Nyeri Sendi Saat Hamil dan Cara Alami Mengatasinya

(0)
19 Jul 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Nyeri sendi saat hamil dapat disebabkan oleh kenaikan berat badanNyeri sendi pada ibu hamil adalah hal yang wajar terjadi dan dapat diredakan dengan cara alami dan obat
Selama masa kehamilan, ada banyak perubahan yang terjadi di tubuh. Perubahan-perubahan tersebut tidak jarang juga akan menimbulkan nyeri sendi pada ibu hamil.Rasa nyeri tersebut adalah hal yang normal dialami. Salah satu penyebabnya adalah kenaikan berat badan sehingga tekanan yang diberikan pada sendi-sendi tubuh pun akan meningkat.Selain akibat perubahan normal di tubuh, nyeri sendi pada ibu hamil juga bisa muncul akibat peradangan pada sendi atau arthritis. Kondisi ini bisa diatasi, baik secara alami maupun dengan obat.
Berolahraga dapat mengatasi nyeri pada ibu hamil

Cara alami mengatasi nyeri sendi saat hamil

Menurut American Pregnancy Association, ketika hamil akan terjadi banyak perubahan pada tubuh Anda. Hal inilah yang menjadi faktor peluang untuk mengalami nyeri sendi saat hamil yang kadang juga diiringi dengan nyeri otot. Peningkatan berat badan dan hormon biasanya menjadi penyebab utama hal ini terjadi.Untuk mengatasinya, konsumsi obat tentunya harus dibatasi, karena apapun yang dikonsumsi ibu akan memberikan pengaruh juga terhadap bayi di dalam kandungan. Oleh sebab itu, cara alami dianggap sebagai langkah paling aman untuk mengatasi nyeri sendi yang timbul. Berikut ini pilihan langkah-langkah yang bisa dilakukan.

1. Rutin olahraga

Dengan rutin berolahraga, maka kemampuan gerak tubuh dan kelenturan sendi akan tetap terjaga. Sehingga, akan membantu meredakan sekaligus mencegah nyeri sendi selama masa kehamilan.Jenis olahraga yang dilakukan, tentu juga harus disesuaikan. Olahraga ringan seperti yoga, jalan santai dan berenang bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil.

2. Kompres dengan air panas atau air dingin

Mengompres sendi yang nyeri dengan air dingin dapat membantu meredakan nyeri yang dirasakan. Anda dapat mengompres sendi dengan membungkus es batu menggunakan handuk.Selain itu, Anda juga bisa mandi menggunakan air hangat atau mengompres sendi yang nyeri menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat atau dengan menggunakan bantal pemanas. Hal ini dapat membantu mengendurkan sendi-sendi yang kaku.

3. Pijat dan akupuntur

Cara alami lain yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri sendi pada ibu hamil adalah dengan pijat atau akupuntur. Pijat dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang timbul dan mengendurkan sendi-sendi yang kaku.Gerakan-gerakan pijat yang dilakukan diharapkan dapat membantu ibu hamil bergerak dengan lebih leluasa dan tidak sakit saat berjalan. Selain itu, akupuntur juga disebut memiliki efek yang sama.Namun, perlu diingat bahwa sebelum melakukan perawatan ini, ibu hamil perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar terhindar dari risiko-risiko yang bisa membahayakan ibu dan bayi.

4. Konsumsi omega-3

Omega-3 dipercaya dapat membantu meredakan nyeri sendi dan sendi yang kaku. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 seperti ikan dan kacang kedelai.

5. Istirahat yang cukup

Satu hal yang tidak kalah penting bagi ibu hamil yang mengalami nyeri sendi adalah istirahat. Anda bisa mencoba melakukan beberapa gerakan relaksasi dan memposisikan kaki agak sedikit naik saat tidur untuk membantu meredakan nyeri di lutut dan pergelangan kaki.

Nyeri sendi pada ibu hamil juga bisa diatasi dengan obat

Jika cara-cara alami di atas tidak juga membantu meredakan nyeri sendi, maka mengonsumsi obat pereda nyeri dapat menjadi pilihan. Namun, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak dapat mengonsumsi sembarang obat.Secara umum, obat ringan seperti paracetamol dianggap masih aman. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai dosis yang aman untuk mengatasi kondisi ini.
Ibu hamil harus periksa ke dokter jika mengalami nyeri sendi

Kapan nyeri sendi pada ibu hamil harus diperiksakan ke dokter?

Untuk nyeri sendi, Anda bisa menunggu jadwal kontrol selanjutnya untuk berkonsultasi mengenai kondisi ini. Namun, apabila rasa nyeri yang dialami cukup parah, maka segeralah memeriksakannya ke dokter.Anda juga perlu segera memeriksakan diri ke dokter apabila:
  • Nyeri telah dirasakan lebih dari 2 minggu
  • Nyeri timbul di punggung dan disertai dengan kesulitan buang air kecil dan perdarahan pada vagina
  • Demam
  • Sensasi kesemutan pada anggota badan

Cegah nyeri sendi pada ibu hamil dengan cara ini

Untuk mencegah nyeri sendi pada ibu hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:
  • Tetap aktif saat hamil. Rutinlah berolahraga ringan dengan berenang, bersepeda, dan perbanyak jalan kaki.
  • Jaga kenaikan berat badan. Ibu hamil pasti akan mengalami berat badan, namun jika berlebihan maka akan mengakibatkan nyeri sendi.
  • Gunakan sepatu yang nyaman. Pilih alas kaki yang tidak menggunakan hak atau sepatu datar untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Hindari kegiatan yang bisa memicu nyeri sendi. Kegiatan tersebut antara lain berdiri terlalu lama dan mengangkat barang yang terlalu berat.
Melakukan olahraga teratur tidak hanya akan membantu nyeri sendi, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan selama masa kehamilan secara keseluruhan. Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi agar kenaikan berat badan bisa terjadi secara terkontrol.
menjaga kehamilannyeri sendiradang sendiibu hamil
American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/naturally/treating-joint-pain-naturally-during-pregnancy/
Diakses pada 19 Juli 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324545.php
Diakes pada 19 Juli 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-hip-pan
Diakses pada 19 Juli 2019
The Bump. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-hip-pan
Diakses pada 19 Juli 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait