Salah satu cara mengatasi kulit kering dengan memberinya pelembap
Kulit kering cenderung mudah gatal dan mengelupas

Kulit kering merupakan masalah yang bisa sangat mengganggu penderitanya. Kulit yang kering cenderung mudah gatal, bersisik, ruam, dan mengelupas. Tak heran, jika sebagian orang yang memiliki permasalahan ini rela merogoh kocek lebih dalam untuk perawatan kulitnya. 

Segala perawatan tersebut dilakukan untuk mendapat kulit yang sehat, kenyal, dan bercahaya. Namun, cara mengatasi kulit kering tidak semata-mata hanya perawatan kulit yang mahal saja. Ada beberapa cara mengatasi kulit kering lainnya yang ramah dengan kocek Anda dan mudah dilakukan sendiri.

Cara mengatasi kulit kering

Masalah kulit kering bisa terjadi secara alami karena lambatnya kelenjar sebasea dalam memproduksi minyak alami kulit. Masalah kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, namun umumnya dapat dirasakan di bagian tangan, lengan, dan kaki.

Paparan cuaca yang kering, mandi air panas, dan bahan kimia tertentu juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu, pemakaian obat-obatan tertentu dan kondisi medis seperti dermatitis juga dapat memengaruhinya.

Menjaga kulit kering tetap lembap merupakan hal yang penting dalam mengatasi permasalahan kulit ini. Adapun cara mengatasi kulit kering yang harus Anda lakukan, di antaranya:

  • Hindari menggunakan air panas untuk mandi

Mandi menggunakan air panas bisa membuat kulit Anda semakin kering. Air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit yang menjaga kelembapannya sehingga bisa membuat kulit menjadi kurang terhidrasi dan menjadi kering. Oleh karena itu, Anda harus menghindari mandi dengan air panas.

  • Jangan mandi berlama-lama

Apakah Anda orang yang senang mandi berlama-lama? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Mandi berlama-lama justru membuat kulit menjadi semakin kering karena air yang ada di permukaan tubuh akan banyak menguap. Jagalah waktu mandi Anda kurang lebih sekitar 10 menit.

  • Menggunakan sabun pelembap saat mandi

Jika Anda memiliki kulit yang kering, sebaiknya gunakanlah sabun mandi yang dapat membantu melembapkan kulit. Sabun tersebut akan menutrisi kulit Anda dari luar sehingga terasa lebih lembap, kenyal, dan sehat.

  • Hindari menggosok-gosok kulit dengan handuk

Sebagian besar orang kerap mengeringkan tubuhnya dengan menggosok-gosokkannya pada handuk. Namun, terlalu sering menggosokkan handuk pada kulit bisa membuat kulit menjadi kering. Akan lebih baik jika Anda hanya menepuk-nepuk handuk pada kulit secara lembut untuk menjaga kelembapannya.

  • Mengoleskan pelembap tubuh setelah mandi

Oleskan pelembap tubuh setelah mandi, terutama pada bagian kulit yang kering, seperti halnya lengan dan kaki. Anda dapat menggunakan losion yang banyak dijual di pasaran, namun pastikan kondisi kulit Anda cocok menggunakannya.

  • Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu merawat kulit kering. Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif untuk merawat kulit kering karena dapat meningkatkan hidrasi kulit dan jumlah lemak pada permukaan kulit. 

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam lemak jenuh bersifat emolien, yang bertindak sebagai pelembap untuk kulit kering dan membuatnya halus. Oleh sebab itu, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada bagian tubuh yang kering.

  • Mandi oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu bahan alami yang dapat membantu merawat kulit kering. Menambahkan oatmeal bubuk ke dalam bak mandi atau menggunakan krim yang mengandung oatmeal bisa meringankan kulit kering Anda. Sebuah studi pada tahun 2015 menunjukkan jika ekstrak oatmeal memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang baik untuk perawatan kulit kering atau Anda dapat menggunakan sabun yang mengandung ekstrak oatmeal sebagai opsi. 

  • Mengoleskan madu

Berbagai penelitian telah menunjukkan jika madu memiliki sifat melembapkan, menyembuhkan, dan antiperadangan. Manfaat ini membuat madu cocok digunakan sebagai perawatan kulit kering yang ideal. Anda dapat mengoleskan bahan alami ini langsung pada kulit yang kering.

  • Mengoleskan petroleum jelly

Petroleum jelly yang juga dikenal sebagai minyak mineral telah banyak digunakan sebagai pelembap. Bahan ini dapat menutup kulit dengan lapisan pelindung yang menjaga kelembapan di bawahnya sehingga bisa membantu mengatasi kulit kering dan teriritasi. Anda hanya perlu mengoleskannya pada kulit yang terasa kering.

  • Menggunakan humidifier di rumah

Humidifier dapat membantu melembapkan udara di dalam ruangan. Menggunakannya di rumah tentu bisa membuat kelembapan terjaga sehingga kulit kering Anda akan terasa lebih lembap dan tak mudah gatal.

  • Minum air putih dengan cukup

Memiliki kulit yang kering membuat Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar. Minum air putih yang cukup membantu kulit Anda terhidrasi sehingga menjadi lebih lembap. Minumlah sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

Tidak sulit melakukannya, bukan? Cara mengatasi kulit kering di atas perlu Anda lakukan secara konsisten agar hasilnya benar-benar efektif. Di samping itu, Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter kulit untuk mendapat saran lebih lanjut.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-skin#lifestyle-remedies
Diakses pada 06 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-skin#petroleum-jelly
Diakses pada 06 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319555#home-remedies-for-dry-skin
Diakses pada 06 Maret 2020

Artikel Terkait