10 Cara Mengatasi Ngantuk saat Belajar yang Patut Dicoba

(0)
06 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi ngantuk saat belajar sangat beragam, salah satunya mengajak teman berdiskusi.Rasa kantuk dapat dilawan dengan aktivitas fisik, seperti jalan santai.
Ketika motivasi untuk belajar sedang tinggi-tingginya, rasa kantuk malah menghantui. Pernahkah Anda berada di situasi yang menyebalkan ini? Untuk menghindari masalah ini, ada banyak cara mengatasi ngantuk saat belajar yang sangat mudah dilakukan dan sudah terbukti ampuh.

10 cara mengatasi ngantuk saat belajar

Sebagian dari Anda mungkin pernah mengonsumsi kopi untuk mengatasi rasa kantuk saat belajar di malam hari. Namun, cara ini tidak dianjurkan karena mengonsumsi kafein di malam hari dipercaya dapat mengganggu dan mengurangi jam tidur.Masih ada banyak cara untuk mengatasi ngantuk saat belajar di malam hari yang bisa Anda lakukan, tanpa mengganggu jam ataupun kualitas tidur.  

1. Belajar bersama teman

Cara mengatasi ngantuk saat belajar sangat beragam, salah satunya mengajak teman untuk berdiskusi
Belajar bersama teman untuk hilangkan kantuk 
Belajar sendirian dipercaya bisa membuat Anda merasa ngantuk, dibandingkan belajar bersama teman-teman. Selain bisa menambah keseruan sesi belajar, ternyata berdiskusi dengan teman dapat memberikan perspektif baru dari apa yang sedang Anda pelajari.Namun, jika memang Anda lebih senang untuk belajar sendiri, cobalah untuk belajar di tengah orang banyak. Hal ini akan membuat Anda tidak mengantuk karena ada orang lain di sekitar.

2. Aktif bergerak

Aktif bergerak adalah cara mengatasi ngantuk saat belajar yang ampuh. Selain meningkatkan energi, kegiatan ini juga bisa mengatasi rasa stres dan membantu Anda mengingat apa yang telah dipelajari.Sebuah studi yang diikuti oleh anak sekolah maupun kuliah membuktikan, berjalan kaki selama 10 menit di luar rumah dapat meningkatkan kemampuan mengingat.Maka dari itu, setiap 30-50 menit sekali, ajaklah diri Anda untuk jalan santai di luar atau dalam rumah guna menghilangkan rasa kantuk yang menghantui.

3. Nyalakan lampu

Saat sedang belajar di malam hari, jangan lupa nyalakan seluruh lampu di kamar agar suasana menjadi terang. Pencahayaan yang rendah atau gelap dapat meningkatkan rasa kantuk sehingga membuat Anda sulit belajar.

4. Duduk dengan tegak

Bagi Anda yang suka belajar dengan posisi rebahan, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Belajar sambil rebahan dapat membuat Anda mengantuk dan tidak produktif.Cobalah untuk duduk dengan tegak saat belajar. Cara ini dipercaya bisa meningkatkan fokus dan kewaspadaan saat belajar sehingga pelajaran dapat dicerna dengan lebih baik.

5. Hindari belajar di kamar tidur

Ternyata, belajar di kamar tidur dianggap tidak efektif karena belajar di dekat kasur yang nyaman dianggap bisa membuat Anda mengantuk.Jika memungkinkan, carilah lokasi yang jauh dari kamar tidur. Misalnya di ruang makan, ruang televisi, atau perpustakaan yang terletak tidak jauh dari rumah Anda.

6. Minum air secara teratur

Rasa lelah dan mengantuk dapat menjadi tanda dehidrasi atau kekurangan cairan. Ditambah lagi, dehidrasi dapat membuat fungsi kognitif terganggu sehingga proses belajar tidak efektif.Faktanya, sebuah studi membuktikan, dehidrasi dapat membuat Anda sulit mengingat, mengurangi konsentrasi, hingga menurunkan kewaspadaan. Untuk terhindar dari rasa kantuk saat belajar, cobalah untuk lebih rutin minum air putih.

7. Istirahatkan mata dari layar gawai

Menatap layar gawai terlalu lama saat sedang belajar dapat membuat mata menjadi lelah. Apalagi, menatap layar terlalu lama dipercaya bisa memperparah rasa kantuk sehingga sesi belajar jadi tidak produktif.Cobalah untuk mengalihkan pandangan dari layar gadget untuk beberapa menit supaya mata rileks dan rasa kantuk tidak datang.

8. Jangan monoton saat belajar

Mempelajari subjek yang sama dalam kurun waktu panjang, dianggap bisa memicu rasa kantuk dan menurunkan tingkat kewaspadaan. Cobalah untuk mencari subjek lain untuk dipelajari agar Anda merasa tertantang sehingga rasa kantuk tidak datang.

9. Buatlah metode belajar yang lebih aktif

Cara mengatasi ngantuk saat belajar, salah satunya dengan membaca pelajaran dengan suara keras
Ajaklah teman untuk berdiskusi dikala sedang mengantuk
Cobalah untuk membuat metode belajar yang lebih aktif, seperti membaca buku pelajaran dengan suara keras atau menyampaikan apa yang sudah dipelajari kepada seorang teman.Dengan metode belajar yang lebih aktif ini, rasa kantuk dapat diatasi sehingga sesi pembelajaran jadi lebih efisien.

10. Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat

Rasa lapar biasanya kerap datang saat Anda sedang belajar di malam hari. Namun ingat, berhati-hatilah dalam memilih makanan yang dikonsumsi di malam hari.Makanan manis dan junk food dipercaya bisa meningkatkan kadar gula darah sehingga membuat Anda mengantuk.Maka dari itu, pilihlah makanan yang tinggi protein, karbohidrat kompleks, dan lemak baik untuk menambah energi sehingga rasa kantuk akan sirna. Namun ingat, perhatikan juga porsinya.Jika Anda sering mengantuk meski sudah mendapatkan tidur yang cukup, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa mencari tahu apa penyebab sering mengantuk yang Anda alami saat belajar.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
penyakitkesehatan mentalkantuk
Sleep Education. http://sleepeducation.org/news/2013/08/01/sleep-and-caffeine#:~:text=Caffeine%20can%20have%20a%20disruptive,reduce%20your%20total%20sleep%20time.
Diakses pada 23 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-avoid-sleepiness-while-studying#move
Diakses pada 23 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/natural-tips-sleepiness
Diakses pada 23 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait