Cara Mengatasi Rasa Galau dan Sedih Akibat Ditinggal Kekasih

(0)
07 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ditinggal kekasih tentu saja membuat Anda merasa shock dan sedihJangan biarkan patah hati akibat ditinggal kekasih terus berlarut-larut dan mengacaukan hidup
Ditinggal kekasih memang dapat menyisakan luka yang teramat dalam apalagi bila sudah terbiasa bersama. Ketika hal itu terjadi, wajar bila Anda merasa galau, sedih, sakit hati, kecewa, dan tak tahu harus berbuat apa. Namun, jika patah hati dibiarkan terus berlarut, maka lama-kelamaan hidup pun akan terasa semakin kacau. Jadi, tentu saja Anda harus mengatasinya dengan tepat. 

Cara mengatasi rasa galau akibat ditinggal kekasih

Berikut cara ampuh mengatasi rasa sedih dan galau akibat ditinggal kekasih yang harus Anda coba:

1. Tenangkan diri

Ditinggal kekasih tentu saja membuat Anda merasa shock dan sedih. Akan tetapi, jangan terus meneror mantan karena hal tersebut bisa memperburuk hubungan Anda dengannya. Selain itu, Anda juga akan terus diliputi oleh emosi yang negatif. Jadi, tenangkan diri Anda dan beristirahatlah sejenak agar dapat fokus pada pemulihan diri sendiri.  

2. Mencari tantangan dan pengalaman baru

Jika sebelumnya, Anda tidak pernah mencoba suatu hal yang baru maka ini saatnya bagi Anda untuk mencoba. Mencari tantangan dan pengalaman baru dapat menjadi langkah yang produktif untuk memulihkan diri dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Namun, pastikan itu merupakan hal yang positif sehingga potensi dalam diri Anda pun bisa tergali. Anda juga dapat mencoba berkenalan dengan orang-orang baru.

3. Rutin berolahraga

Perpisahan bisa menimbulkan kesedihan yang sulit dikendalikan hingga menyebabkan stres. Dalam mengalihkan perasaan tersebut, cobalah untuk rutin berolahraga. Bukti menunjukkan bahwa latihan fisik dapat membantu mengatasi masalah suasana hati, masalah tidur, dan sulit konsentrasi. Ini menjadi salah satu langkah yang baik untuk pemulihan diri karena dapat menyehatkan tubuh pula.

4. Mencoba tersenyum

Merasa sedih merupakan respons alami terhadap perpisahan dan akan menurun seiring waktu. Namun jika Anda ingin meningkatkan kebahagiaan, cobalah untuk tersenyum. Mencoba tersenyum dapat mengirimkan sinyal ke otak Anda bahwa Anda merasa bahagia. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan suasana hati Anda sehingga merasa lebih baik.

5. Melakukan hal yang disenangi

Setelah ditinggal kekasih, Anda mungkin lebih banyak memiliki waktu luang daripada sebelumnya. Cobalah gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal yang Anda senangi, seperti membaca buku, berkebun, merajut, menonton film atau berlibur. Ini dapat membantu mengatasi kegalauan yang Anda rasakan.

6. Jangan merenungi kesedihan dan rasa kehilangan

Terus merenungi kesedihan dan kehilangan hanya akan membuat Anda terjebak dalam emosi yang negatif. Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk kesehatan mental Anda. Ketika Anda tidak dapat berhenti memikirkan mantan Anda, alihkanlah perhatian dengan berjalan-jalan ke luar rumah, mengunjungi teman atau beres-beres.

7. Hindari mendengarkan lagu-lagu cinta atau menonton drama romantis

Ketika mendengarkan lagu cinta atau menonton drama romantis, Anda mungkin akan terbawa perasaan karena teringat kenangan-kenangan bersamanya. Kesedihan pun semakin terasa bahkan air mata tak terbendung lagi. Dalam kondisi ini, sebaiknya hindari dulu mendengarkan lagu-lagu cinta atau menonton drama romantis. Cobalah untuk menonton pertunjukan komedi atau mendengarkan lagu ceria karena dapat membantu mengalihkan emosi negatif dalam diri Anda.

8. Batasi bermain media sosial

Anda mungkin ingin mencurahkan isi hati Anda di media sosial saat ditinggal kekasih. Akan tetapi, ingatlah bahwa media sosial bukan tempat yang tepat untuk menyuarakan perasaan atau kesedihan Anda terhadap mantan. Sebaiknya, berbagilah dengan orang yang Anda percayai saja. Di samping itu, banyak bermain media sosial setelah putus cinta juga dapat meningkatkan rasa sedih dan galau yang Anda alami. Sebab suasana hati akan kian memburuk ketika melihat foto mantan Anda atau pasangan yang terlihat sempurna.

9. Mendekatkan diri pada Tuhan

Ketika Anda merasa sangat sedih, kecewa, maupun galau dan tak menemukan solusi apa pun, dekatkanlah diri Anda pada Tuhan. Banyak beribadah dan mengingat Tuhan dapat membuat hati terasa lebih damai. Anda juga akan lebih merasa ikhlas setelah ditinggal kekasih.Meski mungkin sulit untuk bangkit setelah mengalami perpisahan, namun percayalah bahwa Anda bisa melewatinya. Dengan melakukan cara-cara tersebut, maka seiring berjalannya waktu kesedihan dan kegalauan diri Anda pun akan menghilang. Meski dunia serasa jungkir-balik ketika ditinggal kekasih, namun Anda tetap harus bangkit dan melanjutkan kehidupan.
percintaanmenjalin hubunganputus cinta
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-to-do-after-a-breakup#self-care
Diakses pada 20 April 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/meet-catch-and-keep/201504/5-ways-heal-broken-heart
Diakses pada 20 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait