Cara Mengatasi Kulit Kering di Sudut Bibir Bisa Dilakukan Tanpa Obat


Cara mengatasi kulit kering di sudut bibir bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan yang bisa digunakan mulai dari madu, timun, hingga air putih.

(0)
Cara mengatasi kulit kering di sudut bibir bisa dengan bahan-bahan alamiKulit kering di sudut bibir bisa mengganggu penampilan
Kulit kering di sudut bibir bisa saja terasa sangat mengganggu. Selain tidak enak dilihat, kondisi ini dapat memicu nyeri ketika membuka mulut pada waktu makan maupun berbicara, serta berkembang menjadi penyakit angular cheilitis.Cara mengatasi kulit kering di sudut bibir tak harus menggunakan obat-obatan dari dokter. Ada beragam pilihan perawatan rumahan yang bisa Anda terapkan untuk menanganinya.

Apa saja penyebab kulit kering di sudut bibir?

Sebelum membahas cara mengatasi kulit kering di sudut bibir, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Kondisi ini muncul karena adanya tumpukan air liur yang mengering di area tersebut. Untuk mengatasi kulit kering tersebut, kebanyakan orang akan menjilat sudut bibir mereka. Menjilat sudut bibir memang dapat menghilangkan kulit kering dan nyeri, namun kelegaan ini hanyalah bersifat sementara.Jika terus-menerus dilakukan, kebiasaan menjilat sudut bibir dapat membuat air liur makin menumpuk dan memicu iritasi serta infeksi. Infeksi ini tidak hanya disebabkan oleh jamur, tetapi juga bakteri maupun virus.

Cara mengatasi kulit kering di sudut bibir dengan bahan-bahan alami

Berbagai macam cara mengatasi kulit kering di sudut bibir bisa dijadikan pilihan, salah satunya dengan menerapkan perawatan rumahan. Apa sajakah itu?

1. Menjaga kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan dapat mengurangi risiko sudut bibir yang kering terkena infeksi. Maka dari itu, pastikan Anda sudah menyikat gigi dan membersihkan gusi dengan baik, terlebih pada area yang dekat dengan sudut bibir.Bersihkan juga kotoran-kotoran yang menyangkut di gigi dengan benang gigi (dental floss). Untuk memberikan perlindungan ekstra, Anda bisa menggunakan obat kumur antibakteri setelah menyikat gigi.

2. Minum air putih

Minum air putih juga bisa menjadi cara mengatasi kulit kering di sudut bibir. Tak hanya itu, langah ini juga baik untuk kesehatan tubuh keseluruhan.Dalam sehari, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan air putih setidaknya delapan gelas atau dua liter.

3. Menggunakan lip balm

Menjaga area bibir tetap bersih dan lembap dapat membantu dalam mengurangi rasa nyeri. Anda bisa mengoleskan lip balm untuk menjaga kelembapannya.Selain menjaga kelembapan dan meredakan kekeringan pada bibir, lip balm dapat melindungi sudut bibir Anda dari infeksi jamur akibat air liur.

4. Menempelkan timun

Cara mengatasi kulit kering di sudut bibir berikutnya bisa dengan menggunakan timun. Untuk menerapkannya, Anda tinggal menempelkan buah timun di sudut bibir yang kering. Kemampuan timun untuk mengatasi sudut kondisi tersebut tidak lepas dari efek pendinginan yang dimilikinya. Anda juga bisa merendam timun dalam air minum (infused water) untuk mendapatkan nutrisinya. 

5. Mengoleskan madu

Mengoleskan madu pada sudut bibir yang kering bisa menenangkan rasa nyeri. Madu adalah antibiotik alami yang dapat membantu dalam melindungi kulit sekaligus mengurangi risiko infeksi.

Bagaimana jika sudut bibir yang kering terlanjur mengalami infeksi?

Apabila sudut bibir yang kering terlanjur terkena infeksi, segera periksakan kondisinya ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan jenis infeksi yang terjadi.Dokter mungkin akan merekomendasikan krim antibiotik jika infeksi dipicu oleh bakteri. Sementara infeksi akibat jamur, dokter akan meresepkan Anda salep antijamur guna mengatasinya.Anda juga harus berkonsultasi ke dokter apabila kekeringan di sudut bibir disertai dengan gejala lain. Misalnya, muncul bintik-bintik merah atau ungu, nyeri yang tak tertahankan, serta sensasi terbakar. Penanganan sedini mungkin dapat mencegah kondisi semakin parah.

Catatan dari SehatQ

Ada banyak langkah dapat dilakukan sebagai cara mengatasi kulit kering di sudut bibir. Salah satunya adalah dengan perawatan rumahan, seperti mengoleskan madu, menempelkan timun, hingga cukup mengonsumsi air putih.Namun jika menemukan adanya tanda-tanda infeksi pada sudut bibir yang kering, segera periksakan diri ke dokter. Penanganan yang dilakukan sedini mungkin akan menurunkan kemungkinan infeksi yang bertambah parah.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai cara mengatasi kulit kering di sudut bibir, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
infeksi bakteriinfeksi jamurbibir keringair liur
edical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320053
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/angular-cheilitis
Diakses pada 3 Februari 2021
Simply Health Today. https://simplyhealth.today/14-efficient-natural-remedies-for-angular-cheilitis/7/
Diakses pada 3 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait