Mimpi Buruk pada Orang Dewasa, Apa Dampaknya Bagi Kesehatan?

Apabila mimpi buruk terjadi berulang kali, Anda disarankan menemui psikolog maupun psikiater
Anda sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater jika mimpi buruk terus berulang

Sebenarnya, mimpi buruk lebih umum terjadi pada anak-anak. Akan tetapi, data menunjukkan bahwa mimpi buruk pada orang dewasa juga dialami sekitar 8 persen populasi di Amerika Serikat.

Selain sangat mengganggu jam tidur, mimpi buruk pada orang dewasa ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan secara signifikan. Lalu, apa penyebab mimpi buruk dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Mimpi Buruk

Pada kebanyakan orang, mimpi berlangsung selama 2 jam dalam semalam dan mimpi buruk umumnya terjadi pada saat tidur memasuki siklus REM (Rapid Eye Movement). Mimpi buruk umumnya berkaitan dengan stres yang dialami seseorang dan berhubungan dengan kesehariannya. 

Namun, jika Anda mengalami mimpi buruk terus-terusan berlangsung hingga menyebabkan gangguan di kehidupan sehari-hari, maka bisa jadi Anda mengalami kondisi yang dinamakan Nightmare Disorder. Penyebab mimpi buruk dapat beragam, di antaranya:

  • Stres dan gangguan kecemasan
  • Trauma atau mengalami kejadian menyedihkan seperti kematian orang terdekat
  • Perubahan pola tidur, jet leg, kurang tidur, demam, dan sakit
  • Efek samping konsumsi obat tertentu
  • Berhenti mengonsumsi obat tertentu setelah penggunaan jangka panjang, misalnya obat tidur
  • Mengalami gangguan tidur seperti sleep apnea
  • Makan sesaat sebelum tidur 

Subjek mimpi buruk bisa bervariasi. Bisa jadi orang, benda, atau peristiwa yang menakutkan seperti terjatuh dari ketinggian, berlari dari bahaya, dan lain-lain. Anda mungkin mengalami mimpi buruk berulang tentang pengalaman yang traumatis.

Dampak Mimpi Buruk terhadap Kesehatan

Mimpi buruk bisa memengaruhi aktivitas dan kehidupan nyata seseorang. Beberapa dampak mimpi buruk terhadap kesehatan dan kehidupan sehari-hari di antaranya:

  • Menjadi sangat mengantuk saat siang hari sehingga berpengaruh kepada produktivitas pekerjaan dan konsentrasi
  • Gangguan suasana hati, seperti depresi dan gangguan kecemasan akibat dari mimpi buruk yang terus menghantui tidur Anda
  • Menjadi takut atau sulit untuk tidur karena tidak ingin menghadapi mimpi buruk
  • Pada beberapa kasus, mimpi buruk pada orang dewasa bahkan bisa memicu kematian atau bunuh diri.

Dampak mimpi buruk seringkali melibatkan kondisi psikologis. Sehingga, sangat penting untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater jika Anda mengalami mimpi buruk secara berulang atau teratur.

Selain itu, mimpi buruk pada orang dewasa dapat berimplikasi negatif pada kesehatan. Beberapa di antaranya adalah penyakit jantung, depresi, dan obesitas.

Cara Mengatasi Mimpi Buruk

Untungnya, ada langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk mengurangi frekuensi mimpi buruk dan dampaknya bagi kesehatan serta aktivitas Anda. Berikut ini di antaranya.

1. Perubahan Dosis Obat Resep

Jika mimpi buruk disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu, Anda mungkin harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengubah dosis atau mengganti dengan obat resep yang tepat. 

2. Terapi Perilaku Kognitif

Hampir 70 persen penyebab mimpi buruk pada orang dewasa berkaitan dengan depresi atau kecemasan. Terapi perilaku kognitif (imagery rehearsal treatment) bisa dipilih sebagai latihan yang membantu para penderita mengubah mimpi buruk menjadi peristiwa yang lebih positif, agar mereka bisa tidur lebih nyenyak.

3. Berolahraga Teratur

Kebiasaan dan gaya hidup sehat turut membantu mengatasi mimpi buruk pada orang dewasa. Olahraga teratur atau jadwal pola tidur yang sama setiap hari dapat meringankan stres atau kecemasan.

Ingatlah untuk menerapkan rutinitas sebelum tidur yang baik, agar lebih mudah mengatasi mimpi buruk. Sebagai contoh, Anda dapat mengatur suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman. Meredupkan lampu kamar dan menambahkan aroma terapi yang menenangkan, bisa membuat Anda lebih rileks.

Selain itu, pastikan agar Anda selalu menghindari konsumsi kafein, nikotin dan alkohol yang seringkali bisa mengganggu kualitas jam tidur dan rutinitas tidur.

Tidak perlu khawatir, mimpi buruk pada orang dewasa dapat diatasi dengan beberapa langkah di atas. Namun jika kondisi mimpi buruk semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/guide/nightmares-in-adults#1
Diakses pada 4 Februari 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/conditions/nightmares
Diakses pada 22 Maret 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nightmare-disorder/symptoms-causes/syc-20353515
Diakses pada 22 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed