Cara Mengatasi Kulit Berminyak pada Pria Plus Perawatannya


Cara mengatasi kulit wajah berminyak pada pria dan wanita sebenarnya sama saja. Intinya, Anda perlu menjaga kebersihan kulit wajah supaya senantiasa sehat.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
cara mengatasi kulit berminyak pada priaRutin membersihkan wajah bisa membantu mengatasi kulit berminyak pada pria
Tidak hanya wanita, masalah kulit berminyak juga dialami oleh kaum pria. Kulit berminyak bisa memicu berbagai masalah kulit lain, seperti jerawat dan komedo, bahkan mengganggu penampilan. Agar tampil lebih menawan, kenali penyebab dan cara mengatasi kulit berminyak pada pria berikut ini. 

Penyebab kulit wajah pria berminyak

Dibandingkan wanita, pria cenderung memiliki kulit yang lebih berminyak dan kulit yang lebih tebal. Hal ini dipengaruhi oleh hormon testosteron yang dominan pada pria. Testosteron adalah hormon seks pria yang memainkan peran penting dalam tubuh. Fungsi hormon testosteron antara lain mengatur gairah seks, massa tulang, distribusi lemak, massa dan kekuatan otot, serta produksi sel darah merah dan sperma. Testosteron juga merangsang produksi sebum (minyak), yakni zat berminyak dan berlilin yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Kelebihan hormon testosteron dapat menyebabkan produksi sebum berlebihan. Hal ini menyebabkan munculnya minyak berlebih. Produksi minyak berlebih sendiri meningkatkan risiko radang kelenjar sebaceous sehingga memicu jerawat. Itu sebabnya, orang yang punya tipe kulit berminyak biasanya juga lebih rentan berjerawat.American Academy of Dermatology menyatakan bahwa tipe kulit berminyak biasanya memiliki tampilan yang berkilau atau berminyak pada kulit. Selain hormonal, penyebab kulit berminyak pada umumnya antara lain stres, kelembapan, dan genetik. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan pria juga memiliki tipe kulit kombinasi, yakni gabungan antara kulit kering dan berminyak. Pada tipe ini, biasanya kulit wajah cenderung kering dengan jumlah minyak berlebih di area tertentu, misalnya di T zone. 

Cara mengatasi kulit berminyak pada pria

Pada umumnya, cara mengatasi kulit berminyak pada pria maupun wanita sama saja. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, ini dia beberapa cara mengatasi kulit berminyak pada pria yang bisa Anda diskusikan lebih lanjut dengan dokter:

1. Rutin membersihkan wajah

Mencuci muka bisa membantu mengatasi kulit berminyak pada pria
Mencuci muka bisa membantu mengatasi kulit berminyak pada pria
Membersihkan wajah secara teratur bisa membantu mengurangi dan membersihkan wajah dari minyak berlebih. Lakukan cuci muka setiap pagi, sore, atau setelah berolahraga. Selain itu, pilihlah pembersih wajah pria yang ringan dan lembut (gentle). Tidak harus berlabel khusus ‘for men’, yang penting sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari menggosok wajah terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi.Meski begitu, Anda sebaiknya tidak terlalu sering mencuci muka. Pasalnya, mencuci muka terlalu sering justru membuat kulit wajah kering. Saat kulit kering, tubuh akan memproduksi minyak lebih banyak dan malah membuat wajah Anda semakin berminyak. 

2. Pilih produk berbahan dasar air

Untuk mengatasi kulit berminyak pada pria, cobalah pilih produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan tidak menyumbat pori. Anda bisa menemukannya pada produk berlabel “oil free” atau “non*comedogenic”. Anda juga bisa menggunakan produk “fragrance free” jika punya kulit sensitif.Orang dengan tipe kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang besar, serta mudah timbul jerawat dan komedo. Anda bisa menambahkan obat jerawat ke dalam skincare routine Anda di pagi atau malam hari.

3. Gunakan toner

Toner bisa menjadi salah satu perawatan wajah pria dengan tipe kulit berminyak. Toner yang mengandung astringent (sejenis alkohol) cenderung dapat membuat kulit kering sehingga cocok untuk tipe kulit berminyak. Astringent juga mampu menenangkan kulit dan mengandung tanin yang bersifat anti-inflamasi. Namun, tidak semua orang cocok dengan kandungan ini. Selain melakukan trial and error dengan berbagai produk yang aman di pasaran, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau dermatologist jika berniat menggunakan toner astringentBACA JUGA: Jenis Basic Skincare untuk Laki-Laki Beserta Tips Memilihnya

4. Eksfoliasi beberapa kali dalam seminggu 

Untuk mengatasi wajah berminyak, pria juga sebaiknya rutin melakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu. Tak hanya menghilangkan minyak berlebih, produk eksfoliasi ini mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga pori-pori tidak tersumbat dan menyebabkan jerawat pada pria. Anda bisa menggunakan produk eksfoliasi, seperti exfoliating toner dengan kandungan asam, seperti AHA (glycolic acid), BHA (salicylic acid), PHA, atau benzoil peroksida.Jangan melakukan eksfoliasi setiap hari. Eksfoliasi setiap hari dapat mengikis lapisan kulit, bahkan yang sehat sekalipun. Akibatnya, skin barrier menjadi rusak dan Anda lebih rentan terhadap iritasi. 

5. Pastikan pakai pelembap

Pria dengan wajah berminyak juga perlu pakai pelembap
Pria dengan wajah berminyak juga perlu pakai pelembap
Oleskan pelembap (moisturizer) setiap hari. Jangan salah, orang dengan kulit berminyak juga harus melembapkan kulit agar tetap terhidrasi dan mencegah produksi minyak (sebum) semakin banyak. Ini karena  kadang minyak terbentuk akibat kulit terlalu kering. Akibatnya, sel kulit akan memproduksi minyak untuk melembapkan kulit. Maka itu, Anda harus tetap menjaga kelembapan dengan menggunakan pelembap wajah pria.

6. Memakai sunscreen

Melindungi kulit dari sinar matahari merupakan hal wajib untuk semua jenis kulit, tak terkecuali tipe kulit berminyak. Gunakan tabir surya (sunscreen) untuk mencegah paparan sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan bintik-bintik penuaan, keriput, dan kanker kulit.Untuk mencegah jerawat pilihlah produk sunscreen dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide. Hindarilah produk sunscreen yang mengandung pewangi dan berbahan dasar minyak. Pastikan juga Anda menggunakan tabir surya spektrum luas yang tahan air dengan minimal SPF 30 untuk perlindungan terbaik.BACA JUGA: Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Cara Memilihnya yang Tepat 

7. Gunakan kertas minyak 

Meski sudah melakukan berbagai cara di atas, minyak berlebih mungkin saja tetap muncul di tengah aktivitas. Kertas minyak bisa menjadi solusi cepat mengatasi kulit wajah berminyak pada pria. Tekan perlahan kertas minyak di area wajah yang berminyak dan biarkan beberapa detik agar minyak terserap. 

8. Gunakan masker wajah seminggu sekali

Jenis masker tertentu, seperti clay mask juga bisa mengatasi kulit berminyak pada pria
Jenis masker tertentu, seperti clay mask juga bisa mengatasi kulit berminyak pada pria
Salah satu perawatan wajah pria berminyak adalah dengan menggunakan masker wajah. Ada beberapa jenis masker wajah yang dapat membantu mengurangi produksi minyak, yaitu:
  • Clay mask, mengandung mineral smectite dan bentonite yang mampu menyerap dan mengurangi minyak, tanpa menyebabkan iritasi
  • Madu, memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang mampu mengurangi jerawat dan minyak, serta melembutkan kulit
  • Oatmeal, mengandung koloid dan saponin yang mampu membersihkan dan menenangkan kulit, serta mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi

9. Hindari konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan pembesaran kelenjar minyak. Hal ini juga bisa memicu pori-pori membesar dan timbulnya minyak berlebih. 

10. Perubahan pola makan

Cara mengatasi kulit berminyak pada pria tidak cukup hanya dari perawatan luar, tapi juga dari dalam. Cobalah untuk menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi. Makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat sehingga merangsang peradangan dan produksi sebum. Sebaliknya, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti:
  • Sayur dan buah
  • Kacang-kacangan 
  • Gandum utuh

11. Mengelola stres

Stres juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit berminyak. Kondisi stres bisa memicu pelepasan hormon yang menghasilkan sebum lebih banyak. Anda bisa coba mengatasi stres dengan cara berikut:
  • Yoga
  • Meditasi
  • Tidur cukup
  • Olahraga teratur
  • Minum yang cukup
  • Hindari alkohol dan rokok
BACA JUGA: 9 Rekomendasi Skincare Pria untuk Jaga Kesehatan Kulit

Perawatan wajah yang tepat untuk pria dengan tipe kulit berminyak 

Siapa bilang perawatan wajah hanya dilakukan oleh wanita. Kaum pria juga perlu melakukan perawatan wajah untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat Anda tampil lebih memesona. Perawatan kulit wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit. Kulit pria, termasuk di area wajah, cenderung lebih tebal, berminyak, dan lebih banyak ditumbuhi rambut. Selain melakukan berbagai cara mengatasi kulit berminyak di atas, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan wajah pria, antara lain:
  • Hindari menyentuh wajah dalam kondisi tangan yang belum dicuci
  • Hindari menggosok kulit wajah dengan tisu atau bahan kasar dan bersifat abrasif
  • Jangan menyentuh, menggaruk, atau memencet jerawat
  • Gunakan ujung jari untuk mengoleskan pembersih
  • Hindari paparan sinar matahari langsung atau tanning bed 
  • Mencuci rambut secara teratur
  • Rutin mencukur dan membersihkan rambut wajah 
  • Rutin memeriksakan kulit
Pada kulit kombinasi berminyak dan kering, Anda harus lebih berhati-hati dalam hal perawatan. Pastikan Anda tidak memperburuk salah satu atau kedua jenis kulit tersebut. Konsultasikan dengan dokter atau dermatologist untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Catatan dari SehatQ

Setiap pria memiliki jenis kulit yang berbeda. Perawatan wajah sebaiknya disesuaikan pada tipe kulit wajah yang Anda miliki. Beberapa cara mengatasi kulit berminyak pada pria dan rutinitas dasar bisa menjadi solusi bagi pria dengan kulit berminyak.Namun, jika Anda mengalami produksi minyak yang berlebih hingga mengarah pada kondisi jerawat yang parah, konsultasikan diri ke dokter kulit atau dermatologis. Dokter mungkin akan menyarankan perubahan produk atau rutinitas perawatan sesuai dengan kondisi Anda. Anda mungkin akan mendapatkan beberapa krim racikan atau obat minum untuk mengatasi kondisi yang mendasari masalah kulit Anda. Jika masih ada pertanyaan seputar cara mengatasi kulit berminyak pada pria, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
masker wajahperawatan wajahkesehatan pria
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-skin-care-routine-men
Diakses pada 13 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/manscaping-pubic-hair-tips#grooming-options
Diakses pada 13 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/does-testosterone-cause-acne
Diakses pada 13 November 2021
National Institute of Health. https://www.nih.gov/news-events/nih-research-matters/understanding-how-testosterone-affects-men
Diakses pada 13 November 2021
International Journal of Women’s Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6116811/
Diakses pada 13 November 2021
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin
Diakses pada 13 November 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090#treatment
Diakses pada 13 November 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-oily-skin#methods
Diakses pada 13 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait