6 Cara Mengatasi Pori-pori Besar yang Mengganggu di Wajah

Bersihkan wajah secara teratur dapat membantu mengatasi pori-pori besar pada wajah
Cara Mengatasi Pori-pori Besar dengan 6 Jurus Sederhana

Bagi sebagian orang, terutama kaum hawa, penampakan pori-pori besar pada kuit wajah dirasa sangat mengganggu kesempurnaan penampilan dan rias wajah. Jika Anda pemilik pori-pori besar, memang tidak mungkin membuat ukuran pori-pori mengecil.

Meski demikian, Anda bisa melakukan sederet langkah yang akan membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Berikut ini beberapa cara mengatasi pori-pori besar yang dapat menjadi pilihan Anda:

[[artikel-terkait]]

Bersihkan wajah secara teratur

Kotoran dan sisa riasan yang menempel di wajah sangat berpotensi menyumbat pori-pori. Jika ini terjadi, pori-pori wajah akan melebar. Karena itu, jangan malas membersihkan sisa makeup, terutama di malam hari.

Gunakan air dingin atau air hangat untuk mencuci muka. Pastikan suhunya pas karena suhu air yang terlalu panas justru akan membuka pori-pori, bahkan bisa membuat kulit iritasi. 

Pilih produk perawatan wajah yang non-comedogenic

Produk-produk yang non-comedogenic berarti penggunaannya tidak akan menyebabkan pori tersumbat. Bila wajah Anda tergolong berminyak, Anda juga bisa memilih produk yang oil-free.

Kedua jenis produk tersebut memang tidak akan memperkecil pori-pori wajah. Tapi keduanya minimal tidak akan menyumbat dan menambah jumlah minyak wajah, yang akan mengakibatkan pori-pori membesar. 


Lakukan eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah secara teratur pun bisa menjadi salah satu cara mengatasi pori-pori besar. Pasalnya, langkah ini akan mengurangi risiko sel-sel kulit mati menjadi kotoran yang menyumbat dan memperbesar ukuran pori-pori wajah. 

Namun ingatlah untuk memilih produk face exfoliator yang sesuai dengan jenis kulit wajah dan lakukan proses eksfoliasi dengan lembut. Tak perlu menggosok wajah dengan keras saat melakukannya karena dikhawatirkan malah menimbulkan iritasi. 

Gunakan pore strip

Seringkali komedo dan pori-pori besar nampak jelas di hidung, apalagi jika daerah hidung termasuk berminyak. Cara mengatasi pori-pori besar di area hidung adalah dengan menggunakan pore strip yang mampu mengangkat komedo, sel kulit mati, dan kelebihan minyak di permukaan hidung.

Dengan ini, pori-pori di area tersebut akan tampak mengecil. Tak hanya itu, kulit pun bisa menjadi lebih halus setelah kotorannya terangkat. 

Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakan pore strip pada kulit sensitif. Patuhi juga cara pemakaian produk dan jangan menunggu hingga pore strip kering untuk mencabutnya dari hidung. Menggunakannya terlalu sering juga tidak disarankan karena kulit hidung bisa mengalami iritasi. 

Gunakan tabir surya setiap hari

Di negara tropis seperti Indonesia, sinar matahari tentu tak bisa sepenuhnya dihindari. Padahal, paparan sinar ultraviolet (UV) dari cahaya matahari secara terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan kulit. Kulit bisa kehilangan kelenturannya, menjadi kendur, dan pori-pori di wajah makin tampak jelas.

Suhu panas juga dapat membuka pori-pori. Karena itu, usahakan untuk mencari tempat teduh ketika beraktivitas di luar ruangan dan hindari sinar matahari langsung mengenai wajah. Selalu gunakan tabir surya pada wajah tiap Anda keluar rumah.

Pilih tabir surya dengan minimal Sun Protection Factor (SPF) 30 untuk memberikan perlindungan lebih baik dan lebih tahan lama pada kulit wajah. 

Lakukan perawatan facial di klinik kecantikan

Meski sudah rutin melakukan beberapa cara mengatasi pori besar di atas, tak ada salahnya melengkapinya dengan perawatan wajah oleh para profesional di bidangnya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit mengenai langkah menangani pori-pori besar.

Hasil perawatan professional ini juga biasanya cukup berhasil dalam membuat pori-pori wajah tampak lebih kecil. Dengan ini, kulit wajah Anda pun bisa terlihat lebih halus. 

Dengan rutin melakukan sederet cara mengatasi pori-pori besar tersebut, kondisi kulit wajah halus yang Anda idamkan akan mendekati kenyataan. Selamat mencoba!

American Academy of Dermaology: https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/pores   diakses 12 Juni 2019
Diakses pada 12 Juni 2019

Netdoctor: https://www.netdoctor.co.uk/beauty/skincare/a27908/how-to-minimise-large-pores/ Diakses pada 12 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed