Cara Mengatasi Rasa Sedih Saat Kucing Kesayangan Mati


Perasaan sedih kucing kesayangan mati sangatlah wajar. Meskipun banyak orang yang tak memahami betapa berartinya hewan peliharaan bagi Anda, ditinggal mati kucing kesayangan tentu menyisakan duka di hati.

0,0
16 Aug 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Perasaan sedih kucing kesayangan mati sangatlah wajarBeri waktu untuk diri sendiri bersedih saat kucing kesayangan mati
Hewan peliharaan sangat berarti bagi pemiliknya. Bukan hanya sekadar peliharaan semata, mereka bisa menjadi teman yang sangat mengerti keadaan pemiliknya. Bahkan ketika kita mengalami hari yang buruk, hewan peliharaan selalu ada untuk menghibur dengan tingkah lucu, unik, dan menggemaskan. Sayangnya, mereka juga makhluk yang tak bisa hidup selamanya. Rasa sedih kucing kesayangan mati pasti dirasakan oleh pemiliknya. Entah karena usia, sakit, atau kecelakaan, sama seperti manusia, hewan peliharaan juga akan mati suatu saat. Dokter hewan dapat menyembuhkan penyakit yang dialami oleh  hewan peliharaan, tetapi kadang semua keterampilan medis di dunia tidak dapat menyelamatkan seekor hewan. 

Merasa sedih kucing kesayangan mati

Sedih bisa muncul dalam banyak cara. Ada yang menangis, kehilangan mood, beberapa orang ada yang membutuhkan waktu untuk menerima kenyataan, atau ada juga yang berdiam diri. Bagi banyak orang, kehilangan hewan peliharaan bisa jadi pengalaman pertama mereka dengan kematian. Mengenali dan memilah perasaan akan sangat membantu untuk menghadapinya.Saat manusia meninggal, orang-orang berkumpul dan membicarakan kebaikan orang yang telah tiada setelah upacara kematian. Itu adalah cara mengakui kesedihan, yaitu dengan membicarakannya.Emosi bisa menjadi sangat rumit ketika hewan peliharaan mati. Anda merasa sedih tapi juga memiliki emosi lain. Misalnya, emosi marah yang menguasai Anda ketika teman Anda tidak menyadari betapa berartinya hewan peliharaan bagi Anda.Atau rasa bersalah juga muncul karena tidak bisa menghabiskan waktu banyak bersama hewan kesayangan. Wajar untuk merasakan berbagai emosi ketika hewan peliharaan mati. Sama seperti saat kehilangan anggota keluarga, ditinggal kucing kesayangan juga sama berdukanya.Beri waktu untuk diri sendiri bersedih. Biarkan emosi itu muncul dan Anda tak perlu melawannya. Jangan dengarkan jika ada orang yang mengatakan bahwa itu hanyalah seekor binatang. Jika memungkinkan untuk berada di ruang sendiri, biarkan diri Anda larut dalam kesedihan tanpa harus mendengar komentar dari orang lain.

Menghadapi kesedihan setelah ditinggal mati kucing kesayangan

Beberapa orang sulit untuk menyembuhkan duka dan mengekspresikan kesedihan. Berikut ini  beberapa cara untuk membantu Anda melewati kesedihan setelah ditinggal mati kucing kesayangan: 

1. Dapatkan dukungan dari orang yang tepat

Saat Anda sedang terluka dan berduka, Anda tahu kepada siapa meminta penghiburan dan dukungan. Sahabat dan anggota keluarga dekat mungkin pilihan pertama. Jika mereka mengatakan bahwa itu hanyalah hewan, mereka tidak bermaksud menyepelekan, hanya saja mereka tidak memahami ikatan yang Anda miliki dengan hewan peliharaan. Anda juga bisa mencari dukungan dari teman-teman grup pencinta kucing. 

2. Tuangkan rasa sedih dengan menulis

Menulis atau membuat jurnal akan membantu Anda memproses perasaan Anda. Melalui jurnal, Anda dapat mengenang dan mengekspresikan pikiran dan perasaan tanpa khawatir akan dihakimi orang lain. Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat menggunakan cara ini untuk menghadapi rasa sedih karena kehilangan hewan peliharaan. Namun, hindari berlarut-larut dalam kesedihan.

3. Buka lembaran baru

Kenangan manis bersama kucing kesayangan memang awalnya menghibur, tapi jika itu hanya membuat Anda semakin sedih, coba singkirkan sejenak. Kenangan yang abadi akan tetap hidup di hati Anda. Berduka adalah tentang mengucapkan selamat tinggal dan belajar melepaskan. Anda harus menyesuaikan diri dengan kehidupan tanpa hewan kesayangan.

4. Jangan terburu-buru untuk mengganti hewan peliharaan baru

Sebelum mengadopsi hewan peliharaan baru, luangkan waktu terlebih dahulu. Meskipun rumah terasa sepi dan kosong, lebih baik beri waktu hingga luka hati akibat kucing kesayangan mati yang Anda rasakan benar-benar sembuh . Atasi kesedihan dan kehilangan sebelum membangun hubungan dengan hewan peliharaan baru, terutama jika emosi Anda masih benar-benar kacau.Tak hanya sedih kucing kesayangan mati, namun ditinggal oleh hewan peliharaan, apalagi jika sudah memiliki ikatan yang kuat akan menyisakan duka. Nikmati momen selama hewan peliharaan Anda masih hidup dan meyakini bahwa Anda telah memberikan yang terbaik untuknya ketika ia pergi.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang mengatasi kesedihan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hewan peliharaankesehatan mental
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/emotional-health/10-ways-heal-after-losing-pet/
Diakses pada 3 Agustus 2021.
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/what-say-when-pet-dies#1
Diakses pada 3 Agustus 2021.
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/pet-death.html
Diakses pada 3 Agustus 2021.
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/pet-death.html
Diakses pada 3 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait