Kuku Cantengan Sungguh Menyiksa, Begini Cara Mencegah dan Mengatasinya

Kuku cantengan mengakibatkan jari menjadi bengkak dan berwarna merah, terasa sakit, hingga infeksi
Kuku cantengan dapat terjadi di bagian jari mana pun, baik tangan maupun kaki

Pernah mengalami kuku jempol kaki tumbuh ke dalam hingga menusuk kulit dan membuat luka? Kondisi ini disebut sebagai cantengan. Tak hanya menyakitkan, kuku cantengan juga menyulitkan kita dalam beraktivitas.

Kuku cantengan sekilas terlihat sepele. Namun, jika dibiarkan dan tidak ditangani, kuku cantengan dapat mengakibatkan infeksi yang menyebabkan jari menjadi bengkak dan bernanah.

Biasanya cantengan terjadi pada kuku di jempol kaki, tetapi cantengan bisa terjadi di bagian kuku lainnya. Kuku cantengan adalah suatu keadaan saat kuku bagian samping jari tumbuh ke dalam daging di sekitar kuku, bukannya tumbuh di atasnya. Saat seseorang mengalami kuku cantengan, daging di sekitar kuku cantengan akan berwarna merah, terasa sakit dan lunak, membengkak, dan pada kasus yang parah bisa mengalami infeksi.

Penyebab Kuku Cantengan

Kuku cantengan lebih mungkin dialami oleh seseorang yang memiliki kuku yang tebal dan membengkok, tetapi beberapa hal yang juga dapat menyebabkan kuku cantengan adalah:

  • Memakai sepatu yang terlalu sempit.
  • Jari kaki yang terluka, seperti tertusuk atau terbentur.
  • Menggunting kuku terlalu pendek atau tidak lurus.
  • Infeksi jamur.

Jika dibiarkan, kuku cantengan tidak hanya dapat menyebabkan infeksi pada kulit di sekitar kuku, tetapi juga dapat menginfeksi tulang pada jari kaki. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika:

  • kuku cantengan membuat Anda tidak nyaman.
  • kuku cantengan terlalu tebal dan keras.
  • mengalami demam.
  • terdapat nanah pada daging di sekitar kuku cantengan.
  • warna merah pada daging di sekitar kuku cantengan melebar.

Bagi penderita diabetes yang mengalami cantengan, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter, terutama jika kuku cantengan menyebabkan infeksi.

Cara Mencegah Kuku Cantengan

Kuku cantengan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan proses penyembuhannya menyita waktu. Apakah ada cara untuk mencegah agar Anda tidak mengalami kuku cantengan?

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kuku cantengan terjadi pada Anda:

  • Merendam kaki agar kuku kaki menjadi lebih lunak dan lebih mudah dipotong.
  • Selalu memotong kuku dengan lurus, Anda tidak perlu mengikuti bentuk jari kaki.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Selalu menggunakan gunting kuku untuk memotong kuku kaki.
  • Menggunakan kaos kaki dan sepatu yang pas dan tidak terlalu ketat di kaki.
  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi dan stocking yang ketat, karena sepatu hak tinggi dan stocking yang ketat dapat memberikan tekanan pada jari-jari kaki yang dapat menyebabkan kuku cantengan.

Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Jika Anda mengalami kuku cantengan, Anda tidak perlu khawatir. Kuku cantengan merupakan kondisi yang masih dapat diatasi di rumah. Namun, jika Anda merasa sangat terganggu dengan kuku cantengan yang dialami, Anda dapat berkonsultasi dan mendapatkan penanganan dari dokter. Kuku cantengan dapat diatasi dengan beberapa cara, yaitu:

1. Merendam kaki dalam air hangat

Air hangat akan membantu mengurangi pembengkakan pada jari kaki yang mengalami cantengan dan mencegah kuku tumbuh ke dalam daging. Anda dapat merendam kaki dalam air hangat selama 15-20 menit sebanyak tiga sampai empat kali sehari.

Setelah merendam kaki, Anda dapat mengarahkan kuku cantengan untuk tumbuh ke bagian atas daging atau kulit jari kaki dengan menaruh kapas atau benang gigi yang memiliki lilin (waxed dental floss) di bawah tepian kuku cantengan.

2. Mengoleskan salep antibiotik

Oleskan salep antibiotik pada jari kaki yang mengalami kuku cantengan dan balut jari kaki yang mengalami cantengan dengan perban.

3. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Jika Anda tidak tahan dengan rasa sakit akibat kuku cantengan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi obat anti-sakit, seperti naproxen sodiumibuprofen, atau acetaminophen.

4. Hindari alas kaki tertutup

Menggunakan sandal atau alas kaki yang terbuka sampai kuku cantengan sembuh. Anda juga perlu untuk menjaga kaki tetap kering.

Kuku cantengan dapat dialami oleh siapa saja, tetapi pencegahan yang benar dapat menghindari Anda dari infeksi. Jika Anda terlanjur mengalami kuku cantengan, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mencoba cara penanganan kuku cantengan di atas. Selamat mencoba!

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ingrown-toenails/diagnosis-treatment/drc-20355908
Diakses pada 04 April 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/ingrown-toenail/
Diakses pada 04 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-ingrown-nail-treatment
Diakses pada 04 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed