Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering yang Perlu Diketahui


Penyebab kulit kering bisa karena berbagai hal. Maka dari itu, cara mengatasi kulit kering sebaiknya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Misalnya, dengan mengoleskan pelembap, pakai bahan alami, hingga minum air putih.

0,0
25 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu cara mengatasi kulit kering adalah dengan mengoleskan pelembapKulit kering biasanya ditandai dengan rasa gatal, bersisik, pecah-pecah, hingga mengelupas
Kulit kering merupakan masalah kulit yang bisa jadi sangat mengganggu. Kulit kering adalah kondisi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Penyebab kulit kering pun bermacam-macam. Maka dari itu, cara mengatasi kulit kering sangat penting dilakukan sebagai langkah perawatannya. 

Penyebab kulit kering yang perlu diketahui

Kulit yang kering biasanya membuat permukaan kulit terasa kasar, bersisik, ruam, mengelupas, dan mengalami iritasi.Masalah kulit kering bisa terjadi secara alami karena lambatnya kelenjar sebasea dalam memproduksi minyak alami kulit. Kulit kering dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, umumnya dapat dirasakan pada kulit wajah serta area kulit tangan, lengan, dan kaki.Paparan cuaca yang kering, sering mandi menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering dan gatal. Selain itu, penggunaan obat-obatan hingga kondisi medis tertentu juga dapat meningkatkan risiko kulit kering dapat terjadi. Berikut adalah penjelasan selengkapnya. 

1. Udara kering, panas, atau dingin

Salah satu penyebab kulit kering adalah saat udara kering, panas, atau dingin. Pada kondisi ini, suhu dan kelembapan udara jadi menurun. Akibatnya, kulit kering menjadi tak dapat terhindarkan. 

2. Usia

Siapa saja dapat mengalami kulit kering, terutama orang lanjut usia. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, penurunan produksi sebum akan mengalami penurunan. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit. 

3. Mandi dengan air hangat terlalu lama

Mandi dengan air panas bisa menjadi penyebab kulit kering apabila dilakukan terlalu lama. Begitu pula apabila Anda menggunakan air hangat dengan durasi yang terlalu lama.

4. Penggunaan sabun 

Sabun mandi, mengoleskan sabun cuci muka, produk perawatan kulit, hingga detergen mengandung zat kimia keras yang bisa membuat kulit kering. Umumnya, zat kimia ini mampu menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga kelembapan kulit berkurang. 

5. Menggosok kulit 

Menggosok kulit, terlalu keras dan terutama menggunakan alat gosok tertentu, bisa menyebabkan kulit kering. Adanya gesekan yang terjadi antara alat gosok dan kulit bisa berpotensi merusak lapisan kelembapan pada permukaan kulit sehingga membuat kulit terasa kering. 

6. Penggunaan obat-obatan tertentu

Jika Anda menggunakan obat jerawat pada area kulit wajah dan tubuh kering, risiko kulit kering dan mengelupas mungkin dapat terjadi. Beberapa jenis salep obat jerawat yang dapat menimbulkan efek samping tersebut adalah benzoil peroksida, asam salisilat, retinol, dan alpha hydroxy alpha (AHA).  Selain itu, penyebab kulit kering yang teramat sangat bisa jadi karena konsumsi obat statin dan diuretik. 

6. Kondisi medis tertentu

Penyebab kulit kering dan gatal bisa terjadi karena seseorang memiliki kondisi medis tertentu. Penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering, mengelupas, hingga pecah-pecah adalah eksim dan psoriasis. Di samping itu, penyakit penyerta yang dialami seseorang, seperti gangguan tiroid, diabetes, atau penyakit ginjal dapat menjadi penyebab kulit kering. 

Cara mengatasi kulit kering dengan tepat

Cara mengatasi kulit kering dengan tepat adalah dengan menjaganya tetap lembap. Adapun cara mengatasi kulit kering yang harus Anda lakukan, di antaranya:

1. Hindari mandi dengan air panas

Cara mengatasi kulit kering adalah membatasi mandi dengan air panas
Hindari menggunakan air panas dan air hangat agar kulit tidak kering
Salah satu cara mengatasi kulit kering adalah menghindari mandi dengan air panas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mandi dengan air panas bisa membuat kulit Anda semakin kering. Air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit yang berfungsi menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tidak dapat terhidrasi dengan baik dan menjadi kering. Oleh karena itu, Anda harus menghindari mandi dengan air panas agar kulit tidak kering.

2. Jangan mandi berlama-lama

Ketika cuaca dingin, mandi atau berendam menggunakan air hangat, tentu menjadi pilihan yang menggoda.Namun apabila dilakukan terlalu lama dan sering, kegiatan tersebut justru dapat membuat kulit semakin kering.Pasalnya, air yang terdapat pada permukaan tubuh akan banyak menguap. Jadi, jagalah lama waktu mandi Anda kurang lebih sekitar 5-10 menit menggunakan air hangat.Selain waktu mandi yang singkat, Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas, karena dapat menyebabkan kemerahan pada kulit.

3. Gunakan sabun pelembap saat mandi

Jika Anda memiliki kulit yang kering, sebaiknya gunakan sabun mandi yang dapat membantu melembapkan kulit. Sabun tersebut mampu menutrisi kulit Anda dari luar sehingga terasa lebih lembap, kenyal, dan sehat.

4. Hindari menggosok kulit dengan handuk

Sebagian besar orang kerap mengeringkan tubuhnya dengan menggosokkan kulit dengan handuk. Padahal, terlalu sering menggosokkan kulit dengan handuk bisa membuat kulit menjadi kering. Akan lebih baik jika Anda hanya menepuk-nepuk handuk pada kulit secara lembut untuk menjaga kelembapannya.

5. Oleskan pelembap setelah mandi

Pelembap merupakan cara mengatasi kulit kering yang wajib dilakukan
Gunakan pelembap untuk kulit kering pada area tubuh yang terasa kering
Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah dengan mengoleskan pelembap pada permukaan kulit tubuh.Anda bisa menggunakan losion yang banyak dijual di pasaran, tetapi pastikan kondisi kulit anda cocok menggunakannya. Kemudian, oleskan pelembap untuk kulit kering ini sesaat setelah mandi, terutama pada area kulit yang kering, seperti halnya lengan dan kaki.Saat Anda berada di tempat dengan suhu rendah, penting pula untuk rutin menggunakan pelembap kulit.

6. Pakai minyak kelapa

Cara menghilangkan kulit kering secara alami dapat membantu merawat kulit kering. Sebuah studi yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology membuktikan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan petroleum jelly untuk merawat kulit kering karena dapat meningkatkan hidrasi kulit dan jumlah lemak pada permukaan kulit. Selain itu, manfaat minyak kelapa untuk kulit berasal dari kandungan asam lemak jenuh bersifat emolien, yang bertindak sebagai pelembap untuk kulit kering dan membuatnya halus.

7. Mandi oatmeal

Mandi oatmeal juga menjadi cara menghilangkan kulit kering. Oatmeal adalah salah satu bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Cara mengatasinya secara alami adalah dengan menambahkan oatmeal bubuk ke dalam bak mandi berisi air hangat atau menggunakan krim yang mengandung oatmeal setelah mandi bisa meredakan rasa gatal penyebab kulit kering yang Anda alami. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Drugs Dermatology menunjukkan jika ekstrak oatmeal memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang baik untuk perawatan kulit kering.Anda juga dapat mengoleskan sabun yang mengandung ekstrak oatmeal sebagai pilihan cara menghilangkan kulit kering. 

8. Gunakan madu

Madu merupakan bahan alami sebagai cara mengatasi kulit kering
Oleskan madu pada permukaan kulit yang kering secara langsung
Berbagai penelitian menunjukkan jika cara mengatasi kulit kering secara alami dengan madu diyakini efektif.Ini karena madu memiliki sifat melembapkan, menyembuhkan, dan antiperadangan. Manfaat ini membuat madu cocok digunakan untuk perawatan kulit kering yang ideal.Anda dapat mengoleskan bahan alami ini secara langsung pada kulit yang kering.

9. Oleskan petroleum jelly

Manfaat petroleum jelly yang juga dikenal sebagai minyak mineral telah banyak digunakan untuk pelembap alami. Bahan alami satu ini dapat menutup kulit dengan lapisan pelindung yang menjaga kelembapan di bawahnya sehingga bisa membantu mengatasi kulit kering dan iritasi. Anda hanya perlu mengoleskannya pada kulit yang terasa kering.

10. Gunakan humidifier di rumah

Humidifier dapat menjadi cara menghilangkan kulit kering dengan cara membantu melembapkan udara di dalam ruangan. Penggunaannya dapat membuat kelembapan terjaga sehingga kulit kering Anda akan terasa lebih lembap dan tak mudah gatal.

11. Minum air putih yang cukup

Cara mengatasi kulit kering bisa dengan air putih yang banyak
Jaga kelembapan kulit dengan minum air putih yan cukup
Memiliki kulit kering membuat Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar.Minum air putih yang cukup membantu kulit Anda terhidrasi sehingga menjadi lebih lembap. Alangkah baiknya, Anda dapat minum sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

12. Kenakan sarung tangan saat mencuci

Jika masalah kulit kering yang Anda alami akibat penggunaan sabun detergen yang terlalu keras, sebaiknya atasi dengan memakai sarung tangan saat mencuci pakaian. Dengan demikian, kulit tangan Anda tidak bersentuhan langsung dengan sabun detergen yang dapat mengiritasi kulit. 

13. Oleskan lidah buaya

Manfaat lidah buaya atau aloe vera juga dapat digunakan untuk untuk mengatasi kulit kering secara alami. Anda bisa mengoleskan gel lidah dari tanamannya secara langsung atau gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan aloe vera di dalamnya 100%, ya. Anda bisa mengoleskan sedikit gel lidah pada kulit guna melihat ada tidaknya reaksi alergi yang ditimbulkan. Jika tidak, Anda bisa mengoleskannya pada area kulit yang bermasalah dan mendiamkannya semalaman. Cara mengatasi kulit kering ternyata tidak sulit dilakukan, bukan? Anda perlu melakukannya secara konsisten agar hasilnya benar-benar efektif. Jika cara menghilangkan kulit kering di atas tak kunjung meredakan gejala yang dialami, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran lebih lanjut. Ingin tahu lebih lanjut seputar penyebab kulit kering dan cara mengatasinya? Tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikankulit kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-skin#lifestyle-remedies
Diakses pada 06 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-skin#petroleum-jelly
Diakses pada 06 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319555#home-remedies-for-dry-skin
Diakses pada 06 Maret 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4885180/
Diakses pada 06 Maret 2020
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25607907/
Diakses pada 06 Maret 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-causes
Diakses pada 17 November 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16940-dry-skinitchy-skin
Diakses pada 17 November 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885
Diakses pada 17 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait