Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Terapi Obat dan Laser

Atasi rambut rontok untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan perawatan yang tepat
Rambut rontok dan kebotakan bisa mengganggu penampilan wanita

Wanita umumnya sangat memperhatikan penampilan, termasuk untuk mahkota kepala alias rambut. Rambut rontok dan kebotakan pada wanita dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri dan mengganggu penampilan. Berikut adalah perawatan umum yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan pada wanita.

1. Minoxidil Topikal

Minoxidil umumnya tersedia dalam kemasan cair atau busa yang bisa diaplikasikan pada kulit kepala setiap hari. Untuk perawatan rambut rontok dan kebotakan pada wanita, disarankan untuk menggunakannya minimal 6 bulan agar rambut dapat tumbuh kembali.

2. Pil Spironolactone

Obat spironolactone bekerja untuk mengobati rambut rontok dengan memperbaiki hormon. Secara khusus, obat ini akan mengikat reseptor androgen dan menurunkan pemrosesan testosteron tubuh. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui manfaat dan efek samping obat spironolactone.

3. Suntikan Kortikosteroid

Rambut rontok dan kebotakan pada wanita karena penyakit tertentu, dapat diatasi dengan suntikan kortikosteroid. Pertumbuhan rambut akan terlihat dalam waktu 4 minggu. Pengobatan ini biasanya diulang setiap 4-6 minggu.

4. Anthralin Topikal

Obat anthralin topikal juga bisa dipakai untuk mengatasi kerontokan rambut hingga kebotakan. Obat ini aman dan efektif. Penggunaannya cukup satu kali sehari. Setelah menggunakan obat ini, kulit kepala harus dibilas dengan air bersih dan dicuci dengan sampo. Pertumbuhan rambut akan terlihat setelah 2-3 bulan.

5. Terapi Plasma Kaya Platelet (PRP)

Terapi plasma kaya platelet atau Platelet-Rich Plasma (PRP) meliputi tiga langkah: pengambilan darah, pemrosesan darah, penyuntikan darah ke kepala. Terapi PRP membutuhkan sesi yang dibagi dalam 4-6 minggu dengan perawatan selama 6 bulan. Efektivitasnya bisa mencapai 40% pertumbuhan rambut baru.

6. Sampo Ketokonazol

Rambut rontok maupun kebotakan pada wanita dapat diatasi dengan mencoba sampo dengan kandungan ketoconazole 2%. Sampo ketokonazol ini mengandung zat antijamur yang mengurangi produksi hormon testosteron dan androgen untuk mencegah kerontokan rambut. Perawatan dengan sampo ini tidak memiliki efek samping apa pun.

7. Terapi Cahaya dan Laser

Cara lain untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan pada wanita adalah terapi cahaya dan laser. Perangkat laser akan menstimulasi pertumbuhan rambut pada area kebotakan. Perangkat yang tersedia bisa berupa bentuk kuas, sisir dan benda lain yang mudah digenggam. Perangkat ini akan memancarkan cahaya dan membuat pertumbuhan rambut lebih cepat.

Perawatan dengan terapi sinar laser dapat dilakukan 2-3 kali seminggu. Kadang membutuhkan waktu beberapa bulan untuk melihat efeknya. Penting diperhatikan, perawatan laser tidak termasuk dalam rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Pangan Amerika Serikat. Namun, tidak ada laporan apa pun mengenai efek samping negatif terkait penggunaan terapi laser.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal mengatasi rambut rontok atau kebotakan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Artikel Terkait

Banner Telemed