logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Penyakit

Berbagai Cara Mengatasi Migrain, Mulai dari Pengobatan Alami hingga Medis

open-summary

Cara mengatasi migrain yang utama adalah dengan konsumsi obat pereda nyeri dan beristirahat. Ketahui macam-macam obat yang ampuh untuk membantu meredakannya.


close-summary

Ditinjau secara medis oleh dr. Anandika Pawitri

21 Nov 2022

cara mengatasi migrain

Redakan migrain dengan mengetahui cara ampuh mengatasinya

Table of Content

  • Cara alami mengatasi migrain
  • Cara mengatasi migrain dengan obat

Migrain adalah sakit kepala yang dapat menyebabkan sensasi berdenyut atau nyeri parah di satu sisi kepala. Kondisi ini bisa berlangsung berhari-hari, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi migrain dengan segera. Simak lengkapnya dalam artikel ini.

Advertisement

Cara alami mengatasi migrain

Migrain tergolong sebagai penyakit neurologis yang menyebabkan berbagai gejala, terutama sakit berdenyut pada satu sisi kepala. Kondisi ini bisa bertambah parah jika Anda tetap beraktivitas, melihat cahaya, mendengarkan suara, atau bahkan mencium bau.

Mengutip NHS, saat ini belum ada pengobatan untuk mengatasi migrain. Namun, terdapat sejumlah perawatan yang dapat membantu meringankan gejalanya.

Kemungkinan, Anda perlu mencoba beberapa kombinasi perawatan yang efektif. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi migrain yang bisa dicoba:

1. Beristirahat

Saat gejala migrain mulai terasa, pergi ke kamar atau ruangan yang sunyi dan gelap. Lalu, tutup mata Anda dan segera beristirahat atau tidur.

Apabila Anda tidak bisa tidur, coba kompres dahi dengan lap dingin atau kompres es yang dilapisi dengan handuk sampai gejala mereda.

2. Minum air putih

Ternyata, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan migrain. Maka dari itu, penting untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara alami mengatasi migrain yang muncul.

Selain itu, menjaga hidrasi atau cairan tubuh juga bisa membantu mencegah serangan migrain.

3. Merelaksasi tubuh

Cara lainnya untuk membantu mengurangi sekaligus mengatasi denyutan migrain adalah dengan mencoba teknik relaksasi saat berada di ruangan gelap.

Pertama, tarik napas perlahan dan kemudian hembuskan. Hitung perlahan sampai lima detik saat menarik napas, lalu hitung kembali saat mengeluarkan napas.

Saat mengembuskan napas perlahan, rasakan sensasi tubuh agar menjadi tenang. Anda juga bisa melakukan meditasi dan yoga secara teratur untuk menghilangkan stres serta mengurangi frekuensi migrain.

Baca Juga

  • Seluk-beluk TB Kelenjar Getah Bening yang Membuat Leher Bengkak
  • Sick Building Syndrome: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
  • 7 Penyebab Rahang Kaku dan Berbunyi Ini Perlu Anda Waspadai

4. Tidur cukup

Cobalah untuk menerapkan kebiasaan tidur yang sehat sebagai cara alami mengatasi migrain. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang dibutuhkan adalah 6-8 jam setiap malamnya. 

Anda perlu mencukupi kebutuhan tidur karena kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan migrain. Itu sebabnya, cukup tidur juga bisa membantu mencegah migrain.

5. Makan dengan teratur

Selain tidur, Anda juga perlu menjalani pola makan yang sehat, salah satunya adalah makan teratur untuk meredakan migrain. Perhatikan pula asupan makanan yang Anda konsumsi.

Makanan kaya magnesium seperti sayuran hijau, alpukat, atau yang mengandung asam lemak omega 3 dapat membantu mengatasi migrain.

6. Rutin berolahraga

Ketika gejala migrain datang, Anda mungkin tidak bisa melakukan aktivitas apa pun karena bisa memperburuk rasa sakit serta denyutan pada kepala.

Namun, ternyata berolahraga secara teratur bisa menjadi cara alami mengatasi migrain.

Sebagai contoh, latihan aerobik bisa mengurangi rasa tegang dan mencegah serangan.

Kalau terasa berat, lakukan olahraga yang Anda sukai seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lain-lainnya. Jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu untuk mencegah sakit kepala.

Apabila migrain datang terus-menerus, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencatat gejala.

Ini dapat membantu Anda dan dokter dalam mempelajari lebih lanjut, apa yang menjadi pemicu serta menentukan pengobatan yang efektif.

Cara mengatasi migrain dengan obat

Sebagian besar orang mungkin merasa cara alami cukup dalam membantu mengatasi migrain.

Namun, ada pula yang merasa perlu mengonsumsi obat untuk meredakan gejala migrain.

Obat-obatan yang digunakan untuk meredakan rasa sakit bekerja paling baik jika diminum segera setelah gejala migrain dimulai. Berikut adalah beberapa jenis obatnya, meliputi:

1. Obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang dijual bebas atau melalui resep dokter untuk mengatasi gejala migrain seperti parasetamol, aspirin, atau ibuprofen.

Jenis obat ini cenderung paling efektif jika diminum ketika gejala baru saja muncul. Ini memberikan waktu agar obat menyerap ke dalam aliran darah, lalu meredakan gejala.

Tidak disarankan untuk menunggu sampai sakit kepala memburuk baru minum obat pereda nyeri. Sebab, kerja obat mungkin saja butuh waktu, sementara sakit yang Anda rasakan sudah cukup berat.

2.Triptan

Triptan adalah salah satu jenis obat yang digunakan untuk mengatasi migrain.

Obat resep dokter jenis sumatriptan bermanfaat untuk mengobati migrain dengan cara memblokir jalur nyeri di otak. Anda bisa langsung meminumnya, melalui suntikan, atau semprotan hidung.

3. Obat anti mual

Obat anti mual bisa menjadi pengobatan untuk meredakan gejala migrain aura yang disertai mual dan muntah. Anda bisa mengombinasikan dengan obat pereda nyeri.

Sebelum langsung membeli obat migrain, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui cara yang tepat dalam mengatasi migrain sesuai kondisi tubuh Anda.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab, jenis, dan cara mengatasi migrain? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

penyakitmigrainsakit kepalasakit kepala sebelah

Ditulis oleh Atifa Adlina

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved