Cara Mengatasi Payudara Terasa Gatal, Pahami Dulu Apa yang Jadi Penyebabnya


Cara mengatasi payudara terasa gatal harus disesuaikan dengan penyebabnya. Beberapa penyebabnya seperti cuaca, penggunaan produk berbahan kimia, efek pengobatan, hingga gejala penyakit tertentu.

(0)
Cara mengatasi payudara terasa gatal harus disesuaikan dengan penyebabnyaMenjaga payudara tetap bersih dapat membantu mengurasi rasa gatal
Kebanyakan wanita pasti pernah merasakan gatal pada payudara. Timbulnya rasa gatal pada payudara sebenarnya merupakan hal yang wajar, namun dalam beberapa kasus bisa menjadi pertanda penyakit berbahaya.Cara mengatasi payudara terasa gatal harus disesuaikan dengan apa yang jadi penyebabnya. Jika gatal pada payudara bukan merupakan gejala penyakit tertentu, sejumlah pengobatan rumahan bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Apa saja penyebab payudara terasa gatal?

Sebelum membahas cara mengatasi payudara terasa gatal, ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang bisa jadi pemicu gatal pada payudara. Penyebab gatal dapat disebabkan faktor dari luar maupun masalah kesehatan.

1. Cuaca yang kering atau terlalu dingin

Kondisi sekitar yang terlalu dingin atau kering dapat memicu rasa gatal pada payudara. Supaya terhindar dari hal tersebut, usahakan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit. Selain itu, hindarilah mandi dengan air panas karena bisa menghilangkan minyak kulit sehingga menjadi kering. Untuk menjaga kelembapan udara di ruangan, gunakan humidifier.

2. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik bisa membuat payudara Anda terasa gatal. Jika pernah menderita eksim sebelumnya, Anda mungkin akan menemukan ruam berkerak pada bagian datar puting dan sekitarnya.

3. Iritasi akibat produk pembersih

Pemilihan sabun, losion, dan deterjen yang tidak cocok pada kulit Anda dapat mengakibatkan rasa gatal di payudara. Rasa gatal tersebut muncul sebagai reaksi alergi kulit terhadap bahan kimia dalam produk pembersih yang Anda gunakan.

4. Iritasi akibat bahan pakaian tertentu

Bahan pakaian tertentu dapat memicu rasa gatal pada payudara
Bahan pakaian dapat memicu rasa gatal pada payudara
Sama seperti halnya produk pembersih, bahan pakaian yang tidak cocok pada kulit Anda bisa menyebabkan dermatitis kontak dan memicu rasa gatal pada payudara. Rasa gatal juga dapat dipicu oleh bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai pakaian.

5. Kehamilan

Payudara gatal merupakan salah satu gejala kehamilan. Kondisi ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh selama masa kehamilan. Selain perubahan hormon, rasa gatal juga bisa muncul karena peregangan kulit yang terjadi saat hamil.

6. Menopause

Saat memasuki masa menopause, kulit Anda menjadi lebih tipis, kering, dan mudah mengalami iritasi. Masalah pada hormon estrogen membuat kulit lebih sedikit menghasilkan minyak untuk menjaga kelembapannya. Tak hanya payudara, rasa gatal mungkin juga akan Anda rasakan di bagian tubuh lain, salah satunya vagina.

7. Terapi radiasi

Terapi kanker payudara yang memanfaatkan radiasi bisa memicu rasa gatal parah di payudara. Radiasi membunuh sel-sel kulit dan menyebabkan kekeringan, sensasi terbakar, dan gatal saat kulit mengelupas.

8. Penyakit Paget

Payudara terasa gatal bisa disebabkan oleh penyakit Paget yang menyebabkan puting bersisik
Kulit pada puting payudara yang bersisik dan berkerak merupakan ciri penyakit Paget
Penyakit Paget merupakan kanker payudara yang langka. Gejala dari penyakit ini mirip dengan eksim, mulai dari kulit bersisik, berkerak, hingga timbulnya rasa gatal pada payudara. Kondisi ini umumnya hanya terjadi pada satu payudara saja.

9. Pubertas

Ketika memasuki masa pubertas, payudara Anda akan mulai tumbuh. Tumbuhnya payudara membuat kulit meregang dan bisa memicu rasa gatal. Selain pubertas, tumbuhnya payudara akibat kenaikan berat badan juga dapat menjadi penyebab payudara terasa gatal.

Cara mengatasi payudara terasa gatal

Cara mengatasi payudara terasa gatal harus disesuaikan dengan penyebabnya. Apabila gatal yang Anda alami bukan disebabkan penyakit, beberapa pengobatan rumahan dapat dilakukan. Sejumlah cara mengatasi payudara terasa gatal, di antaranya:
  • Menggunakan krim pereda nyeri
  • Pastikan tubuh tetap terhidrasi untuk menjaga kelembapan kulit
  • Memakai pelembap yang tidak berbahan dasar minyak
  • Menjaga payudara tetap bersih
  • Menggunakan produk pembersih tanpa pewangi kimia
  • Memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kapan harus ke dokter?

Gatal yang disebabkan kulit kering dan pertumbuhan payudara dapat hilang dengan sendirinya dan tak memerlukan perawatan dari dokter. Namun, ada sejumlah kondisi yang mengharuskan Anda berkonsultasi dengan dokter.Beberapa kondisi tersebut, antara lain:
  • Gatal berlangsung lebih dari seminggu
  • Merasakan gatal yang sangat parah pada payudara, terutama jika disertai gejala kulit bersisik
  • Gatal yang dirasakan disertai dengan bengkak dan rasa nyeri
  • Muncul ruam pada sela, bagian atas, atau sisi bawah payudara
  • Rasa gatal tak kunjung hilang setelah melakukan sejumlah pengobatan rumahan
  • Muncul darah atau cairan berwarna kuning pada sumber gatal
  • Kulit payudara menjadi terasa tebal
Nantinya, dokter akan mencari tahu apa yang jadi penyebab payudara terasa gatal. Langkah medis yang mungkin akan digunakan bisa berupa pemberian obat antibiotik hingga menjalani operasi.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait cara mengatasi payudara terasa gatal, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menopausekehamilaneksimpenyakit pagetpubertaspayudara
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326800
Diakses pada 7 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-breast-or-nipple
Diakses pada 7 Januari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/women/ss/slideshow-women-itchy-nipples
Diakses pada 7 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait