6 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa Secara Alami dan Medis


Sudah dewasa tapi masih sering ngompol? Tenang, terdapat sederet cara mengatasi ngompol pada orang dewasa secara alami dan medis, seperti memasang alarm hingga memantau asupan cairan.

(0)
18 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terdapat banyak cara mengatasi ngompol pada orang dewasa baik secara alami maupun medis.Memerhatikan asupan cairan adalah salah satu cara mengatasi ngompol pada orang dewasa secara alami.
Kebiasaan ngompol di malam hari biasanya hanya dikaitkan dengan anak-anak. Padahal, orang dewasa juga bisa mengalaminya. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis, mulai dari yang ringan hingga berbahaya. Mari kita kenali lebih jauh penyebab dan cara mengatasi ngompol pada orang dewasa berikut ini.

6 cara mengatasi ngompol pada orang dewasa secara alami dan medis

Terdapat beberapa cara mengatasi ngompol pada orang dewasa secara alami dan medis yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Memerhatikan asupan cairan

Cobalah untuk membatasikebutuhan cairan Anda di sore dan malam hari, agar tidak berlebihan.

2. Pasang alarm

Untuk menghindari ngompol, cobalah pasang alarm agar Anda bisa terbangun di tengah malam. Setelah itu, bergegaslah ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan begitu, ngompol bisa dihindari.

3. Jangan pernah menahan kencing

Untuk mengatasi ngompol di malam hari, Anda disarankan untuk tidak menahan kencing. Kalau bisa, cobalah buang air kecil secara rutin di siang hari. Selain itu, ingatlah untuk selalu buang air kecil sebelum Anda tidur.

4. Hindari makanan dan minuman yang bisa mengiritasi kandung kemih

Beberapa makanan dan minuman dapat membuat kandung kemih mengalami iritasi, seperti kafein, alkohol, pemanis buatan, dan minuman tinggi gula. Dengan menghindari berbagai makanan dan minuman ini, diharapkan Anda tidak akan mengompol lagi di malam hari.

5. Obat-obatan medis

Terdapat sejumlah obat-obatan yang bisa diresepkan dokter untuk mengatasi ngompol pada orang dewasa. Misalnya antibiotik untuk mengatasi infeksi saluran kemih dan antikolinergik untuk menangani otot kandung kemih yang terlalu aktif.Untuk Anda yang memiliki kadar hormon ADH rendah, dokter bisa memberikan obat-obatan desmopresin asetat.Setelah itu, jika ngompol yang Anda alami disebabkan oleh pembesaran prostat, dokter bisa memberikan obat 5-alpha reductase inhibitors, seperti finasteride.

6. Operasi

Jika berbagai cara alami dan obat di atas tidak bisa mengatasi ngompol yang Anda alami, dokter dapat merekomendasikan prosedur operasi.Salah satunya adalah operasi sacral nerve stimulation yang bertujuan untuk memasukkan alat kecil ke dalam tubuh agar otot di kandung kemih tidak berkontraksi berlebihan.Selain itu, dokter juga bisa merekomendasikan operasi clam cystoplasty untuk membuka kandung kemih dan memasukkan sedikit otot usus agar kapasitas kandung kemih dapat meningkat.

10 penyebab ngompol pada orang dewasa

Cara mengatasi ngompol pada orang dewasa sangatlah beragam, salah satunya memerhatikan asupan cairan
Terdapat banyak sekali penyebab ngompol pada orang dewasa
Sebuah studi menyatakan bahwa sekitar 1-2 persen orang dewasa sering mengalami ngompol saat tidur di malam hari.Jika hanya terjadi satu atau dua kali saja, masalah ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika kejadian ngompol sudah sering terjadi atau sampai mengganggu kehidupan Anda, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.Setelah mengetahui berbagai cara mengatasi ngompol pada orang dewasa secara alami dan medis, ketahui juga berbagai penyebab ngompol yang dirasakan orang dewasa ini.
  • Masalah hormon

Hormon antidiuretik (ADH) akan memerintahkan ginjal untuk memperlambat produksi urine di malam hari. Sebelum tidur, tubuh akan memproduksi hormon ADH ini agar Anda tidak mengompol.Namun, dalam beberapa kasus, tubuh tak mampu memproduksi hormon ADH sehingga ngompol pada orang dewasa pun bisa terjadi.Dokter bisa melakukan sebuah tes untuk mengetahui kadar hormon ADH di dalam tubuh Anda. Jika kadarnya rendah, dokter dapat meresepkan obat seperti desmopressin. Dokter juga dapat memeriksa penyebab rendahnya kadar hormon ADH di dalam tubuh Anda.
  • Kandung kemih tak mampu menampung urine

Di saat kandung kemih tak mampu menampung urine, air kencing bisa bocor di malam hari dan menyebabkan ngompol.
  • Otot kandung kemih terlalu aktif

Otot detrusor adalah otot kandung kemih yang memiliki tugas penting. Otot-otot ini akan mengendur saat kandung kemih terisi dan mereka akan berkontraksi saat kandung kemih ingin mengeluarkan urine.Jika otot detrusor berkontraksi pada waktu yang salah, Anda tidak akan bisa mengontrol air urine sehingga ngompol di malam hari bisa terjadi.
  • Kanker

Pertumbuhan kanker pada kandung kemih dan prostat dapat menyumbat saluran kemih. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda tak mampu menahan kencing, terutama di malam hari.
  • Diabetes mellitus

Diabetes juga bisa menjadi penyebab ngompol pada orang dewasa. Sebab, di saat kadar gula darah meningkat, jumlah urine di dalam ginjal juga akan melonjak. Kondisi ini dapat menyebabkan ngompol, buang air kecil berlebihan (3 liter air urine per hari), hingga sering kebelet kencing.
  • Obat-obatan

Beberapa obat tidur dan antipsikotik dapat mengiritasi kandung kemih sehingga membuat orang dewasa ngompol di malam hari. Obat-obatan itu meliputi clozapine dan risperidone.
  • Sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang dapat membuat seseorang berhenti bernapas secara tiba-tiba di malam hari. Sebuah riset membuktikan, 7 persen penderita sleep apnea akan mengalami ngompol.Hati-hati, semakin parah sleep apnea, semakin sering juga Anda akan mengompol di malam hari.
  • Faktor genetik

Sering mengompol di malam hari? Bisa jadi orangtua Anda juga pernah mengalaminya. Sebab, menurut penelitian, faktor genetik juga bisa menyebabkan Anda mengompol saat sedang tidur di malam hari.Sampai saat ini, para peneliti masih belum tau genetik apa yang bisa menurunkan kondisi ini dari orangtua ke anak-anaknya.
  • Kelainan saraf

Beberapa penyakit kelainan saraf, seperti multiple sclerosis, penyakit Parkinson, hingga kejang-kejang, dapat menyebabkan orang dewasa ngompol di malam hari. Selain ngompol, sederet penyakit ini juga memicu sering kebelet kencing saat sedang tidur.
  • Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan buang air kecil yang tidak terduga dan kebelet kencing. Masalah ini bisa membuat saluran kemih meradang dan iritasi sehingga bisa memperparah kebiasaan ngompol di malam hari.

Catatan dari SehatQ

Selain mengganggu kualitas tidur Anda, ngompol di malam hari juga bisa membuat diri Anda malu. Maka dari itu, jangan ragu untuk datang ke dokter dan berkonsultasi segera!Bagi Anda yang belum punya waktu untuk datang ke rumah sakit, cobalah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
penyakitinfeksi saluran kencingmengompolkandung kemih
Healthline. https://www.healthline.com/health/adult-bed-wetting
Diakses pada 4 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/urinary-incontinence-oab/bed-wetting-in-adults
Diakses pada 4 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait