Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Terapi Obat dan Laser


Terdapat berbagai macam cara mengatasi kebotakan pada wanita baik secara medis maupun alami yang bisa Anda coba, mulai dari mengoleskan lidah buaya hingga melakukan terapi cahaya dan laser.

0,0
03 May 2019|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi rambut rontok dan kebotakanPerawatan yang tepat dapat membantu mengurangi rambut rontok dan kebotakan
Wanita umumnya sangat memperhatikan penampilan, termasuk untuk mahkota kepala alias rambut. Rambut rontok dan kebotakan pada wanita dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri dan mengganggu penampilan. Berikut adalah perawatan umum yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan pada wanita.

Berbagai cara mengatasi kebotakan pada wanita secara medis maupun bahan alami

Terdapat berbagai cara mengatasi kebotakan pada wanita secara medis maupun bahan alami yang dapat Anda coba, di antaranya:

1. Minoxidil topikal

Minoxidil umumnya tersedia dalam kemasan cair atau busa yang bisa diaplikasikan pada kulit kepala setiap hari. Untuk perawatan rambut rontok dan kebotakan pada wanita, disarankan untuk menggunakannya minimal 6 bulan agar rambut dapat tumbuh kembali.

2. Pil spironolactone

Obat spironolactone bekerja untuk mengobati rambut rontok dengan memperbaiki hormon. Secara khusus, obat ini akan mengikat reseptor androgen dan menurunkan pemrosesan testosteron tubuh. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui manfaat dan efek samping obat spironolactone.

3. Suntikan kortikosteroid

Cara mengatasi kebotakan pada wanita selanjutnya ialah dengan suntikan kortikosteroid. Rambut rontok dan kebotakan pada wanita karena penyakit tertentu, dapat diatasi dengan suntikan kortikosteroid. Pertumbuhan rambut akan terlihat dalam waktu 4 minggu. Pengobatan ini biasanya diulang setiap 4-6 minggu.

4. Anthralin topikal

Obat anthralin topikal juga bisa dipakai untuk mengatasi kerontokan rambut hingga kebotakan. Obat ini aman dan efektif. Penggunaannya cukup satu kali sehari. Setelah menggunakan obat ini, kulit kepala harus dibilas dengan air bersih dan dicuci dengan sampo. Pertumbuhan rambut akan terlihat setelah 2-3 bulan.

5. Terapi plasma kaya platelet (PRP)

Terapi plasma kaya platelet atau Platelet-Rich Plasma (PRP) meliputi tiga langkah: pengambilan darah, pemrosesan darah, penyuntikan darah ke kepala. Terapi PRP membutuhkan sesi yang dibagi dalam 4-6 minggu dengan perawatan selama 6 bulan. Efektivitasnya bisa mencapai 40% pertumbuhan rambut baru.

6. Sampo ketokonazol

Selanjutnya, ada cara mengatasi kebotakan pada wanita dengan menggunakan sampo ketokonazol. Rambut rontok maupun kebotakan pada wanita dapat diatasi dengan mencoba sampo dengan kandungan ketoconazole 2%. Sampo ketokonazol ini mengandung zat antijamur yang mengurangi produksi hormon testosteron dan androgen untuk mencegah kerontokan rambut. Perawatan dengan sampo ini tidak memiliki efek samping apa pun.

7. Terapi cahaya dan laser

Cara lain untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan pada wanita adalah terapi cahaya dan laser. Perangkat laser akan menstimulasi pertumbuhan rambut pada area kebotakan. Perangkat yang tersedia bisa berupa bentuk kuas, sisir dan benda lain yang mudah digenggam. Perangkat ini akan memancarkan cahaya dan membuat pertumbuhan rambut lebih cepat.Perawatan dengan terapi sinar laser dapat dilakukan 2-3 kali seminggu. Kadang membutuhkan waktu beberapa bulan untuk melihat efeknya. Penting diperhatikan, perawatan laser tidak termasuk dalam rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Pangan Amerika Serikat. Namun, tidak ada laporan apa pun mengenai efek samping negatif terkait penggunaan terapi laser.

8. Lidah buaya

Dilansir dari National Center for Complementary and Integrative Health, lidah buaya adalah bahan alami yang telah dipercaya untuk mengatasi kerontokan rambut. Tidak hanya itu, lidah buaya juga bisa memberikan efek menenangkan pada kulit kepala.Selain itu, lidah buaya pun diyakini mampu mengurangi ketombe dan membuka folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh produksi minyak di kulit kepala.Untuk mencoba cara mengatasi kebotakan pada wanita ini, cobalah oleskan lidah buaya ke kulit kepala sebanyak beberapa kali dalam seminggu. Anda juga boleh menggunakan sampo yang mengandung lidah buaya.

9. Ginseng

Dilansir dari sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food, ginseng juga dianggap sebagai bahan alami yang bisa mengatasi kerontokan rambut. Sejumlah ahli dari riset tersebut percaya, mengonsumsi suplemen ginseng dapat merangsang pertumbuhan rambut.Sebab, ginseng mengandung ginsenoside, komponen aktif yang bisa berdampak positif pada rambut.Meski begitu, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mencoba cara mengatasi kebotakan pada wanita ini, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter agar terhindar dari efek samping.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal mengatasi rambut rontok atau kebotakan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik.
rambut rontok
Healthline. https://www.healthline.com/health/hair-loss-treatment-for-women
Diakses pada Oktober 2018
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/regrow-hair-naturally#aloe-vera
Diakses pada 14 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait