logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

8 Cara Mengatasi Masuk Angin pada Anak dengan Efektif

open-summary

Cara mengatasi masuk angin pada anak dapat dilakukan dengan perawatan rumahan. Pastikan anak beristirahat dengan cukup, tetap terhidrasi, mengonsumsi sup hangat, dan lainnya.


close-summary

2.46

(13)

30 Apr 2021

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara mengatasi masuk angin pada anak dapat dilakukan dengan perawatan di rumah

Masuk angin bisa sebabkan perut kembung dan tidak enak badan

Table of Content

  • Cara mengatasi masuk angin pada anak
  • Catatan SehatQ

Cara mengatasi masuk angin pada anak dapat dilakukan dengan berbagai perawatan di rumah untuk membantu memulihkan kondisinya. Sebelumnya, Anda perlu memahami terlebih dahulu bahwa sebenarnya masuk angin bukanlah penyakit, melainkan sekumpulan gejala. 

Advertisement

Ketika mengalami kondisi ini, anak dapat merasa tidak enak badan, pegal-pegal, perut kembung, mual, muntah, buang angin terus, nafsu makan menurun, menggigil, dan demam. Ada banyak penyebab masuk angin pada anak, tapi biasanya berkaitan dengan gangguan pencernaan dan pernapasan. 

Masalah ini dapat dipicu oleh daya tahan tubuh anak yang menurun, misalnya akibat telat makan, hujan-hujanan, atau terlalu lama terkena paparan udara luar. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak masuk angin?

Cara mengatasi masuk angin pada anak

Sejumlah perawatan rumahan dapat membantu meringankan gejala masuk angin yang anak rasakan. Beberapa cara mengatasi masuk angin pada anak adalah:

1. Pastikan anak beristirahat dengan cukup

anak beristirahat
Anak harus beristirahat dengan cukup

Mengatasi masuk angin pada anak utamanya dilakukan dengan memastikan ia beristirahat dengan cukup. Tubuh membutuhkan istirahat untuk membangun kekebalannya kembali. 

Jadi, anak harus lebih banyak beristirahat agar segera pulih. Jika memungkinkan, ia juga sebaiknya tidak pergi ke sekolah dulu atau melakukan aktivitas lain yang menguras tenaganya.

2. Pastikan anak tetap terhidrasi

Cara mengatasi masuk angin pada anak lainnya yang tak kalah penting adalah memastikan anak tetap terhidrasi. Ketika masuk angin, anak-anak rentan mengalami dehidrasi, apalagi jika mereka mengalami mual dan muntah.

Oleh sebab itu, berikan anak Anda cairan secara rutin, misalnya lewat air putih, kaldu bening, susu atau ASI untuk menjaganya tetap terhidrasi,. Hindari minum-minuman yang mengandung kafein karena bisa membuatnya semakin dehidrasi.

3. Memberikan sup hangat

sup ayam hangat
Supa ayam hangat bantu redakan gejala masuk angin

Memberikan anak sup ayam hangat juga termasuk salah satu cara mengatasi anak masuk angin yang dianggap ampuh. Sebab, makanan ini bisa membantu meredakan gejala masuk angin, terutama mual dan kembung. Selain itu, nafsu makan anak juga dapat meningkat.

4. Siapkan mandi air hangat

Cara mengatasi masuk angin pada anak dapat dilakukan dengan mandi air hangat. Menggunakan air hangat untuk mandi dapat membantu mengurangi nyeri tubuh dan pegal-pegal yang ia rasakan saat masuk angin. 

Air hangat membuat otot-otot yang tegang mengendur sehingga tubuh anak terasa lebih nyaman. Selain itu, ia juga dapat tidur dengan lebih nyenyak. Namun, pastikan air tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

5. Mengoleskan minyak hangat

mengoleskan minyak hangat
Mengoleskan minyak hangay membuat tubuh anak terasa lebih nyaman

Supaya tubuh anak terasa lebih nyaman, oleskan minyak hangat pada tubuhnya, terutama di area perut dan punggung, lalu berikan pijatan lembut. Sensasi hangat dari minyak tersebut dapat meredakan pegal-pegal dan rasa tidak enak badan yang dirasakan anak.

6. Mengonsumsi obat untuk masuk angin

Cara mengobati masuk angin pada anak selanjutnya adalah mengonsumsi obat masuk angin. Obat-obatan ini biasanya telah diformulasikan khusus dengan herbal, seperti jahe, daun mint, adas, ginseng, meniran, kunyit, dan madu. Anda dapat memberi obat ini pada anak, namun pastikan ikuti petunjuk penggunaan. Cek kemasan obat, pastikan sudah terdaftar di BPOM. 

7. Menggunakan pakai hangat

Menjaga tubuh tetap hangat dapat membantu mengerahkan energi untuk mendukung daya tahan tubuh. Kondisi kedinginan bisa menurunkan sistem imun sehingga rentan terserang bakteri atau virus. Jadi, bantulah anak memakai pakaian hangat yang nyaman.

8. Beri teh jahe

Jahe dapat membantu meredakan mual, muntah, dan membuat tubuh terasa hangat. Untuk mengatasi masuk angin pada anak, cobalah membuat teh jahe. Supaya rasanya lebih manis, Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya. Namun, pastikan anak sudah berusia di atas 1 tahun untuk menghindari risiko botulisme.

Baca Juga

  • Mengenal Bahaya Lemak Subkutan dan Cara Mengendalikannya
  • Penyebab Demam Anak Naik Turun Disertai Batuk Pilek dan Penanganannya
  • Redakan Demam dan Sakit Gigi pada Anak dengan Plester Kompres Multifungsi Bye Bye Fever

Catatan SehatQ

Masuk angin pada anak biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Anda dapat melakukan cara-cara di atas untuk membantu meredakan gejalanya.

Namun, jika anak juga mengalami demam, Anda dapat memberikan obat paracetamol. Sementara, apabila kondisinya tidak juga membaik atau semakin buruk, segera periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar cara mengatasi masuk angin pada anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

demamanak muntahperut kembungmeriang

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved