17 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Bisa Dicoba di Rumah

Cara mengatasi perut kembung yang alami sangat beragam, salah satunya mengonsumsi tempe
Selain obat, terdapat beragam cara mengetasi perut kembung yang alami

Masalah pencernaan memang bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, termasuk perut kembung. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi perut kembung alami yang bisa Anda coba di rumah.

Meski alami, Anda juga perlu ingat untuk lebih berhati-hati dalam mencobanya, terutama jika ada bahan-bahan di bawah ini yang membuat alergi.

Cara mengatasi perut kembung yang alami

Selain dengan obat, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah sederhana untuk menghilangkan rasa kembung di perut. Berikut ini cara mengatasi perut kembung yang dianggap efektif.

Kacang-kacangan dapat meningkatkan gas di lambung

1. Hindari makanan yang meningkatkan gas di lambung

Saat sedang kembung, Anda sebaiknya menghindari makanan seperti kacang-kacangan, kol, bawang, brokoli, kembang kol, jamur, hingga makanan yang terbuat dari gandum utuh. Ini adalah salah satu cara mengatasi perut kembung paling sederhana, yang bisa Anda terapkan di rumah.

2. Hindari makanan berlemak

Selain dapat meningkatkan berat badan, makanan berlemak juga memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Makanan tersebut kemudian akan berdiam lebih lama di lambung, sehingga meningkatkan produksi gas di lambung.

3. Hindari makanan berserat tinggi untuk sementara waktu

Serat memang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Namun, ada juga makanan berserat tinggi yang mengandung banyak gas. Setelah menghentikannya sementara waktu, Anda dapat mulai menambahkan serat perlahan-lahan dalam menu harian.

4. Keluarkan angin-angin di dalam tubuh

Kelebihan gas di tubuh adalah salah satu penyebab perut kembung yang paling umum. Sehingga, saat sedang kembung, sebaiknya Anda jangan menahan untuk sendawa atau buang angin, karena akan memperburuk kondisi.

5. Jangan tunda buang air

Buang air bisa menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung. Pasalnya, dengan melakukan kegiatan ini, pergerakan di usus besar pun akan lebih cepat terjadi, sehingga sehingga gas bisa lebih cepat keluar dari lambung.

6. Kosumsi teh

Teh yang terbuat dari jahe, peppermint, dan kembang lawang, dapat membantu mengurangi penumpukan gas di lambung. Meski begitu, Anda sebaiknya menghindari kembang lawang apabila mudah diare.

7. Kompres perut dengan handuk hangat

Kompres hangat pada area perut yang sakit atau dengan menggunakan bantal pemanas dapat membuat otot-otot di saluran pencernaan Anda menjadi lebih releks. Metode ini juga dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat kembung.

8. Olahraga ringan

Olahraga ringan bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat penumpukan gas di lambung. Berjalan adalah salah satu contoh olahraga sederhana, yang bisa Anda lakukan.

Dengan berjalan, otot-otot perut Anda akan menjadi rileks, sehingga gas berlebih yang terperangkap di lambung, bisa keluar. Olahraga lain yang dapat Anda coba untuk mengatasi perut kembung adalah yoga.

9. Tarik napas dalam-dalam

Melakukan teknik pernapasan dalam menggunakan diafragma, bisa membantu mengatasi perut kembung. Untuk bisa merasakan manfaatnya, Anda perlu berlatih dengan teknik pernapasan ini secara berkala.

10. Lakukan pijat

Memijat bagian perut, bisa mengurangi rasa kembung. Pijatlah perut selama 15 menit sebanyak dua kali sehari, selama tiga hari. Namun jika sedang menjalani kehamilan, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam melakukan pijatan.

11. Jangan makan sambil bicara

Tahukah Anda, mencegah terlalu banyak udara masuk ke tubuh, bisa menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung yang efektif? Makan sambil bicara, merupakan kebiasaan yang bisa menyebabkan hal tersebut.

12. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup, atau bakteri baik yang bisa memberikan manfaat di saluran pencernaan. Contoh probiotik yang dapat Anda konsumsi adalah yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

13. Konsumsi rempah-rempah

Mengonsumsi beberapa jenis rempah, merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung secara alami. Rempah yang dapat digunakan untuk meredakan perut kembung antara lain jahe, jintan, dan daun basil.

14. Hindari makanan asin

Mengonsumsi banyak garam bisa menyebabkan perut kembung. Sebab, sodium yang ada di dalam garam, bisa membuat tubuh menahan air secara berlebihan.

15. Batasi kebiasaan mengunyah permen karet

Gula yang terdapat pada permen karet, bisa menyebabkan kembung pada beberapa orang. Tidak hanya itu, mengunyah permen karet juga secara otomatis akan membuat tubuh menelan lebih banyak udara, yang nantinya akan menumpuk di lambung, dan akhirnya menyebabkan kembung.

16. Hindari minum soda

Soda mengandung banyak gas yang bisa menumpuk di perut. Karbon dioksida yang terkandung dalam soda, juga bisa membuat perut penuh dengan gas. Begitu juga dengan gula dan pemanis buatan yang terdapat di dalamnya.

Sehingga, menghindari minuman bersoda merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung yang sederhana namun efektif.

17. Jangan makan terlalu banyak

Banyak orang yang merasa kembung setelah makan dalam porsi banyak. Sehingga, agar kembung cepat reda, Anda sebaiknya makan dalam porsi yang lebih kecil, tapi lebih sering.

Menelan terlalu cepat juga bisa membuat udara masuk lebih banyak ke saluran pencernaan. Selain itu, kebiasaan seperti minum menggunakan sedotan, akan meningkatkan jumlah gas di lambung. Jadi saat kembung, sebaiknya hindari minum dengan sedotan.

Segera periksa ke dokter jika perut kembung disertai gejala ini

Perut kembung sebenarnya bukanlah kondisi yang parah dan pada kebanyakan kasus, bisa sembuh dengan baik. Namun, jika setelah melakukan perawatan dengan obat maupun cara alami di atas, perut kembung tidak juga reda, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Anda juga disarankan berkonsultasi dengan dokter, apabila kondisi perut kembung disertai dengan gejala lain seperti:

  • Diare
  • Rasa nyeri yang teramat sangat
  • Perdarahan saat buang air besar
  • Warna kotoran yang berbeda dari biasanya
  • Terjadi penurunan berat badan
  • Muncul nyeri dada
  • Tidak nafsu makan atau menjadi cepat kenyang

Gejala-gejala di atas dapat menjadi penanda adanya gangguan pencernaan lain yang perlu diwaspadai. Sehingga, pemeriksaan dokter dapat membantu mengidentifikasi jenis gangguan pencernaan yang terjadi, secara tepat.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322525.php
Diakses pada 8 Agustus 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/excessive-gas/home-remedies-for-gas/
Diakses pada 8 Agustus 2019

NHS. https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/remedies-for-bloating-and-wind/
Diakses pada 8 Agustus 2019

Healthline. https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/remedies-for-bloating-and-wind/
Diakses pada 8 Agustus 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-relieve-gas-pains-fast-4140258
Diakses pada 8 Agustus 2019

Mayo Clinic. https://www.verywellhealth.com/how-to-relieve-gas-pains-fast-4140258
Diakses pada 8 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed