Mengenal Cara Mengobati Cantengan pada Jari

(0)
09 Apr 2019|Anita Djie
Ditinjau olehdr. Fridawati
Cara mengobati cantengan pada jari tanganKuku cantengan dapat terjadi di bagian jari mana pun, baik tangan maupun kaki
Pernah mengalami kuku tumbuh ke dalam hingga menusuk kulit dan membuat luka? Kondisi ini disebut sebagai cantengan. Biasanya cantengan terjadi pada kuku jari kaki, tetapi kondisi ini juga bisa muncul di jari tangan. Saat ini, sudah diketahui berbagai cara mengobati cantengan pada jari tangan yang ampuh, sehingga Anda tidak perlu bingung. Kuku cantengan sebaiknya tidak dibiarkan, karena jika tidak ditangani, kondisi ini dapat mengakibatkan infeksi yang menyebabkan jari menjadi bengkak dan bernanah. Saat seseorang mengalami kuku cantengan, daging di sekitar kuku cantengan akan berwarna merah, terasa sakit dan lunak, membengkak, dan pada kasus yang parah bisa mengalami infeksi.

Cara mengobati cantengan pada jari 

Jika Anda mengalami kuku cantengan, Anda tidak perlu khawatir. Kuku cantengan merupakan kondisi yang masih dapat diatasi di rumah. Namun, jika Anda merasa sangat terganggu dengan kuku cantengan yang dialami, Anda dapat berkonsultasi dan mendapatkan penanganan dari dokter. Kuku cantengan dapat diatasi dengan beberapa cara, yaitu:

1. Merendam kuku dalam air hangat

Merendam jari adalah salah satu cara mengobati cantengan di jari tangan yang paling sederhana. Langkah ini dapat membantu kuku untuk tumbuh ke luar dengan sendirinya dan efektif dilakukan untuk kuku cantengan yang tidak menyebabkan nyeri maupun gejala lainnya.Berikut ini langkah-langkah yang dapat diikuti saat merendam jari tangan yang mengalami cantengan:
  • Isi wadah atau mangkuk yang bersih dengan air garam hangat
  • Rendam tangan selama 15-20 menit
  • Cuci tangan dan keringkan dengan handuk
  • Oleskan salep antibiotik dan tutup dengan perban yang longgar

2. Masukkan kasa steril atau kapas ke bawah kuku

Cara ini bisa dilakukan apabila merendam kuku tidak juga bantu meredakan cantengan. Untuk melakukannya, Anda cukup mengambil sedikit kain kasa streril atau kapas yang sudah di pilin kecil dan memasukkannya ke dalam kuku sebagai bantalan untuk kuku yang tumbuh ke dalam.Dengan begitu, kuku tersebut tidak lagi menusuk kulit dan menimbulkan nyeri apalagi infeksi. Metode ini juga bisa bantu kurangi tekanan yang diberikan kuku, sehingga kulit di bawahnya bisa lebih "bernapas".

3. Gunakan benang gigi atau dental floss

Terkadang, akan sulit bagi Anda untuk memasukkan kain kasa atau kapas ke bawah kuku. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan benang gigi atau dental floss yang sudah dilapisi lilin. Setelah kuku direndam dan tangan dicuci, Anda bisa secara perlahan memasukkan benang tersebut ke bawah kuku yang tumbuh ke dalam. Dengan begitu, kuku tersebut tidak lagi menusuk kulit di bawahnya. Tapi ingat, benang gigi juga bisa menjadi tajam jika Anda tidak berhati-hati menggunakannya. 

4. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Jika Anda tidak tahan dengan rasa sakit akibat kuku cantengan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi obat anti-sakit, seperti naproxen sodium, ibuprofen, atau paracetamol.Sementara itu, untuk mengobati cantegan di jari tangan yang sudah parah, dokter biasanya akan melakukan prosedur operasi cantengan untuk mengeringkan nanah pada abses yang muncul akibat infeksi dan mengangkat kuku yang menjadi biang keroknya.

Penyebab cantengan pada jari 

Kuku cantengan lebih mungkin dialami oleh seseorang yang memiliki kuku yang tebal dan membengkok. Meski begitu, beberapa kondisi di bawah ini juga bisa menjadi penyebab cantengan di jari tangan, bagi Anda yang memiliki bentuk kuku biasa dan tidak tebal:
  • Jari kaki yang terluka, seperti tertusuk atau terbentur.
  • Menggunting kuku terlalu pendek atau tidak lurus.
  • Infeksi jamur.
  • Kuku terlalu sering tertekan.
  • Memiliki keluarga dekat yang juga sering cantengan.
Jika dibiarkan, kuku cantengan tidak hanya dapat menyebabkan infeksi pada kulit di sekitar kuku dan memicu terbentuknya abses. Cantengan juga bisa memicu terjadinya peradangan pada tulang jari yang disebut dengan osteomyelitis. Maka dari itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika:
  • Rasa nyeri yang timbul akibat cantengan semakin parah
  • Seluruh kuku terlihat memerah
  • Demam
  • Jari jadi semakin sulit ditekuk

Apakah nanah pada cantengan harus dikeluarkan?

Catengan yang disertai dengan nanah harus dikeluarkan. Jangan mencoba menggunakan jarum untuk mengeluarkan nanah dari jari Anda, karena jarum dapat memperburuk infeksi.Jika nanah dibiarkan, nanah mungkin akan menyebar kebawah sulkus kuku pada daerah yang berlawanan, dan mengakibatkan terjadinya abses disekitar kuku.Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan sejauh mana tingkat keparahan yang sedang Anda alami.

Cara mencegah cantengan pada jari tangan

Kuku cantengan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan proses penyembuhannya pun menyita waktu. Beruntung, beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan untuk mencegah kuku cantengan terjadi pada Anda:
  • Merendam kuku sebelum di potong, agar lebih lunak dan lebih mudah untuk digunting 
  • Pastikan alat yang digunakan untuk menggunting kuku tajam dan bersih. 
  • Potong kuku dengan bentuk lurus saja, sehingga bagian pinggir kuku tidak terlalu pendek dan tumbuh ke dalam.
  • Setelah dipotong lurus, jangan lupa haluskan bagian pinggir kuku agar tidak tajam dan menusuk kulit jari.
  • Jangan hilangkan kutikel kuku karena bagian itu berfungsi untuk melindungi kuku dari infeksi.
  • Sering-sering gunakan krim tangan untuk menjaga kulit dan kuku tetap lembap dan tidak mudah patah.
Kuku cantengan dapat dialami oleh siapa saja, tetapi pencegahan yang benar dapat menghindari Anda dari infeksi. Jika Anda terlanjur mengalami kuku cantengan, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mencoba cara penanganan kuku cantengan di atas. Selamat mencoba!
cantenganpenyakit tangankukujamur kuku
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ingrown-toenails/diagnosis-treatment/drc-20355908
Diakses pada 04 April 2019
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/ingrown-toenail/
Diakses pada 04 April 2019
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-ingrown-nail-treatment
Diakses pada 04 April 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-treat-an-ingrown-fingernail
Diakses pada 29 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/ingrown-fingernail-treatment#prevention
Diakses pada 29 Juni 2020
Michigan Medicine. https://www.uofmhealth.org/health-library/zd1060
Diakses pada 16 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait