Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil yang Mudah dan Aman

Ini dia berbagai cara mengatasi perut kembung saat hamil
Perut kembung saat hamil adalah hal yang normal terjadi

Perut kembung saat hamil adalah hal yang normal terjadi. Namun, kondisi ini tentu akan membuat Anda tidak nyaman dan segera ingin mengeluarkan gas maupun hal-hal lain yang membuat perut terasa penuh dan kencang.

Rasa kembung pada ibu hamil bisa muncul karena hormon progesteron yang diproduksi sejak awal kehamilan, bisa menimbulkan masalah pencernaan. Selama hamil, metabolisme di dalam saluran pencernaan akan berlangsung lebih lambat. Akibatnya, perut lebih mudah terasa kembung, terutama jika Anda baru saja makan banyak.

Lalu, seiring tumbuhnya janin di dalam kandungan, pencernaan yang sudah lambat akan semakin melambat. Hal ini membuat Anda akan merasa semakin sering mengalami kembung. Gangguan pada proses pencernaan ini juga akan membuat gas menumpuk di saluran pencernaan.

Cara mengatasi perut kembung saat hamil

Meski perut kembung saat hamil adalah hal yang tidak bisa dihindari, bukan berarti Anda tidak bisa meredakannya. Berikut ini beberapa tips untuk Anda agar rasa kembung yang dirasakan selama mengandung, bisa sedikit reda.

Minum air putih agar tidak kembung saat hamil
Saat hamil perbanyak minum air putih agar tidak kembung

1. Banyak minum air putih

Saat hamil, keburuhan cairan akan meningkat sehingga Anda disarankan untuk mengonsumsi minimal 8-10 gelas air per hari. Tidak hanya dari air, cairan juga bisa didapatkan dari sayur dan buah.

Memenuhi kebutuhan tubh terhadap cairan akan membantu kelancaran proses pencernaan, sehingga Anda terhindar dari sembelit dan rasa kembung.

2. Aktif bergerak

Berolahraga saat hamil memang penting dilakukan. Selain menyehatkan fisik dan mental, berolahraga juga akan mempercepat proses pencernaan, sehingga Anda tidak merasa kembung. Melakukan aktivitas olahraga juga akan mengurangi risiko konstipasi.

Tidak perlu olahraga yang berat, ibu hamil cukup memulai dengan berjalan kaki selama 30 menit per hari. Waktu 30 menit itupun bisa dibagi menjadi beberapa kali sehari. Anda juga bisa lebih aktif bergerak, misalnya dengan melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu.

3. Menghindari makanan dan minuman yang memicu gas

Beberapa makanan dan minuman bisa membuat penumpukan gas di perut semakin parah, seperti:

  • Gorengan
  • Kacang-kacangan
  • Soda
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan
  • Sayuran seperti kol, brokoli, dan bok coy
  • Susu dan produk olahannya

Untuk membantu mengurangi rasa kembung di perut, Anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan-makanan di atas selama masa kehamilan. Meski begitu, tubuh setiap orang bisa memberikan respons yang berbeda.

Jadi bisa saja satu makanan yang membuat Anda kembung belum tentu akan membuat ibu hamil yang lain kembung, begitupun sebaliknya. Sehingga ada baiknya jika Anda memiliki catatan tersendiri mengenai jenis makanan yang sekiranya bisa memicu gas di perut.

Makanan berserat bisa redakan perut kembung saat hamil
Konsumsi serat agar perut tidak kembung

4. Menambah asupan makan berserat

Konsumsilah banyak sayur dan buah yang sekiranya tidak memicu gas di perut Anda. Sebab, serat yang terkandung di dalamnya akan membantu memberikan cairan yang cukup di saluran pencernaan, sehingga inja menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Anda pun akan terhindar dari sembelit.

5. Mengonsumsi suplemen serat, bila perlu

Jika karena kondisi tertentu, tidak memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan serat secara alami langsung dari makanan, maka suplemen serat bisa menjadi solusi. Namun ingat, suplemen yang dikonsumsi haruslah yang sudah disetujui oleh dokter kandungan Anda.

Sebab, mengonsumsi sembarang suplemen bisa membahayakan Anda dan janin dalam kandungan.

6. Minum obat pelancar buang air besar

Apabila konstipasi yang dialami cukup parah, maka mengonsumsi obat pelancar buang air besar, bisa jadi solusi. Namun, obat yang dimaksud bukanlah obat bersifat laksatif yang biasa diminum orang lain untuk melancarkan BAB.

Ibu hamil memerlukan obat khusus yang aman dan tidak membahayakan bayi. Anda baru boleh mengonsumsi obat ini seteleh berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping berbahaya.

7. Rileks

Stres dan kecemasan bisa membuat Anda tanpa sadar menelan lebih banyak udara. Hal ini membuat gas di saluran pencernaan semakin menumpuk. Jadi, sebisa mungkin hindari stres dan berusahalah untuk rileks.

Anda bisa mencoba untuk beristirahat sejenak dan lakukan me time di spa atau melakukan kegiatan lain yang membuat lebih santai.

Perut kembung saat hamil, haruskah diperiksakan ke dokter?

Perut kembung saat hamil adalah hal yang normal terjadi, sehingga tidak selalu membutuhkan penanganan dokter. Namun, jika rasa kembung disertai dengan rasa nyeri yang hebat, Anda disarankan untuk periksa ke dokter untuk melihat penyebab di balik kondisi tersebut.

Anda juga disarankan untuk memeriksakan diri ke doker jika sudah mengalami konstipasi lebih dari satu minggu. Dokter akan memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda dan janin, serta merekomendasikan gaya hidup yang aktif dan sehat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/home-remedies-for-gas-during-pregnancy
Diakses pada 8 Mei 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324332
Diakses pada 8 Mei 2020

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/bloating.aspx
Diakses pada 8 Mei 2020

Baby Center Canada. https://www.babycenter.ca/a562886/gas-and-bloating-in-pregnancy
Diakses pada 8 Mei 2020

Artikel Terkait