Kusam, rapuh, dan bercabang menjadi masalah yang sering terjadi pada rambut yang kering
Rambut kering umumnya terlihat lebih kusam dan rapuh

Memiliki rambut yang lembut, tebal, sehat, dan terawat, tentu menjadi keinginan setiap orang, terutama kaum hawa. Namun sayang, tidak semua orang bisa mendapatkan rambut yang demikian. Berbagai masalah rambut bisa muncul tanpa diperkirakan, salah satunya adalah rambut kering.

Rambut kering bisa membuat Anda kurang percaya diri karena bisa membuat rambut terlihat lebih kusam, tak bernutrisi, lebih mudah rapuh, hingga sulit ditata. Namun, Anda tidak perlu cemas karena masih ada beberapa cara mengatasi rambut kering yang bisa dicoba.

Cara mengatasi rambut kering

Baik pria maupun wanita di segala usia bisa saja memiliki rambut yang kering. Rambut kering terbentuk ketika rambut tidak mendapatkan atau mempertahankan kelembapan yang cukup. Lapisan luar pada rambut kering mengalami kerusakan sehingga rambut terlihat kusam dan tak sehat.

Paparan sinar matahari, panas dari catokan rambut, air berklorin, merokok, tinggal di lingkungan yang beriklim panas, menggunakan perawatan rambut yang keras, terlalu sering keramas, dan berbagai hal lainnya, bisa menyebabkan terjadinya rambut kering. Untuk mengantisipasinya, berikut cara mengatasi rambut kering yang bisa dilakukan: 

  • Menggunakan shampo khusus rambut kering

Memakai shampo biasa mungkin tidak berpengaruh terhadap rambut Anda yang kering dan tak ada perbaikan yang terjadi. Oleh sebab itu, gunakan shampo yang dirancang khusus untuk perawatan rambut kering. Shampo tersebut biasanya memiliki formula khusus yang dapat mengurangi kekeringan pada rambut.

Kekeringan pada rambut dapat diatasi dengan shampoo mengandung oil, seperti oil alami berupa jojoba oil, olive oil, dan grape seed oil atau oil sintetis seperti dimethicone, dimethiconol, amodimethicone dan cyclomethicone

  • Bilas rambut dengan air dingin

Mandi dengan air dingin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya membuat rambut menjadi lebih lembap dan tumbuh lebih cepat. Setelah memakaikan shampo, bilaslah dengan air dingin untuk memperbaiki helai rambut agar tak kering sekaligus menyegarkan kulit kepala Anda.

  • Menggunakan kondisioner

Setelah keramas, gunakan kondisioner untuk membantu menjaga kelembapan lapisan luar rambut dengan mempertahankan minyak alami rambut. Oleskan kondisioner pada helai-helai rambut Anda secara merata.

  • Memakai vitamin rambut

Rambut juga membutuhkan vitamin agar lebih sehat dan kuat. Penggunaan vitamin rambut bisa membantu rambut kering Anda terlihat lebih bernutrisi. Ada berbagai produk vitamin rambut yang bisa Anda pilih, namun pastikan untuk menggunakan vitamin yang khusus untuk rambut kering. Pilih vitamin rambut dengan komposisi vitamin lengkap, seperti vitamin A untuk merangsang keluarnya minyak alami pada kulit kepala agar menjaga rambut tidak kering. 

  • Menggunakan minyak esensial

Minyak argan telah banyak digunakan untuk mengatasi rambut kering. Jadi, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba. Gunakan beberapa tetes minyak argan di ujung rambut untuk membuat rambut lebih lembap, halus, dan sehat. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial lainnya, seperti minyak lavender dan minyak peppermint. Ini juga dipercaya menjadi salah satu cara meluruskan rambut yang bisa Anda coba.

  • Trim rambut

Rambut yang kering umumnya memiliki ujung rambut yang rusak dan bercabang. Jika dibiarkan, kerusakan tersebut akan terus berlanjut. Untuk mengatasinya, lakukan trim rambut secara rutin dengan memotong ujung-ujung rambut yang kering dan rusak. 

Metode ini bisa membantu Anda mendapatkan rambut yang lebih sehat. Akan lebih baik jika Anda melakukannya di salon dengan gunting yang sesuai.

  • Memijatkan minyak kelapa

Memijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dapat memberi kelembapan sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan tak kering. Minyak tersebut kaya akan vitamin E dan antioksidan yang dapat melembapkan lapisan luar rambut hingga memperbaiki kerusakan yang terjadi.

  • Hindari mencuci rambut setiap hari

Shampo memang dapat menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, namun produk ini juga bisa mengurangi minyak alami rambut (sebum). Dalam jumlah yang normal, sebum bisa membuat rambut lebih mudah dirawat dan berkilau. Akan tetapi, ketika jumlahnya terlalu sedikit bisa membuat rambut sangat kering. Jadi, sebaiknya hindari mencuci rambut setiap hari. Lakukan keramas 2-3 kali seminggu.

  • Bungkus rambut dengan handuk

Jika rambut Anda kering dan rapuh, mengeringkannya dengan hair dryer setelah keramas bisa membuat kelembapannya hilang. Sebagai alternatifnya, cobalah untuk membungkus rambut menggunakan handuk setelah keramas. 

Metode ini dapat membantu menjaga kelembapannya. Namun, jangan membiarkan rambut Anda basah untuk jangka waktu yang lama karena bisa menyebabkan kerusakan.

  • Batasi styling rambut

Styling rambut yang panas, seperti meluruskan, mengeriting, atau menambah volume rambut mungkin sering Anda lakukan sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa hal tersebut bisa membuat rambut menjadi kering dan batang rambut mengalami kerusakan? Untuk mengatasi persoalan rambut kering yang Anda alami, sebaiknya mulailah membatasi styling rambut.

  • Menggunakan topi

Tak hanya merusak kulit, paparan sinar UV juga bisa merusak rambut Anda sehingga menjadi kering dan kusam. Untuk mengatasi rambut kering, batasi paparan sinar matahari dengan menggunakan topi ketika beraktivitas di luar ruangan. Di samping itu, Anda juga dapat mengoleskan gel lidah buaya untuk meringankan kerusakan rambut akibat sinar UV.

Tidak sulit untuk melakukannya, bukan? Berbagai cara tersebut dapat membantu Anda mengatasi rambut kering yang Anda miliki agar lebih sehat, halus, kuat, dan berkilau. 

Namun, jika rambut kering disertai dengan kerontokan dan berbagai gejala lain, sebaiknya periksakan diri Anda pada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-hair#6
Diakses pada 05 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-hair#treatment
Diakses pada 05 Maret 2020
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/dry-hair-causes
Diakses pada 05 Maret 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4458934/
Diakses pada 05 Maret 2020

Artikel Terkait