Kutil kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV)
Kutil kelamin pria dan wanita disebabkan oleh human papilloma virus (HPV)

Kutil kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang umum terjadi pada pria maupun wanita. Namun, kasus kutil kelamin wanita lebih sering terjadi ketimbang kutil kelamin pria.

Kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV. Tidak ada perbedaan gejala antara kutil kelamin pria dan wanita. Namun, kutil kelamin pria dapat muncul pada bagian ujung ataupun batang penis, bagian skrotum, dan anus.

[[artikel-terkait]]

Bagaimana cara mengatasi kutil kelamin pria dan wanita?

1. Imiquimod

Imiquimod merupakan salep yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin sekaligus meningkatkan sistem imun untuk melawan HPV. Penderita dapat mengoleskan salep setidaknya tiga kali dalam seminggu selama empat bulan.

Ada beberapa efek samping saat menggunakan imiquimod, seperti kemerahan dan pembengkakan pada kulit, rasa gatal dan terbakar, kulit yang melunak, dan kulit yang terkelupas.

Efek samping lain yang dapat dialami adalah lepuhan, nyeri badan, batuk-batuk, ruam, dan rasa lelah.

Anda tidak disarankan untuk melakukan aktivitas seksual saat sedang memakai imiquimod, karena salep dapat mengurangi efektivitas kondom dan diafragma, serta mungkin dapat mengiritasi kulit pasangan Anda.

2. Asam trikloroasetat

Asam trikloroasetat merupakan bahan kimia yang dapat menghilangkan kutil kelamin pria dan wanita di bagian luar dan dalam. Akan tetapi, terdapat beberapa efek samping yang dapat dialami, yaitu iritasi ringan pada kulit, rasa sakit, atau luka.

3. Sinekatekin

Sinekatekin terbuat dari ekstrak teh hijau yang efektif untuk menghilangkan kutil kelamin pria dan wanita. Sinekatekin dapat dioleskan tiga kali sehari selama empat bulan.

Salep sinekatekin umumnya digunakan untuk mengatasi kutil kelamin di bagian luar dan anus. Namun, terdapat beberapa efek samping yang dapat dialami seperti rasa gatal, terbakar, sakit, dan tidak nyaman pada kulit, serta kemerahan pada kulit.

4. Podophyllin dan Podofilox

Podophyllin dan podofilox berasal dari resin dan dapat menjadi alternatif menghilangkan kutil kelamin pria dan wanita. Perbedaan dari podophyllin dan podofilox adalah aplikasi dari salepnya.

Podophyllin harus diaplikasikan oleh dokter, sementara podofilox dapat dioleskan sendiri. Pada awalnya, podofilox akan diberikan oleh dokter dan setelahnya dokter akan menjelaskan cara mengoleskannya dengan benar untuk menghindari iritasi pada kulit.

Penggunaan podofilox tidak dapat dioleskan secara internal dan tidak direkomendasikan untuk digunakan saat sedang hamil. Beberapa efek samping yang dapat dialami adalah luka, rasa sakit, dan iritasi ringan pada kulit.

5. Cryotherapy

Penanganan cryotherapy adalah solusi yang cepat untuk menghilangkan kutil kelamin pria dan wanita. Cairan nitrogen digunakan untuk memunculkan lepuhan di sekitar kutil kelamin.

Seiring dengan membaiknya lepuhan di sekitar kutil kelamin, kutil kelamin akan tercabut dengan sendirinya. Beberapa orang mungkin memerlukan penanganan cryotherapy secara berulang.

Namun, efek samping yang dapat dialami dengan melakukan cryotherapy adalah rasa sakit atau terbakar serta pembengkakan pada kulit.

6. Bedah

Dokter dapat menggunakan alat khusus untuk memotong kutil kelamin, menggunakan laser atau aliran listrik untuk membakar jaringan pada kutil kelamin. Dokter biasanya akan memberikan bius total saat menggunakan aliran listrik.

Pembedahan dengan laser umumnya hanya direkomendasikan jika kutil kelamin pria dan wanita sudah berlangsung lama, menonjol, sulit untuk diobati, dan sulit untuk dijangkau.

Masa penyembuhan pascaroperasi berkisar antara 4-6 minggu. Beberapa efek samping yang dapat dialami adalah luka, rasa sakit dan nyeri, iritasi, pendarahan, infeksi, dan pergantian warna kulit.

Bila kutil kelamin terasa mengganggu, Anda perlu menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Durasi sembuhnya kutil kelamin pria dan wanita

Umumnya, kutil kelamin pria dan wanita dapat hilang dengan sendirinya tanpa penanganan tertentu selama kurang lebih dua tahun. Namun, jika kutil kelamin pria dan wanita tidak ditangani dengan tuntas, maka kutil kelamin dapat muncul kembali.

Jika kutil kelamin pria dan wanita mendapatkan penanganan salep atau krim, maka penyakit ini dapat menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Jika kutil kelamin ingin segera dihilangkan, penderita dapat memilih untuk melakukan bedah.

Meskipun penanganan telah dilakukan, kutil kelamin pria dan wanita dapat muncul kembali setelah beberapa minggu, bulan, atau tahun. Kutil kelamin yang kambuh lagi dapat disebabkan infeksi yang sebelumnya atau infeksi baru.

Selalu konsultasikan ke dokter

Sebelum memilih metode menghilangkan kutil kelamin pria dan wanita di atas, Anda tetap perlu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan penyebab pasti dari kutil kelamin yang muncul serta mengetahui cara menghilangkan kutil kelamin mana yang sesuai untuk Anda.

Artikel Terkait

Banner Telemed