6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering yang Mudah dan Ampuh

Oleskan krim pelembap di pagi dan malam hari sebagai cara mengatasi kulit wajah kering
Krim pelembap termasuk salah satu cara jitu untuk mengatasi kulit wajah kering

Masalah kulit kering memang bisa bikin frustrasi, apalagi jika terjadi pada wajah. Kulit wajah yang kering bisa saja mengelupas dan pecah-pecah, hingga membuat wajah tampak kusam. Belum lagi, wajah bisa terasa kaku atau nyeri saat disentuh. 

Jangan sedih, ada banyak cara mengatasi kulit wajah kering yang bisa Anda coba. Mulai dari langkah alami hingga cara medis dari dokter.

Cara mengatasi kulit wajah kering agar tak terus mengganggu

Ada banyak hal yang dapat membuat kulit wajah Anda kering. Udara dingin, penggunaan produk berbahan keras, terlalu sering mencuci muka, dan merokok adalah beberapa di antaranya.

Saat kulit wajah sudah kering, Anda mungkin panik dan ingin cara cepat untuk mengatasinya. Tapi Anda sebenarnya tak perlu buru-buru, terutama jika kondisinya masih tergolong ringan.

Ada cara-cara mengatasi kulit wajah kering yang bisa Anda coba agar kulit Anda kembali lembap dan bercahaya. Apa sajakah cara tersebut?

1. Ubah kebiasaan mandi Anda

Sekilas mandi memang tampak sepele. Tapi ternyata banyak orang yang belum paham mengenai cara mandi yang benar.

Anda harus betul-betul memperhatikannya karena kebiasaan mandi yang salah bisa bikin kulit jadi kering dan rusak, termasuk kulit wajah.

Contohnya saja, mandi dengan air panas. Kebiasaan ini akan menghilangkan minyak alami tubuh, sehingga tak heran jika lama-kelamaan kulit Anda menjadi kering. Lebih baik Anda menggunakan air hangat atau suam-suam ketimbang air panas.

Perhatikan juga durasi mandi Anda. Terlalu lama terpapar air malah akan membuat kulit kering. Jadi sebaiknya batasi waktu mandi hanya sekitar lima sampai sepuluh menit.

2. Gunakan pelembap setiap hari

Pelembap dapat meningkatkan retensi air kulit sehingga bisa menjadi cara mengatasi kulit wajah kering yang jitu. Tak hanya pada pagi hari sebelum ke kantor atau sekolah, Anda juga bisa menggunakan pelembap pada malam hari sebelum tidur.

Pelembap yang ramah untuk kulit wajah adalah yang mengandung hyaluronic acid, ceramides, dan colloidal oatmeal. Sementara itu, hindari pelembap yang mengandung alkohol, pewangi artifisal, dioxane, dan petroleum atau petrolatum agar kulit wajah Anda tidak makin kering. 

3. Jangan membersihkan wajah terlalu sering

Berapa kali Anda membersihkan wajah dalam sehari? Tiga kali, empat kali, atau lebih dari itu?

Jika ya, cobalah untuk mengurangi frekuensinya. Pemilik kulit wajah kering disarankan untuk mencuci muka hanya 1-2 kali sekali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.

Boleh mencuci muka hingga tiga kali sehari ketika Anda habis menggunakan make-up. Dengan ini, pori-pori tidak tersumbat dan menyebabkan jerawat

Tak hanya membersihkan wajah, cuci muka juga dapat sekaligus mencegah lunturnya minyak alami dari kulit Anda.

Agar kulit tidak bertambah kering, hati-hati juga dalam memilih sabun wajah. Jauhi pembersih wajah yang mengandung alkohol, pewarna dan pewangi artifisial, serta petroleum, paraffin, sodium lauryl sulfate, paraben, diethanolamine (DEA), monoethanolamine (MEA), dan triethanolamine (TEA).

4. Eksfoliasi wajah

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit wajah kering. Anda dapat melakukannya dengan bahan-bahan kimia maupun memakai alat-alat khusus.

Contoh eksfoliasi dengan alat meliputi cleansing brush, washcloth, dan facial scrub. Sementara produk eksfoliasi kimia biasanya mengandung senyawa alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA).

Bila Anda ingin mencoba eksfoliasi yang lebih alami, Anda bisa memanfaatkan masker oatmeal dan madu. Anda cukup mencampurkan 2 sendok makan oat dengan 1 sendok makan madu serta sedikit air. Hangatkan adonan ini, lalu gosokkan ke kulit wajah dengan lembut.

Anda dapat membiarkan adonan tersebut menempel di wajah selama 15-20 menit, lalu membilasnya hingga bersih. Jangan lupa, tetap oleskan pelembap setelahnya.

5. Oleskan masker alpukat

Masker alpukat termasuk salah satu cara mengatasi kulit wajah kering yang alami dan efektif.

Cara membuatnya juga mudah. Anda cukup menyiapkan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan. Lalu tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun dan 1 sendok makan madu.

Setelah adonan tercampur rata, oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, cuci wajah hingga bersih.

Gunakan masker alpukat ini secara teratur dan bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal pada kulit wajah kering.

6. Konsumsi antioksidan

Ingin kulit jadi lebih lembap? Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan sebagai salah satu cara mengatasi kulit wajah kering.

Kulit kering timbul jika Anda terpapar dengan elemen-elemen yang merusak sel kulit lebih cepat daripada yang bisa diperbaiki tubuh. Nah, makanan kaya antioksidan dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel yang lebih sehat.

Jenis-jenis makanan yang tinggi antioksidan meliputi blueberry, tomat, wortel, serta kacang-kacangan. Jangan lupa untuk menyertakannya dalam menu harian Anda.

Memiliki kulit kering tentu terasa mengganggu. Pasalnya, kulit kering bisa mengelupas jika dibiarkan sehingga memengaruhi penampilan.

Anda bisa memanfaatkan cara-cara mengatasi kulit wajah kering yang mudah di atas agar Anda terbebas dari masalah kulit ini. Meski begitu, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dulu supaya lebih aman.

Dokter juga bisa memberikan langkah penanganan yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kering Anda. Selamat mencoba!

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care
Diakses pada 30 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324935.php
Diakses pada 30 Desember 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/natural-skin-remedies.aspx
Diakses pada 30 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed