logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Berbagai Cara Mengatasi Pencemaran Udara yang Mudah Anda Lakukan

open-summary

Cara mengatasi pencemaran udara antara lain adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, membatasi pemakaian listrik, lebih banyak jalan kaki, tidak membakar sampah, hingga berhenti merokok. Udara yang bersih bisa mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit dari asma, bronkitis, hingga jantung.


close-summary

29 Agt 2022

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara mengatasi pencemaran udara salah satunya dengan mengurangi plastik

Cara mengatasi pencemaran udara adalah dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor

Table of Content

  • Cara mengatasi pencemaran udara yang bisa dilakukan sendiri
  • Pentingnya mengatasi pencemaran udara untuk kesehatan

Hampir semua kota besar di dunia memiliki masalah yang sama, yaitu kemacetan dan polusi udara. Tentu, Anda sudah gerah melihat langit yang berwarna abu-abu setiap hari. Karena itu, Anda bisa mulai dengan melakukan cara mengatasi polusi udara yang bisa dilakukan secara sederhana oleh diri sendiri.

Advertisement

Polusi udara yang dibiarkan terus bertambah parah tidak hanya mengganggu pernapasan, tapi juga akan berpengaruh pada kondisi kesehatan secara umum. Bahkan, ibu hamil yang banyak menghirup udara kotor akan berisiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Jadi, jangan tunda lagi untuk segera menerapkan ketujuh cara mengatasi pencemaran udara di bawah ini.

Cara mengatasi pencemaran udara yang bisa dilakukan sendiri

Langkah penanggulangan pencemaran lingkungan termasuk pencemaran udara memang tidak bisa dilakukan hanya sekali atau dua kali. Butuh rencana jangka panjang dan perubahan besar dari sisi regulasi maupun perubahan gaya hidup banyak orang.

Namun, langkah besar tersebut pasti selalu dimulai dengan langkah kecil yang bisa dilakukan sendiri. Jadi, jangan tunda lagi untuk mulai menerapkan cara mengatasi polusi udara di bawah ini.

1. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor

Kurangi penggunaan kendaraan bermotot untuk atasi polusi udara
Kurangi penggunaan kendaraan bermotor bisa buat udara jadi lebih bersih

Asap yang timbul dari kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang polusi udara paling besar. Karena itu, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor bisa menjadi langkah yang signifikan untuk mengurangi pencemaran yang terjadi.

Untuk memulainya, Anda dapat membatasi penggunaannya dalam jarak tertentu. Misalnya, Anda hanya akan membawa kendaraan sendiri apabila tujuan yang dituju tidak memiliki akses kendaraan umum.

2. Jika harus menggunakan kendaraan bermotor, lakukan ini

Apabila Anda terpaksa membawa kendaraan bermotor, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk sedikit mengurangi pencemaran udara, yaitu:

  • Tidak menyalakan mesin saat sedang berhenti dalam waktu yang cukup lama.
  • Mengendarai motor atau mobil dengan baik. Misalnya dengan mengurangi rem mendadak untuk menghemat bahan bakar. Sehingga, polusi udara pun bisa berkurang.
  • Jika memungkinkan, cobalah beralih ke kendaraan listrik.

3. Memelihara lebih banyak tanaman

Anda tidak perlu punya lahan yang luas untuk bisa menambah jumlah tanaman di rumah. Cukup dengan memelihara tanaman hias seperti lidah mertua di pot, bisa memmbantu menyaring udara di dalam ruangan.

4. Menghentikan kebiasaan merokok

Asap rokok merupakan salah satu penyebab polusi udara di dalam ruangan yang paling umum. Sehingga, menghentikan kebiasaan merokok bisa menjadi salah satu cara mengatasi polusi udara yang ampuh.

Bahaya merokok pun tidak hanya dapat merusak kesehatan perokok aktif dan perokok pasif, tapi juga perokok ketiga. Perokok ketiga atau third hand smoke, tidak perlu berada di ruangan yang sama dengan perokok untuk merasakan dampak buruknya. Sebab, partikel berbahaya asap rokok bisa menempel di berbagai fasilitas umum yang pernah terpapar polusi ini.

5. Tidak membakar sampah

Membakar sampah bisa sebabkan polusi udara
Membakar sampah bisa jadi sumber polusi udara

Salah satu kebiasaan buruk yang masih sering ditemukan adalah membakar sampah. Padahal, asap dari pembakaran tersebut berbahaya dan bisa menyumbangkan pencemaran ke udara sekitar kita. Agar udara bersih bisa tetap dinikmati, maka cobalah untuk mengolah sampah dengan cara yang lebih baik, seperti memisahkan yang masih bisa didaur ulang lalu membawanya ke tempat penampungan sampah daur ulang.

6. Membatasi penggunaan listrik

Membatasi penggunaan listrik di rumah juga bisa jadi salah satu langkah penanggulangan pencemaran udara yang paling efektif. Apalagi, dampak penggunaan alat elektronik rumahan seperti AC dan lemari es tidaklah sedikit.

Mulai sekarang, cobalah untuk selalu mematikan alat elektronik seperti yang sedang tidak terpakai. 

7. Menjaga rumah tetap bersih

Udara kotor bisa masuk ke dalam rumah dari berbagai sisi. Hal ini menyebabkan rumah menjadi berdebu. Agar debu tersebut tidak semakin menyebar ke sela-sela benda di rumah, daripada menyapu, lebih baik gunakan vacuum cleaner dengan fitur penyaringan udara.

Selain itu, yang penting untuk menjaga rumah dari debu adalah rutin membersihkan lantai dengan pel. Anda juga sebaiknya secara teratur menyiram halaman rumah dengan air, agar tetap lembap dan debu tidak mengering dan terangkat ke udara.

8. Lakukan daur ulang

Gambar perempuan melakukan daur ulang sampah untuk mengurangi pencemaran udara
Melakukan daur ulang bisa menjadi cara mengatasi pencemaran udara yang efektif

Daur ulang adalah tindakan menggunakan atau memanfaatkan kembali barang-barang yang dianggap menjadi “sampah” setelah digunakan. Dengan mendaur ulang, maka barang-barang tersebut bisa digunakan dalam jangka panjang sebagai barang yang sama, atau diolah kembali menjadi barang yang baru.

Daur ulang adalah bagian yang sangat penting dalam usaha mengatasi pencemaran udara. Kebiasaan mendaur ulang dapat membantu mengurangi emisi polusi yang dapat mencemari udara dari penumpukan sampah dan aktivitas produksi.

Bahan dari sampah daur ulang dianggap sebagai bahan setengah jadi, sehingga membutuhkan lebih sedikit energi saat dibuat menjadi produk lainnya.

9. Batasi penggunaan plastik

Produk plastik merupakan salah satu masalah utama yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Banyak plastik sekali pakai yang dibuang sembarangan, berakhir di sungai dan lautan.

Selain dapat menyumbat drainase, limbah plastik juga berpotensi merusak ekosistem dan pada akhirnya berdampak meningkatkan polusi udara.

Kebanyakan plastik bahannya terbuat dari minyak. Ini membuat plastik menjadi salah satu limbah anorganik yang membutuhkan waktu sangat lama untuk terurai secara hayati dibanding bentuk sampah lain. Saat diekstraksi, plastik akan melepaskan emisi beracun yang dapat mencemari udara dan juga lingkungan.

Maka dari itu, membatasi penggunaan dianggap sebagai salah satu cara mengatasi pencemaran udara yang sudah terjadi.

Untuk melakukannya, Anda bisa mulai dengan menghindari penggunaan kantong plastik dan kemasan plastik sekali pakai, lalu ganti dengan tas belanja yang dapat digunakan berkali-kali.

Anda juga bisa memilih, memisahkan, dan menyerahkan sampah plastik ke pusat daur ulang. Sampah plastik bahkan bisa digunakan untuk membuat barang-barang baru seperti tas maupun ember atau kursi.

10. Gunakan panel surya

Panel surya adalah adalah alat yang terbuat dari sekumpulan sel surya yang dirancang untuk dapat mengumpulkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi tenaga listrik atau panas dengan sistem yang disebut photovoltaic.

Ini adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi pencemaran udara dan dapat menjadi investasi yang baik untuk seumur hidup bagi individu atau keluarga. Penggunaan panel surya dapat meningkatkan efisiensi energi dan juga mengurangi tagihan listrik bulanan Anda.

Lebih luas lagi, panel surya juga dapat membantu mengurangi polusi air yang dapat dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga batu bara. Tenaga yang dihasilkan dari panel surya dalam jangka panjang akan membantu mengurangi limbah berbahaya dan radioaktif yang dapat menjadi dampak dari pembangkit tenaga nuklir.

Baca Juga: Dampak Pencemaran Udara untuk Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Pentingnya mengatasi pencemaran udara untuk kesehatan

Mengatasi polusi udara bisa membuat anak-anak jadi lebih sehat
Mengurangi polusi udara penting untuk masa depan buah hati kita

Seperti yang kita ketahui dampak pencemaran udara bagi kesehatan sangatlah beragam. Namun tahukah Anda, apa yang akan terjadi jika polusi udara bisa dikurangi?

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan hal-hal positif yang sudah terjadi saat polusi udara di suatu daerah berkurang, seperti berikut ini.

1. Tingkat kematian dan penyakit jantung menurun

Penelitian tersebut mengungkapkan, sejak diberlakukannya larangan merokok di Irlandia, tingkat kematian penduduk menurun hingga 13%. Selain itu, kemunculan penyakit jantung iskemik menurun 26% dan kejadian penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) berkurang hingga 32%.

2. Kasus asma dan bronkitis menurun

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa sejak ditutupnya pabrik di salah satu kota di Amerika Serikat, angka pneumonia, bronkitis, dan asma menurun, terutama pada anak-anak.

Bahkan, penutupan pabrik tersebut berpengaruh pada tingkat kehadiran murid-murid sekolah di sekitarnya. Angka ketidakhadiran anak ke sekolah turun hingga 40% sejak pabrik tersebut ditutup. 

3. Jumlah kunjungan masyarakat ke rumah sakit menurun

Pada olimpiade yang diadakan di kota Atlanta tahun 1996 lalu, sejumlah ruas jalanan di kota tersebut ditutup untuk mobil pribadi. Hasilnya, empat minggu setelah penutupan, kualitas udara mulai membaik dan kunjungan pasien anak dengan kondisi asma, berkurang hingga 42%.

Selain itu, jumlah kunjungan ke IGD berkurang hingga 11%. Jumlah pasien yang masuk rumah sakit karena asma, secara keseluruhan menurun hingga 19%.

Baca Juga: Mengenal Cara Pencegahan ISPA Akibat Polusi Udara

Mengurangi pencemaran udara adalah tanggung jawab kita semua. Meski tidak mudah, lakukanlah cara mengatasi polusi udara dengan langkah kecil, satu per satu. Ke depannya, bukan tidak mungkin kita sebagai masyarakat bisa mengambil langkah secara bersama-sama dalam skala besar, dan lebih signifikan lagi untuk mengurangi pencemaran yang terjadi.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar dampak pencemaran udara untuk kesehatan, konsultasikan langsung pada dokter lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

asmappokbahaya asap rokokpolusi udara

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved