4 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi yang Bisa Anda Lakukan

Cara mengatasi kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan melakukan gaya hidup sehat
Kolesterol yang tinggi perlu di atasi agar tidak berbahaya bagi kesehatan

Masalah kolesterol tinggi kerap menjadi pemicu berbagai penyakit, misalnya penyakit jantung hingga stroke. Jika Anda tengah memiliki masalah dengan ini, ada beberapa cara mengatasi kolesterol yang dapat dilakukan di luar konsumsi obat-obatan penurun kolesterol.

Kolesterol adalah zat berlemak yang bersirkulasi di dalam darah yang didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi. Faktor gaya hidup, seperti jarang berolahraga juga dapat memperparah penumpukan lemak di dalam tubuh.

Kolesterol sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel-sel sehat dan memproduksi hormon. Tetapi, ketika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol yang terkumpul di dalam arteri hingga menghalangi aliran darah, maka risiko datangnya penyakit menjadi semakin besar.

Cara mengatasi kolesterol tinggi tanpa minum obat

Anda biasanya dikatakan menderita kolesterol tinggi jika memiliki kolesterol total di atas 200 mg/dL. Namun, mengetahui kadar kolesterol total saja tidak cukup karena cara mengatasi kolesterol tinggi tersebut akan sangat bergantung pada banyak hal.

Pertama, kolesterol sendiri terdiri dari dua bagian, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda biasanya diminta untuk meningkatkan jumlah HDL hingga di atas 60 mg/dL dan menurunkan LDL hingga di bawah 100 mg/dL.

Selain itu, faktor risiko Anda juga akan diperhitungkan, misalnya usia, gender, dan penyakit keturunan. Rumit, bukan? Oleh karena itu, untuk mengetahui cara mengatasi kolesterol yang pasti, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selain minum obat, dokter biasanya juga akan merekomendasikan Anda untuk melakukan hal-hal berikut ini.

  • Menerapkan pola makan sehat

Cara mengatasi kolesterol tinggi yang utama adalah dengan mengubah pola makan. Kurangi makan makanan yang dapat memicu naiknya kadar LDL, seperti daging merah, susu, telur, dan minyak sayur.

Sebaliknya, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti gandum, alpukat, kacang polong, ikan salmon, serta buah-buahan, seperti apel, pir, dan buah-buahan berry.

Untuk minyak goreng, Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Kunci diet rendah lemak adalah lebih banyak makan sayur dan buah yang mengandung lebih banyak serat.

  • Rajin berolahraga

Mulailah bergerak dengan berolahraga secara rutin minimal 30-60 menit setiap hari. Anda bisa melakukan olahraga yang praktis dan mudah, misalnya berjalan cepat atau bersepeda.

Cara mengatasi kolesterol ini diyakini sangat efektif sekaligus bisa menurunkan berat badan Anda. Jadi, jangan malas-malasan untuk bergerak.

  • Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dan mengganggu aliran darah. Oleh karena itu, berhentilah merokok jika tidak ingin terkena risiko penyakit jantung, stroke, dan komplikasi penyakit lainnya.

  • Menjaga berat badan yang ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas cenderung meningkatkan LDL dan menurunkan HDL. Maka dari itu, Anda wajib mengatur berat badan dengan menjalani pola hidup sehat.

Dibantu obat-obatan

Obat-obatan merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol
Obat-obatan dapat membantu mengatasi kolesterol

Bagi orang yang sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi, dokter biasanya juga akan ‘membekalinya’ dengan obat penurun kolesterol. Pengobatan juga akan diberikan bila Anda sudah melakukan cara mengatasi kolesterol tinggi di atas, namun tidak berhasil.

Beberapa jenis obat penurun kolesterol yang dimaksud, yakni statin, obat untuk meningkatkan kinerja hati agar lebih banyak membakar kolesterol, obat inhibitor, hingga obat suntik. Selain itu, dokter juga mungkin akan meminta Anda mengonsumsi obat-obatan berikut jika kolesterol tinggi Anda juga disebabkan oleh pengaruh trigliserida, yaitu:

  • Niacin: suplemen vitamin B untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).
  • Fenofibrate: membantu menurunkan kolesterol jahat.
  • Suplemen asam lemak omega-3: membantu menurunkan kolesterol jahat.

Selalu konsumsi obat dengan persetujuan dokter Anda. Pasalnya, kandungan dalam obat untuk trigliserida mungkin memiliki kontraindikasi dengan obat penurun kolesterol yang diresepkan oleh dokter.

akibat perkembangan pola sosial manusia dalam bermasyarakatHealthline. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/starting-treatment
Diakses pada 27 Januari 2020

Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/prevention-and-treatment-of-high-cholesterol-hyperlipidemia
Diakses pada 27 Januari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/diagnosis-treatment/drc-20350806
Diakses pada 27 Januari 2020

Artikel Terkait