialis urologi.Cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri akibat varikokel adalah lewat operasi. Operasi biasanya dapat menyembuhkan varikokel secara total dengan menutup aliran darah pada bagian pembuluh vena yang membengkak dan mengalihkannya melalui pembuluh vena lain. Namun ingat, 1 dari 10 pasien dapat terserang varikokel lagi.

2. Orkitis

Orkitis adalah kondisi medis yang terjadi saat buah zakar mengalami peradangan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Gejalanya berupa rasa nyeri yang dapat menyebar dari testis kiri ke testis kanan.Selain itu, orkitis juga dapat menyebabkan buah zakar membengkak, terasa hangat, hingga kemerahan.Cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri akibat orkitis berbeda-beda. Dokter biasanya akan memberikan obat pereda nyeri, Jika orkitis disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter bisa memberikan obat antibiotik.Di sisi lain, jika orkitis disebabkan oleh virus, biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Meski demikian, konsultasi ke dokter tetap disarankan supaya menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

3. Spermatokel

cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri dapat dilakukan sesuai dengan penyebabnya
Spermatokel adalah kista yang terbentuk di epididimis
Spermatokel adalah kista yang terbentuk di epididimis, yakni tabung melingkar berukuran kecil yang terletak di dalam buah zakar. Epididimis berfungsi untuk mengumpulkan dan mengangkut sperma. Kista yang disebabkan spermatokel umumnya berisi cairan putih atau bening yang sudah bercampur dengan sperma.Penyebab spermatokel masih belum diketahui secara pasti. Namun para ahli percaya, spermatokel disebabkan oleh tersumbatnya tabung yang berfungsi mengangkut sperma.Perlu diketahui, jika kista yang disebabkan spermatokel membesar, maka buah zakar bisa mengalami nyeri dan terasa lebih berat dari biasanya.Jika rasa nyerinya sudah sangat mengganggu, cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri akibat spermatokel akan melibatkan prosedur operasi pengangkatan kista.Namun, prosedur operasi ini berpotensi memberikan dampak buruk pada kesuburan pria. Itulah mengapa dokter menyarankan pria untuk operasi spermatokel setelah memutuskan untuk tidak punya anak lagi.

4. Torsio testis

Torsio testis adalah kondisi darurat yang dapat menyebabkan buah zakar kehilangan fungsinya jika tak ditangani dalam waktu enam jam.Torsio testis terjadi akibat tali spermatika terpelintir di dalam buah zakar sehingga menghentikan pasokan darahnya. Penyakit ini tergolong langka karena hanya sekitar 1 dari 4 ribu pria yang merasakannya.Torsio testis harus ditangani dengan prosedur operasi, untuk memperbaiki tali spermatika yang terpelintir.

5. Hidrokel

Di dalam kantung zakar, terdapat lapisan tipis yang menyelimuti testis. Saat cairan atau darah memenuhi lapisan tipis ini, kondisi ini dikenal dengan sebutan hidrokel. Gejala hidrokel berupa pembengkakan buah zakar.Melalui prosedur operasi, dokter dapat menghilangkan cairan atau darah yang memenuhi lapisan tipis itu. Setelah selesai, dokter akan meminta Anda untuk rajin datang ke dokter dan melakukan pemeriksaan karena hidrokel adalah kondisi medis yang dapat kembali datang.

6. Cedera

cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya
Cedera parah pada buah zakar harus ditangani segera oleh dokter
Testis merupakan bagian tubuh yang rentan mengalami cedera akibat berolahraga, berkelahi, ataupun kecelakaan. Cedera ringan biasanya hanya menyebabkan buah zakar terasa nyeri secara sementara saja. Namun, cedera yang lebih parah bisa membuat buah zakar terasa nyeri dalam waktu yang lama.Hati-hati, buah zakar sebelah kiri lebih rentan mengalami cedera karena posisinya lebih jatuh dibandingkan buah zakar sebelah kanan.Dalam beberapa kasus cedera parah, proses operasi hatus dilakukan untuk menghindari komplikasi. Untuk cedera yang ringan, dokter dapat memberikan obat pereda rasa nyeri selama 1-2 hari.

7. Kanker testis

Kanker buah zakar atau kanker testis terjadi saat sel kanker mulai berkembang di bagian testis. Kanker testis biasanya terdeteksi oleh dokter saat melakukan pemeriksaan fisik. Ciri-cirinya berupa munculnya benjolan atau pembengkakan di bagian testis.Pada awalnya, kanker testikular mungkin tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun, jangan pernah meremehkannya. Segeralah datang ke dokter jika Anda melihat ada benjolan atau pembengkakan pada buah zakar.Ada beberapa cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kiri akibat kanker yang bisa dilakukan, di antaranya:
  • Operasi untuk mengangkat tumor yang umumnya melibatkan prosedur pengangkatan buah zakar atau testis
  • Terapi radiasi untuk membunuh sel kanker di bagian testis
  • Kemoterapi oral atau injeksi dapat dilakukan jika sel kankernya sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.
Penyebab sakit buah zakar sebelah kiri ini harus diwaspadai untuk mencegah menyebarnya sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Kapan harus ke dokter?

Jika sakit zakar sebelah kiri ditemani gejala-gejala di bawah ini, segeralah datang ke dokter:
  • Perubahan warna pada testis
  • Mual
  • Cairan atau darah keluar dari penis
  • Pembengkakan buah zakar
  • Muntah
  • Rasa nyeri yang semakin parah dan tak kunjung hilang.
Perlu diingat, terdapat beberapa kondisi medis pada testis yang harus segera diperiksakan ke dokter, misalnya torsi testis. Dengan begitu, dokter bisa melakukan penanganan sedini mungkin guna mencegah adanya komplikasi.Untuk memahami kondisi sakit buah zakar sebelah kiri lebih jauh, jangan malu untuk bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
nyeri testispenyakit priakanker testiskesehatan pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/left-testicle-pain
Diakses pada 12 Oktober 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/spermatocele/symptoms-causes/syc-20377829#:~:text=A%20spermatocele%20(SPUR%2Dmuh%2D,fluid%20that%20might%20contain%20sperm.
Diakses pada 12 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324776#seeing-a-doctor
Diakses pada 12 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait