logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Berbagai Cara Mengatasi Lemah Syahwat yang Dapat Dicoba Pria

open-summary

Lemah syahwat atau impotensi adalah ketidakmampuan organ penis untuk ereksi atau mempertahankannya. Cara mengatasi lemah syahwat bisa dengan gaya hidup sehat, konseling untuk menghilangkan stres atau depresi, mengonsumsi obat kuat, menggunakan obat suntik dan supositori, pompa penis, hingga operasi.


close-summary

21 Agt 2019

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara mengatasi lemah syahwat

Lemah syahwat terjadi ketika organ penis sulit ereksi, atau mempertahankan ereksi yang sempurna

Seks yang bergairah dapat menjadi indikator hubungan yang sehat. Namun, ada kalanya pasangan pria mengalami lemah syahwat alias impotensi, sehingga tidak mampu memuaskan pasangannya. Lantas, bagaimana cara mengatasi lemah syahwat, baik secara alami maupun medis? Temukan jawabannya di bawah ini.

Advertisement

Cara mengatasi lemah syahwat secara alami

Lemah syahwat, atau dalam dunia medis disebut sebagai disfungsi ereksi, adalah ketidakmampuan penis untuk mempertahankan ereksi. Penyebab kondisi lemah syahwat bermacam-macam, mulai dari penyakit jantung, tindakan medis tertentu, hingga gaya hidup tidak sehat.

Cara mengatasi lemah syahwat berbeda-beda, bergantung pada penyebab dan kondisi medis yang melatarbelakanginya. Setiap penanganan juga memiliki pro dan kontranya masing-masing, sehingga Anda akan perlu mendiskusikannya dengan pasangan.

Mengubah gaya hidup menjadi sehat bantu atasi lemah syahwat
Penis yang ereksi dengan prima dapat membuat hubungan seks menjadi lebih bergairah

Berikut cara mengatasi impotensi yang bisa Anda lakukan secara alami di rumah:

1. Makan makanan bergizi

Agar bisa ereksi, penis membutuhkan aliran darah. Terhambatnya aliran darah menuju penis tak pelak akan membuat organ reproduksi pria tersebut jadi sulit atau bahkan tidak dapat 'menegang' sama sekali.

Terhambatnya aliran darah menuju penis ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti kolesterol, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan sebagainya. Oleh karenanya, Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan sehat nan bergizi yang dapat kembali memperlancar peredaran darah sebagai cara mengatasi lemah syawat, antara lain:

  • Daun bayam
  • Kale
  • Buah apel
  • Buah alpukat
  • Tomat
  • Wortel

Tidak hanya berfungsi untuk melancarkan aliran darah, makanan-makanan di atas juga dapat meningkatkan kadar hormon testosteron. Pasalnya, impotensi juga dipicu oleh kadar hormon testosteron yang rendah.

2. Rajin berolahraga

Selain dengan makanan, rajin berolahraga juga bisa menjadi cara menyembuhkan impotensi. Olahraga dapat membantu memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menuju penis menjadi lancar. 

Hampir semua jenis olahraga dapat Anda lakukan untuk mengatasi impotensi. Namun, jika tidak ingin melakukan jenis olahraga berat, Anda sebenarnya cukup melakukan olahraga ringan, salah satunya jogging. 

3. Tidak merokok dan minum alkohol

Cara mengobati impotensi selanjutnya adalah dengan tidak merokok dan minum alkohol. Baik rokok maupun minuman beralkohol sama-sama mengandung zat yang menurut penelitian dapat mempersempit pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke penis. Alhasil, penis mengalami lemah syahwat.

Penelitian tahun 2015 dalam jurnal Andrologia memaparkan bahwa pria yang aktif merokok memiliki risiko untuk mengalami impotensi yang lebih tinggi. Itu sebabnya, mulai dari sekarang hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol sebagai bagian dari terapi impotensi yang Anda jalani.

4. Tidak menggunakan obat-obatan terlarang

Penggunaan obat-obatan terlarang juga menjadi salah satu penyebab disfungsi ereksi. Oleh sebab itu, segera hentikan penggunaan obat-obatan terlarang sebagai cara mengatasi lemah syahwat yang Anda derita.

5. Istirahat yang cukup

Pengobatan impotensi alami lainnya adalah dengan istirahat yang cukup. Saat tidur, tubuh akan memproduksi hormon testosteron sebagai salah satu faktor penunjang ereksi penis

Kurang tidur akan membuat produksi hormon tersebut menjadi tidak optimal. Akibatnya, kadar testosteron menjadi rendah dan berujung pada kondisi lemah syahwat.

Cara mengatasi lemah syahwat secara medis

Disfungsi ereksi pada pria dapat ditangani secara medis apabila cara-cara alami di atas tidak juga membuahkan hasil. Berikut ini adalah cara mengatasi disfungsi ereksi:

1. Mengonsumsi obat-obatan oral

Ada beberapa jenis obat impotensi di apotek yang bisa Anda minum sebagai cara menyembuhkan impotensi dengan cepat, seperti:

  • Sildenafil
  • Tadalafil
  • Vardenafil
  • Avanafil

Akan tetapi, obat-obatan ini akan tetapi harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter. Oleh sebab itu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter apabila hendak menggunakan obat-obatan tersebut.

2. Menggunakan obat injeksi dan supositori

Selain dengan obat-obatan oral di atas, cara mengatasi lemah syahwat juga bisa dengan obat suntik (injeksi), atau dengan memasukkan obat lewat tabung khusus ke saluran genital (supositori).

Beberapa pilihan obat dengan cara injeksi dan supositori, seperti:

  • Alprostadil injeksi

Cara mengatasi impotensi ini menggunakan jarum halus untuk menyuntikkan alprostadil ke pangkal atau samping penis. Setiap injeksi memiliki dosis yang membantu ereksi penis untuk satu jam. Mengingat jarum yang digunakan sangat halus, rasa sakit dari tempat suntikan biasanya tergolong ringan.

Cara injeksi memiliki efek samping, seperti perdarahan ringan, ereksi yang berkepanjangan (priapismus), dan kadang terdapat pembentukan jaringan fibrosa di area injeksi.

  • Alprostadil supositoria

Cara mengatasi lemah syahwat ini melibatkan penempatan supositoria alprostadil kecil ke dalam uretra penis dengan menggunakan tabung khusus. Setelah dimasukkan, ereksi biasanya dimulai dalam 10 menit setelah tindakan. Apabila tindakan ini efektif, ereksi dapat berlangsung antara 30-60 menit.

Seperti injeksi, metode supositoria juga menimbulkan efek samping. Efek samping tersebut termasuk rasa sakit, perdarahan kecil pada uretra, dan pembentukan jaringan fibrosa di dalam penis.

  • Terapi hormon testosteron

Lemah syahwat atau disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh rendahnya kadar hormon testosteron. Untuk itu, dokter mungkin juga akan menganjurkan terapi suntik hormon testosteron sebagai salah satu cara mengatasi lemah syahwat. 

3. Pembedahan dan pompa penis

Apabila pemberian obat-obatan oral, injeksi, dan supositoria belum dapat mengobati impotensi, dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan lain. Tindakan tersebut, meliputi:

  • Pompa penis

Pompa penis (perangkat ereksi vakum) adalah tabung berlubang dengan pompa bertenaga tangan atau baterai. Untuk menggunakanya, penis ditempatkan ke dalam tabung, dan kemudian pompa digunakan untuk menarik darah ke penis.

  • Implan penis

Pengobatan impotensi ini melibatkan pembedahan dengan menempatkan perangkat ke kedua sisi penis. Implan ini terdiri dari batang yang dapat ditekuk atau yang dapat ditiup.

Perangkat tiup memungkinkan Anda untuk mengontrol waktu dan lamanya Anda mengalami ereksi. Sementara itu, batang yang dapat ditekuk membuat penis Anda tetap kuat, meski bisa ditekuk.

Implan penis biasanya baru direkomendasikan jika cara mengatasi disfungsi ereksi lainnya tidak berhasil.

4. Menjalani konseling

Selain gaya hidup yang tidak sehat, gangguan psikologis juga dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi lemah syahwat. Gangguan psikologis tersebut termasuk kecemasan, stres, bahkan kondisi depresi.

Pada kasus ini, cara penyembuhan impotensi yang disarankan adalah dengan menjalani konseling. Konselor dapat membantu Anda untuk mengurangi kecemasan ataupun stres yang dirasakan. Selain itu, konseling yang didampingi oleh pasangan juga mungkin direkomendasikan dokter, untuk mendukung Anda.

Baca Juga

  • Muncul Benjolan Kecil di Alat Vital Pria, Bisa Jadi Itu Papula Penis Mutiara
  • Ketahui Cara Merawat Penis agar Tetap Prima dan Sehat
  • Cara Instan Menumbuhkan Jambang Adalah Hal Mustahil, Ini yang Lebih Tepat

Cara mencegah lemah syahwat

Lemah syawat merupakan kondisi yang dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Beberapa penyebab dan faktor risiko tersebut, dapat Anda hindari dengan melakukan gaya hidup sehat.

Olahraga teratur dapat mencegah lemah syahwat
Berolahraga teratur dapat mencegah lemah syahwat

Misalnya, cara mencegah impotensi akibat diabetes dan obesitas dapat dilakukan dengan rutin berolahraga dan menjaga berat badan ideal.

Rokok, alkohol, dan obat ilegal juga dapat menyebabkan Anda mengalami impotensi. Menghindari faktor-faktor berbahaya tersebut tentu sangat dianjurkan.

Anda juga dapat mencegah lemah syahwat atau disfungsi ereksi dengan mengendalikan tekanan darah, serta mengonsumsi makanan yang sehat.

Konsultasikan lebih lanjut mengenai cara mengatasi lemah syahwat dengan dokter melalui fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play

Advertisement

disfungsi ereksiejakulasi dinidisfungsi seksualkesehatan priareproduksi pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved