9 Cara Mengatasi Rambut Kering Pria

(0)
Merawat rambut bukan hanya perlu dilakukan oleh wanita. Pria pun memerlukan perawatan agar rambutnya tetap sehat dan tampak indah alami. Tanpa perawatan rambut yang tepat, berbagai masalah rambut akan muncul, tak terkecuali rambut kering. Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut kering pada pria?

Apa penyebab rambut kering pada pria?

Masalah rambut kering umum dialami baik pada wanita dan pria dari segala rentang usia. Pada dasarnya, penyebab rambut kering pada pria dan wanita tidak jauh berbeda. Meski mengganggu, rambut kering pria bukan menandakan suatu kondisi medis yang serius.Kelenjar sebaceous atau yang dikenal dengan sebum dalam folikel rambut berfungsi untuk menghasilkan minyak alami serta melembapkan dan melindungi helaian rambut Anda.Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda mungkin memproduksi lebih sedikit sebum. Akibatnya, rambut Anda menjadi lebih rentan kering.Umumnya, pria dengan rambut keriting cenderung lebih sering mengalami rambut kering. Hal ini karena sebum tidak dapat mencapai ujung rambut layaknya pada pria dengan rambut lurus atau bergelombang.Selain itu, paparan sinar matahari, perawatan rambut, dan kondisi hormon dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab rambut kering pada pria. Berikut adalah penyebab rambut kering pada pria selengkapnya.

1. Terlalu sering keramas

Salah satu penyebab rambut kering pada pria adalah terlalu sering keramas. Terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala sehingga menyebabkan rambut Anda menjadi kering. Hal ini terutama dialami oleh pria dengan rambut keriting.

2. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari secara berkepanjangan dapat merusak lapisan luar rambut Anda yang dikenal dengan kutikula.Kutikula berfungsi melindungi sekaligus mengunci kelembapan rambut. Ketika kutikula rambut rusak, rambut Anda bisa rentan kering, bahkan rapuh. 

3. Perawatan rambut yang kurang tepat

Kebiasaan mengeringkan rambut menggunakan hairdryer atau keramas dengan air panas juga menjadi penyebab rambut kering pada pria.Selain itu, apabila Anda sering menggunakan produk rambut, seperti gel rambut, dari kandungan bahan yang keras dapat meningkatkan risiko rambut kering pada pria.

Cara mengatasi rambut kering pria

Setelah mengetahui penyebab rambut kering pada pria, ada baiknya Anda mengetahui cara mengatasi rambut kering pria yang tepat.

1. Jangan sering keramas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab rambut kering pria adalah karena terlalu sering keramas.Terlalu sering keramas dapat mengurangi produksi minyak alami rambut atau sebum. Maka dari itu, hindari mencuci rambut setiap hari. Anda dapat melakukan keramas dengan benar sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.Inilah salah satu cara mengatasi rambut kering pria.

2. Pilih sampo untuk rambut kering

cara mengatasi rambut kering pria adalah gunakan sampo khusus rambut kering
Sampo untuk rambut kering biasanya mengandung zat yang bisa melembapkan rambut
Jika Anda memiliki jenis rambut kering, pastikan menggunakan sampo yang dirancang khusus untuk rambut kering pria. Umumnya, sampo untuk rambut kering memiliki kandungan zat yang dapat melembapkan rambut, seperti dimethicone dan cyclomethicone.Tak hanya itu, menggunakan sampo untuk rambut kering juga berperan dalam menjaga kutikula rambut agar mengunci minyak alami.

3. Gunakan kondisioner rambut

Selain sampo, cara mengatasi rambut kering pria berikutnya adalah menggunakan kondisioner. Seorang penata rambut terkemuka mengemukakan bahwa kondisioner tidak hanya digunakan untuk wanita, melainkan juga perlu untuk merawat rambut kering pria.Pasalnya, sampo dapat menyebabkan rambut kering karena mengikis minyak alami dan nutrisi rambut. Nah, penggunaan kondisioner bekerja layaknya pelembap yang bertujuan melembapkan kulit kepala, meningkatkan aliran darah, serta menjaganya agar tetap sehat berkilau.Terlebih rambut pria biasanya lebih pendek dan mudah menipis. Jadi, penggunaan kondisioner rambut sangat penting untuk mengembalikan volume rambut pria.Cara menggunakan kondisioner adalah dengan mengoleskannya pada ujung-ujung rambut dan batang rambut yang biasanya lebih rentan kering. Diamkan selama 20-30 menit, jangan langsung dibilas agar kandungan kondisioner dapat terserap baik oleh helaian rambut.Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengoleskan kondisioner rambut sampai ke kulit kepala. Sebab, hal ini justru dapat membuat kulit kepala berminyak.

4. Keramas menggunakan air dingin

Setelah menggunakan sampo dan kondisioner rambut, bilaslah rambut menggunakan air dingin untuk memperbaiki helaian rambut agar tidak kering sekaligus menyegarkan kulit kepala Anda.Membasuh rambut dengan air dingin juga dapat membuat rambut menjadi lebih lembap dan tumbuh lebih cepat.

5. Keringkan rambut dengan lembut

Selesai mencuci rambut, keringkan rambut dengan cara menepuk-nepuk kepala dan diangin-anginkan. Hindari terlalu sering menggunakan alat pengering rambut karena suhunya yang panas dapat membuat rambut dan kulit kepala menjadi lebih rentan kering.Jangan pula menggunakan handuk untuk menggosok-gosok rambut Anda jika ingin cepat kering. Pasalnya, menggosok-gosok rambut yang masih basah justru berisiko merusak kutikula rambut.

6. Rutin potong rambut

Cara mengatasi rambut kering pria selanjutnya adalah dengan rutin potong rambut.Potong rambut merupakan langkah yang tepat untuk menghilangkan rambut rusak, termasuk rambut kering pria. Oleh karena itu, potonglah rambut secara rutin guna menghilangkan ujung rambut yang bercabang.Jika Anda ingin memanjangkan rambut, sebaiknya tetap potong ujung rambut Anda secara rutin setiap 6-8 minggu sekali untuk mencegah dan menghilangkan bagian rambut yang kering, kasar, dan sulit diatur.

7. Batasi penggunaan produk rambut

Menggunakan produk rambut secara berlebihan, seperti gel rambut, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya juga dapat meningkatkan risiko rambut kering pria. Hal ini tentu dapat mengganggu kenyamanan dan penampilan Anda.Jadi, sebisa mungkin batasi penggunaan produk rambut saat merapikan atau menyisir rambut.Jika tetap ingin menggunakan produk rambut, hindari memilih kandungan yang keras untuk rambut, seperti yang mengandung alkohol, termasuk isopropil alkohol, propanol, propil alkohol.

8. Pakai topi

Paparan sinar UV dapat merusak rambut Anda sehingga menjadi tampak kering dan kusam.Nah, cara mengatasi rambut kering pria selanjutnya adalah dengan membatasi paparan sinar matahari menggunakan topi saat beraktivitas di luar ruangan.Anda juga dapat mengoleskan lidah buaya untuk meringankan kerusakan rambut, termasuk rambut kering, akibat paparan sinar UV.

9. Perhatikan asupan makanan

Zat gizi dari makanan ternyata juga menjadi cara mengatasi rambut kering pria yang tak kalah penting. Nutrisi untuk perawatan rambut bisa berasal dari aneka vitamin dan protein.Beberapa vitamin dan mineral yang berperan dalam menyehatkan rambut adalah vitamin A, vitamin C, biotin (vitamin H), dan zat besi.Selain itu, sumber protein hewani dapat menjaga rambut dari kerontokan dan membuatnya tetap berkilau karena kandungan peptida dan omega-3 di dalamnya. Sumber protein hewani dapat berasal dari tiram, ikan salmon, makarel, tuna, dan sarden. Berbagai cara mengatasi rambut kering pria di atas dapat Anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat, halus, kuat, dan berkilau.Akan tetapi, jika rambut kering pria disertai dengan gejala kerusakan rambut lainnya, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.
kesehatan rambutrambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/dry-hair-men
Diakses pada 13 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-hair#1
Diakses pada 13 Juli 2020
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/dry-hair-causes
Diakses pada 13 Juli 2020
Mens Journal. https://www.mensjournal.com/style/why-you-should-be-conditioning-your-hair-and-best-conditioners-men/
Diakses pada 13 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait