9 Cara Mengatasi Rabun Jauh alias Mata Minus di Rumah

(0)
22 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi rabun jauh sebenarnya mudah dilakukan di rumah.Cara mengatasi rabun jauh sangatlah banyak, cobalah di rumah!
Cara mengatasi rabun jauh alias mata minus (miopia) yang paling populer ialah menggunakan kacamata. Selain itu, ada berbagai macam cara untuk meringankan kondisi tersebut.Hebatnya lagi, berbagai macam cara mengatasi rabun jauh secara alami yang mudah dilakukan ini dapat dicoba di rumah.

Cara mengatasi rabun jauh secara alami di rumah

Rabun jauh atau mata minus memang bisa diatasi dengan menggunakan kacamata. Namun, Anda juga bisa meningkatkan kesehatan mata sekaligus mencegah kerusakan lebih parah, dengan beberapa langkah berikut ini, yang bisa dilakukan di rumah.

1. Senam mata

Mata minus
Cara mengatasi rabun jauh, salah satunya senam mata
Menurut beberapa riset, melakukan senam mata adalah cara mengatasi rabun jauh secara alami yang efektif. Tidak heran jikalau optamologis (dokter mata) sering menyarankan penderita rabun jauh untuk melakukan senam mata sebagai cara mengatasi rabun jauh alami.Salah satu senam mata yang bisa dilakukan di rumah adalah memfokuskan pandangan pada titik yang jauh dan dekat. Senama mata ini dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Duduk dengan nyaman di kursi
  • Letakkan jempol atau ibu jari sejauh 25 sentimeter di depan mata. Fokuskan pandangan Anda terhadap ibu jari itu
  • Setelah itu, carilah objek sejauh 10-20 kaki dari pandangan Anda, kemudian fokuslah pada objek tersebut selama 15 detik
  • Kemudian, kembalikan fokus pandangan pada ibu jari, dan ulangilah senam mata ini sebanyak 5 kali.
Senam mata adalah cara mengatasi rabun jauh secara alami yang dapat dilakukan dengan mudah. Dengan melakukannya secara rutin, Anda diharapkan bisa mencegah kerusakan lebih parah pada mata.

2. Latihan pernapasan

Siapa sangka kalau latihan bernapas dapat menjadi cara mengatasi rabun jauh secara alami yang dapat dilakukan di rumah?Cobalah untuk menutup mata Anda, kemudian bernapaslah lewat hidung dan keluarkan napas dari mulut. Lakukanlah latihan pernapasan ini selama 3 menit.Namun ingat, jangan memaksakan tubuh Anda menghirup udara lebih banyak dari biasanya, karena hal ini malah akan merugikan kesehatan.

3. Mengistirahatkan diri dari gadget

Cara mengatasi rabun jauh secara alami selanjutnya ialah mengistirahatkan diri dan mata dari gadget, entah itu ponsel, komputer, laptop, ataupun televisi. Sebab, menggunakan mata untuk bekerja dengan gadget selama berjam-jam akan memaksa mata untuk fokus kepada objek yang sangat dekat sehingga rabun jauh bisa tumbuh.

4. Bekerja di tempat yang terang

Menulis, membaca, atau menggunakan ponsel di tempat yang gelap akan memberikan stres atau tekanan hebat pada mata. Otot di dalam mata pun bisa menegang, sehingga rabun jauh akan datang.Cobalah cara mengatasi rabun jauh secara alami ini tak hanya di rumah, tapi pada berbagai lokasi dan situasi yang memungkinkan.

5. Mengonsumsi vitamin

Vitamin A, B, C, D, dan E seringkali dipercaya sebagai nutrisi yang menyehatkan mata. Itulah sebabnya, para ahli sering merekomendasikan cara mengatasi rabun jauh secara alami ini.Berbagai sumber alami vitamin A, B, C, D, dan E adalah wortel, tomat, apel, paprika, ikan, kacang, hingga sayuran hijau. Konsumsilah berbagai makanan sehat ini demi mencegah kerusakan pada mata yang lebih parah.

6. Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok bisa menyebabkan penyakit jantung, penyakit paru-paru, hingga kanker. Namun tahukah Anda bahwa merokok bisa membahayakan kesehatan mata?Itulah sebabnya, menghentikan kebiasaan merokok dianggap sebagai cara mengatasi rabun jauh yang dapat Anda lakukan.

7. Beraktivitas di luar rumah

Cara mengatasi rabun jauh secara alami ini cukup mudah dilakukan; beraktivitaslah di luar rumah! Para peneliti juga menemukan fakta bahwa paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa menjaga kesehatan mata, terutama dari penyakit miopia alias rabun jauh.Cara mengatasi rabun jauh secara alami ini dianggap bisa memperlambat atau bahkan mencegah miopia pada mata berkembang semakin parah.Namun ingat, jangan terlalu berlebihan juga. Sebab, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat merugikan kesehatan kita.

8. Memakai kacamata

Gunakanlah kacamata pelindung saat Anda sedang beraktivitas, seperti berolahraga atau kegiatan apapun yang berhubungan dengan paparan polusi yang mengandung racun. Selain bisa menjadi cara mengatasi rabun jauh agar tidak semakin parah, miopia juga bisa dicegah dengan langkah ini.

9. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat menjadi cara mengatasi rabun jauh yang bisa dicoba. Coba santap sayuran hijau dan buah-buahan!Selain itu, beberapa studi juga membuktikan, ikan yang mengandung asam lemak omega-3 juga bisa dikonsumsi sebagai cara mengatasi rabun jauh.

Cara mencegah mata minus

Mata minus
Ikuti cara mengatasi rabun jauh untuk mencegahnya!
Lebih baik mencegah daripada mengatasi. Begitu pula dengan rabun jauh atau mata minus. Hal ini juga berlaku bagi orangtua yang ingin menjaga kesehatan mata anak.Selain dengan cara mengatasi rabun jauh secara alami di atas, terdapat berbagai cara mencegah mata minus yang bisa dilakukan sejak dini sebagai berikut ini, untuk menghindari miopia di masa mendatang:
  • Kontrol mata

Memeriksakan mata secara rutin ke dokter, walaupun tidak ada keluhan pada mata, adalah cara mencegah mata minus yang harus dilakukan sejak dini.
  • Mengontrol penyakit kronis

Hati-hati, berbagai penyakit kronis seperti diabetes atau tekanan darah tinggi bisa berdampak buruk pada kesehatan mata. Oleh karena itu, jika anak memiliki gejala dua penyakit tersebut, jangan lupa untuk selalu memeriksakan kondisinya secara teratur ke dokter.
  • Mengonsumsi makanan sehat

Setiap makanan yang disantap anak akan berdampak pada kesehatannya, termasuk kesehatan mata. Oleh karena itu, pastikan anak mendapatkan asupan sehat seperti sayur dan buah, untuk mencegah rabun jauh.
  • Memastikan pencahayaan yang baik

Sejak dini, orangtua harus memberi tahu pada anak-anak bahwa membaca, menggunakan ponsel, atau nonton televisi dengan pencahayaan yang gelap akan meningkatkan risiko penyakit mata. Selalu ingatkan mereka untuk nyalakan lampu sebelum berkutat dengan buku atau ponsel.Itulah tadi berbagai cara mengatasi rabun jauh secara alami, beserta cara mencegah rabun jauh yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk selalu datang ke dokter mata untuk menjalani pemeriksaan, ya!
penyakitkesehatan matarabun jauhmata minus
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/home-remedies/home-remedies-for-myopia.html
Diakses pada 8 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/eye-exercises#exercises
Diakses pada 8 Juli 2020
American Academy of Ophthalmology (AAO). https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/smokers
Diakses pada 8 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nearsightedness/diagnosis-treatment/drc-20375561
Diakses pada 8 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait