7 Cara Mengatasi Mata Kering Ini Adalah Solusi Masalah Mata Anda!

Cara mengatasi mata kering dapat dilakukan dengan berbagai tindakan mudah
Obat tetes dapat diberikan untuk mengatasi mata kering

Mata kering merupakan gejala yang biasa terjadi pada sebagian besar orang di dunia. Kondisi mata kering ditandai dengan adanya sensasi tidak nyaman dan gatal pada mata, misalnya ketika melihat layar komputer dalam waktu lama tanpa berkedip. Hal ini juga terjadi jika berfokus atau melihat pada sesuatu dalam jangka waktu yang lama dan lupa berkedip sebanyak biasanya.

Meski sebagian besar kasus mata kering tidak berbahaya, namun ada beberapa kejadian di mana mata kering merupakan gejala dari gangguan penglihatan serius.

Jenis-jenis mata kering

Secara umum, ada dua tipe mata kering jika dilihat dari penyebab kejadiannya. Tipe pertama adalah mata kering akibat kekurangan air mata karena kelenjar air mata memiliki jumlah yang tidak cukup untuk membasahi bola mata, pada umumnya kondisi ini disebabkan oleh penyakit autoimun seperti Reumatoid arthtritis dan Sjrogen syndrome.

Tipe kedua adalah mata kering evaporatif. Jenis mata kering ini disebabkan karena penguapan air pada lapisan permukaan mata yang diakibatkan karena adanya peradangan di sekitar kelopak mata. Peradangan ini mencegah kelenjar meibomian memproduksi minyak yang cukup untuk menahan penguapan air pada lapisan mata.

Penyebab-penyebab mata kering lainnya

1. Penggunaan obat-obatan

Penggunaan obat-obatan, seperti antihistamin (antialergi), dekongestan, obat penenang, obat pengatur tekanan darah, pengobatan Parkinson, pil kontrasepsi, dan obat antidepresi memiliki efek samping mata kering.

2. Penyakit

Penyakit-penyakit yang menjangkiti kulit atau area sekitar kelopak mata berpotensi menyebabkan gejala mata kering. Beberapa penyakit yang memengaruhi sistem imun, seperti sindrom Sjögren, lupus, dan rheumatoid arthritis juga bisa mengakibatkan mata kering.

3. Penggunaan lensa kontak

Penggunaan lensa kontak dalam waktu yang lama dan jarang dilepas bisa memicu kondisi mata kering.

[[artikel-terkait]]

Cara mengatasi mata kering

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi mata kering yang bisa Anda pilih untuk menangani penyakit ini:

1. Obat-obatan (gel, salep, atau tetes mata)

Obat tetes mata merupakan langkah pertama dalam pengobatan mata kering, Dengan menggunakan tetes mata secara teratur, akan membantu mata kering untuk tetap lembap. Sebaiknya, tetes mata digunakan sebelum mata menjadi benar-benar kering.

Karena mata kering mudah untuk teriritasi, disarankan untuk memilih obat tetes mata tanpa bahan pengawet. Hindari penggunaan obat tetes mata yang mengklaim dapat menghilangkan mata merah karena justru bisa menyebabkan mata menjadi lebih merah.

Pada kasus yang berat, jika penggunaan tetes mata tidak efektif sebagai cara untuk mengatasi mata kering, maka dokter biasanya akan meresepkan salep atau dalam bentuk gel agar obat lebih lama melekat di mata, biasanya dengan penggunaan salep mata hasilnya akan tampak terlihat dalam 4-6 minggu.

2. Antiradang

Jika terjadi pembengkakan di kornea mata, biasanya dokter akan meresepkan obat yang mengandung antiradang. Pengobatan mata kering lainnya bisa berupa pemberian antibiotik yang sesuai jika mata kering disebabkan karena adanya radang pada kelenjar yang berperan dalam melumasi mata.

3. Air mata buatan

Jika tingkat keparahan mata kering tergolong berat, dokter mungkin meresepkan semacam bahan yang berperan dalam melumasi mata. Bentuknya seperti beras dan berwarna jernih, biasanya digunakan sehari sekali.

4. Lensa kontak

Ada lensa kontak khusus yang dapat digunakan untuk penyembuhan mata kering. Lensa ini berfungsi untuk menangkap kelembapan di area sekitar mata agar tidak segera menguap. Lensa kontak ini digunakan untuk mengobati jenis mata kering sedang hingga parah.

5. Operasi ringan

Operasi dilakukan untuk memberikan pengontrol pada kornea di dalam mata agar mampu mengatur keluarnya air mata menjadi tidak terlalu cepat sehingga kelembaban mata bisa tetap terjaga. 

6. Perubahan gaya hidup

Perubahan gaya hidup dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan alat atau obat-obatan. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan sebagai bagian dari perubahan gaya hidup, di antaranya penggunaan kompres hangat, melepaskan kontak mata sebelum tidur, mengistirahatkan mata setelah lebih dari 20 menit menatap layar, menggunakan kacamata saat berangin, dan mengatur AC ruangan agar tidak terlalu dingin.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315854.php
Diakses pada April 2019

Pubmed. https://ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3306104/
Diakses pada Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed