Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering yang Mudah dan Ampuh


Cara mengatasi kulit wajah kering perlu dilakukan agar kulit tidak mengelupas dan pecah-pecah. Beberapa hal yang bisa dilakukan mulai dari pakai pelembap secara rutin, pakai sabun cuci muka yang tepat, hingga hindari cuci muka terlalu sering.

0,0
Oleskan krim pelembap di pagi dan malam hari sebagai cara mengatasi kulit wajah keringKrim pelembap termasuk salah satu cara jitu untuk mengatasi kulit wajah kering
Masalah kulit wajah kering memang bisa bikin frustasi. Jika dibiarkan terus-menerus, kulit muka kering bisa mengelupas dan pecah-pecah, bahkan membuat wajah tampak kusam. Untungnya, ada berbagai cara mengatasi kulit wajah kering yang bisa Anda coba.

Kenali penyebab kulit wajah kering 

Kulit wajah kering terjadi ketika kulit kehilangan atau tidak cukup memproduksi minyak alami atau sebum yang cukup untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Kulit pun jadi terasa kering, mengelupas, hingga muncul ruam. Kulit kering yang tidak terhidrasi dengan baik juga merupakan tanda kurangnya kelembapan sehingga membuatnya tampak kusam dan kasar. Paparan udara yang kering, kebiasaan cuci muka menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering. Selain itu, penggunaan obat-obatan hingga kondisi medis tertentu dapat meningkatkan risiko kulit kering muncul. Berikut adalah berbagai penyebab kulit wajah kering yang mungkin Anda alami selengkapnya.

1. Udara kering atau cuaca yang dingin

Salah satu penyebab kulit wajah kering adalah udara kering atau cuaca yang dingin. Hal ini karena udara kering atau cuaca yang dingin dapat menyebabkan kelembapan kulit berkurang. Akibatnya, rentan menyebabkan kulit kering terjadi. Sedangkan, saat cuaca panas, kelembapan kulit akan menurun membuat kulit kering di wajah terjadi. Begitu juga jika Anda terlalu dekat dengan sumber panas, seperti api unggun, pemanas ruangan, dan sebagainya.

2. Cuci muka terlalu sering

penyebab kulit wajah kering adalah sering cuci muka
Sering cuci muka bisa jadi penyebab kulit wajah kering
Cuci muka terlalu sering juga menjadi penyebab kulit kering. Membasuh wajah terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat pada kulit Anda. Ketika minyak alami pada kulit hilang, kulit muka kering lebih mudah terjadi. Terlebih jika Anda cuci muka menggunakan air yang terlalu panas. Meski tampak menyenangkan, apalagi jika dilakukan saat cuaca sedang dingin, terlalu sering menggunakan air panas untuk cuci muka bisa mengurangi kadar air dan minyak di wajah.

3. Sabun pembersih wajah dan pelembap yang tidak tepat

Penggunaan sabun cuci muka dan pelembap yang tidak tepat juga menjadi penyebab kulit wajah kering. Sabun pembersih wajah yang mengandung parafin, sodium lauryl sulfate, paraben, diethanolamine (DEA), monoethanolamine (MEA), dan triethanolamine (TEA) dapat menyebabkan kulit kering.Sementara itu, pelembap yang mengandung alkohol, pewangi artifisial, dan dioxane juga membuat kulit muka kering. 

4. Usia

Sebenarnya, siapa saja bisa mengalami kulit kering, terutama orang lanjut usia.Pasalnya, seiring bertambahnya usia, produksi sebum akan mengalami penurunan.Sebum adalah minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit yang mampu menjaga kelembapan kulit. Umumnya, kondisi ini dapat terjadi pada usia 40 tahun ke atas. 

5. Penggunaan produk perawatan kulit tertentu

Coba cek lagi, apakah selama ini Anda menggunakan produk perawatan kulit yang tepat? Beberapa kandungan produk perawatan kulit ada yang berisiko memperparah kondisi kulit kering. Kulit muka kering akibat cuaca dingin juga bisa diperparah oleh penggunaan sabun atau produk perawatan kulit yang berlebihan.Misalnya, yang mengandung alkohol, alpha hydroxy alpha (AHA), zat pewangi, dan retinoid.

6. Penggunaan obat-obatan tertentu

Penggunaan salep jerawat menjadi penyebab kulit wajah kering
Penggunaan obat jerawat dapat menyebabkan kulit muka kering
Jika Anda menggunakan obat jerawat, risiko kulit kering di wajah bisa terjadi. Beberapa jenis salep obat jerawat yang dapat menimbulkan efek samping kulit kering pada wajah adalah benzoil peroksida, asam salisilat, retinol, dan alpha hydroxy alpha (AHA)Selain itu, penyebab kulit wajah kering yang sangat parah bisa jadi karena konsumsi obat statin dan diuretik.

7. Kondisi medis tertentu

Penyebab kulit wajah kering bisa terjadi karena adanya kondisi medis tertentu di baliknya. Misalnya, penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering, mengelupas, hingga pecah-pecah, seperti dermatitis, eksim, dan psoriasis.Jika Anda mengalami infeksi pada kulit atau buruknya sirkulasi darah, kulit muka kering dan gatal-gatal bisa terjadi. Di samping itu, penyakit penyerta yang dialami seseorang, seperti gangguan tiroid, diabetes, atau penyakit ginjal bisa menjadi penyebab kulit muka kering. 

8. Paparan senyawa kimia

Seringkali, Anda mungkin tidak menyadari kalau paparan bahan kimia yang ada di sekitar Anda bisa menjadi penyebab kulit wajah kering. Misalnya, saat berenang, senyawa klorin yang merupakan zat pembersih kolam renang dapat menjadi biang keladi kulit kering di wajah yang Anda alami. 

9. Merokok

Gangguan paru-paru dan jantung hanyalah beberapa dari banyaknya efek buruk dari merokok.Tidak hanya berdampak pada organ dalam tubuh, merokok juga mempengaruhi kesehatan kulit Anda karena menyebabkan kulit muka kering dan kasar. 

Cara mengatasi kulit wajah kering agar kelembapan kulit terjaga

Apabila tidak diatasi dengan segera, kulit kering pada wajah bisa jadi iritasi dan mudah terkena infeksi kulit. Maka dari itu, Anda perlu melakukan cara agar kulit wajah tidak kering.Adapun berbagai cara mengatasi kulit wajah kering agar kulit kembali lembap dan bercahaya, yaitu:

1. Jangan basuh wajah terlalu sering

Cara mengatasi kulit wajah kering adalah jangan sering cuci muka
Pemilik kulit kering sebaiknya cuci 1-2 kali sehari
Salah satu cara mengatasi kulit wajah kering adalah dengan tidak membasuh wajah terlalu sering.Dalam sehari, berapa kali Anda membersihkan wajah? Tiga kali, empat kali, atau lebih dari itu?Jika ya, cobalah untuk mengurangi frekuensinya. Pemilik kulit muka kering disarankan untuk mencuci muka hanya 1-2 kali sekali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.Anda boleh mencuci muka sampai tiga kali sehari apabila habis menggunakan make up. Dengan ini, pori-pori tidak tersumbat yang berisiko menyebabkan jerawat.Gunakan air yang sejuk atau air suam-suam kuku saat mencuci muka. Cuci muka menggunakan air yang terlalu panas bisa membuat muka kering semakin menjadi-jadi. Setelah cuci muka, sebaiknya jangan menggosok wajah terlalu keras saat mengeringkan muka. Alih-alih menggosok wajah, sebaiknya tepuk-tepuk wajah perlahan dengan handuk bersih. 

2. Pilih sabun pembersih wajah yang tepat

Cara mengatasi kulit wajah kering juga perlu berhati-hati dalam memilih sabun pembersih wajah. Gunakan sabun pembersih wajah yang kandungannya ringan, mengandung pelembap, atau berbentuk gel, dan bebas dari alkohol, pewarna, dan zat pewangi buatan. Sebagai gantinya, gunakan sabun pembersih wajah mengandung ceramide yang dapat mengunci kelembapan kulit. 

3. Gunakan pelembap setiap hari

Cara mengatasi kulit wajah kering adalah pakai pelembap
Oleskan pelembap sesaat setelah cuci muka
Cara mengatasi kulit wajah kering berikutnya adalah menggunakan pelembap setiap hari. American Academy of Dermatology menyarankan penggunaan pelembap sesaat setelah mencuci muka. Fungsi pelembap dapat meningkatkan retensi air kulit sehingga mengunci kelembapan wajah. Tak hanya pada pagi atau siang hari, Anda bisa menggunakan pelembap pada malam hari sebelum tidur. Selain itu, penggunaan pelembap juga disarankan saat Anda sedang berada di wilayah dengan suhu rendah. Sebab, pada kondisi ini, kelembapan udara biasanya akan turun dan menyebabkan kulit menjadi kering.Cara memilih pelembap untuk kulit kering adalah mengandung hyaluronic acid, lactic acid, ceramide, gliserin, lanolin, minyak mineral, petrolatum, dan colloidal oatmeal. 

4. Eksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah juga menjadi cara mengatasi kulit wajah kering. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering pada wajah.Anda dapat melakukannya dengan bahan-bahan kimia maupun memakai alat-alat khusus. Contoh eksfoliasi dengan alat, meliputi cleansing brush, washcloth, dan facial scrubSementara, produk eksfoliasi kimia biasanya mengandung senyawa alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA).Bila Anda ingin mencoba eksfoliasi yang lebih alami, Anda bisa memanfaatkan masker oatmeal dan maduAnda cukup mencampurkan 2 sendok makan oat dengan 1 sendok makan madu serta sedikit air. Hangatkan masker alami untuk wajah kering ini, lalu oleskan ke kulit wajah dengan lembut.Anda dapat membiarkan masker tersebut menempel di wajah selama 15-20 menit, lalu membilasnya hingga bersih. Jangan lupa, tetap oleskan pelembap setelahnya.

5. Gunakan sunscreen

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan kulit muka kering. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya sebagai cara mengatasi wajah kering. Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Oleskan pada permukaan wajah 15-20 menit sebelum bepergian ke luar rumah. Anda juga perlu mengoleskan tabir surya saat mendung atau sinar matahari tidak terik. Sebab, sinar matahari, terutama sinar ultraviolet, tetap dapat merusak kulit saat cuaca dingin.

6. Oleskan masker alpukat

Penggunaan masker alpukat bisa jadi cara mengatasi kulit wajah kering
Buat masker alpukat dengan madu dan minyak zaitun
Penggunaan masker alpukat termasuk salah satu cara mengatasi wajah kering secara alami.Cara membuat masker alami untuk wajah kering ini sangat mudah. Anda cukup menyiapkan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan. Lalu tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun dan 1 sendok makan madu.Setelah adonan tercampur rata, oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, cuci wajah hingga bersih.Gunakan masker alpukat ini secara teratur dan bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal pada kulit muka kering.

7. Konsumsi antioksidan

Ingin kulit jadi lebih lembap? Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan sebagai salah satu cara mengatasi wajah kering secara alami.Kulit kering pada wajah terjadi jika Anda terpapar dengan elemen-elemen yang merusak sel kulit.Nah, makanan kaya antioksidan dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel yang lebih sehat.Jenis-jenis makanan yang tinggi antioksidan meliputi blueberry, tomat, wortel, serta kacang-kacangan. Jangan lupa untuk menyertakannya dalam menu harian Anda.

8. Gunakan humidifier atau pelembap udara

Penggunaan humidifier atau pelembap udara dapat menjadi cara mengatasi kulit wajah kering lainnya. Humidifier bekerja dengan cara membantu melembapkan udara di dalam ruangan. Penggunaannya dapat membuat kelembapan kulit terjaga sehingga terasa lebih lembap. 

9. Hindari penggunaan produk skincare penyebab kulit kering

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, alangkah baiknya menghindari penggunaan produk skincare yang mengandung alkohol, zat pewangi, dan retinoid.Saat cuaca dingin, perawatan kulit yang dilakukan pun sebaiknya diubah. Pilih pembersih wajah yang berbahan dasar krim, serta kurangi pemakaian toner atau astringent. Pasalnya, kebanyakan menggunakan toner maupun astringen mengandung alkohol dapat menyebabkan kulit muka kering.

10. Oleskan lidah buaya

Oleskan lidah buaya sebagai cara mengatasi kulit wajah kering
Oleskan lidah buaya pada area wajah yang kering
Manfaat lidah buaya atau aloe vera juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit wajah kering secara alami. Anda bisa mengoleskan gel lidah dari tanamannya secara langsung atau gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan aloe vera di dalamnya 100%, ya. Anda bisa mengoleskan sedikit gel lidah pada kulit area lengan terlebih dahulu guna melihat ada tidaknya reaksi alergi yang ditimbulkan. Jika tidak, Anda bisa mengoleskannya pada area kulit yang bermasalah dan mendiamkannya semalaman. 

11. Minum air putih yang cukup

Kulit kering di wajah bisa jadi tanda Anda kekurangan cairan dalam tubuh atau kondisi dehidrasi. Oleh karena itu, minum air yang cukup bisa jadi cara mengatasi wajah kering yang mampu membantu kulit terhidrasi menjadi lebih lembap. Anda disarankan minum sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

12. Gunakan aksesori pelindung area wajah 

Anda bisa menutupi area wajah dengan topi, masker, atau scarf untuk melindungi muka dari paparan sinar matahari dan cuaca yang kering. Cara agar kulit wajah tidak kering ini juga bisa dilakukan saat cuaca sedang dingin atau berangin. Dengan demikian, risiko kulit kering pada wajah bisa dicegah. [[artikel-terkait]]Masalah kulit kering di wajah tentu dapat mengganggu. Pasalnya, kulit kering pada wajah  bisa mengelupas dan pecah-pecah sehingga memengaruhi penampilan.Anda bisa memanfaatkan cara mengatasi kulit kering pada wajah di atas agar terbebas dari masalah kulit ini. Meski begitu, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dulu supaya lebih aman.Dokter juga bisa memberikan langkah penanganan sesuai dengan kondisi kulit muka kering yang Anda alami. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar penyebab dan cara mengatasi wajah kering. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kulit keringmasalah kulitpenyakit kulitkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care
Diakses pada 30 Desember 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324935.php
Diakses pada 30 Desember 2019
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/natural-skin-remedies.aspx
Diakses pada 30 Desember 2019
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-causes
Diakses pada 26 November 2020
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
Diakses pada 26 November 2020
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/6-tips-relive-dry-skin-fast#1
Diakses pada 26 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait