Cara Mengatasi Keputihan dengan Bawang Putih, Ini Efek Sampingnya


Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih dapat dilakukan secara oral maupun topikal. Sebelum menerapkan metode ini, Anda harus memahami dulu efek samping yang berpotensi ditimbulkan.

(0)
Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih dan efek samping yang ditimbulkanCara mengatasi keputihan dengan bawang putih beserta efek sampingnya
Keputihan merupakan kondisi yang wajar terjadi pada wanita. Namun, dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan pada organ kewanitaan wanita, salah satunya infeksi jamur di vagina.Beragam cara bisa digunakan untuk mengatasi keputihan yang disebabkan infeksi jamur pada organ kewanitaan Anda, termasuk dengan memakai bawang putih. Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih bisa dilakukan secara oral maupun topikal. 

Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih

Sebelum mengambil tindakan penanganan, Anda harus mengetahui apa yang jadi penyebab keputihan. Jika kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi jamur, maka Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai salah satu pilihan untuk mengatasinya.
  • Oral

Anda dapat mengatasi gejala keputihan dengan mengonsumsi bawang putih. Mengonsumsi bawang putih secara mentah atau dicampurkan ke makanan dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur Candida albicans di vagina.Jika tidak menyukai rasa bawang putih, Anda bisa membeli produk yang dikemas dalam bentuk ekstrak atau tablet. Sebelum meminumnya, pastikan Anda sudah membaca label tentang dosis yang tertera pada kemasan terlebihh dahulu.
  • Topikal

Selain dengan mengonsumsi bawang putih secara langsung atau ekstrak, Anda juga dapat menggunakan krim ekstrak bawang putih untuk mencegah keputihan. Caranya, Anda disarankan untuk mengoleskannya hanya di bagian luar organ kewanitaan.Apabila Anda mengalami sensasi terbakar setelah mengoleskan krim ekstrak bawang putih ke bagian luar vagina, segera bersihkan dengan kain yang telah direndam dalam air dingin. Untuk mencegah risiko yang bisa ditimbulkan, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter jika hendak menggunakan krim ekstrak bawang putih untuk mengatasi infeksi jamur di vagina.

Bisakah bawang putih mengobati keputihan dengan dimasukkan langsung ke vagina?

Beberapa orang menyebut bahwa keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur bisa diatasi dengan memasukkan bawang putih ke dalam vagina. Kebanyakan dari mereka mengatakan, cara ini dapat membantu mengatasi gejala infeksi jamur di vagina.Hal ini sangat berisiko, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit sensitif karena dapat memicu munculnya sensasi terbakar pada vagina serta menyebabkan kerusakan kulit. Selain berisiko, belum ada penelitian ilmiah yang mendukung temuan tersebut .

Efek samping mengatasi keputihan dengan bawang putih

Saat menerapkan cara mengatasi keputihan dengan bawang putih, ada sejumlah efek samping yang mungkin akan muncul. Sejumlah efek samping yang mungkin Anda rasakan dari konsumsi bawang putih untuk mengatasi keputihan akibat infeksi jamur, di antaranya:
  • Sakit perut
  • Napas menjadi beraroma tidak sedap
  • Bau badan menjadi beraroma kurang enak
  • Heartburn (naiknya cairan asam lambung ke kerongkongan yang menimbulkan sensasi panas di dada)
Sementara itu, beberapa efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan krim bawang putih untuk mengatasi keputihan akibat infeksi jamur, antara lain:
  • Gatal
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Keputihan bertambah parah (pada beberapa orang)
Supaya terhindar dari risiko yang mungkin ditimbulkan, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberi rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan dan kondisi Anda.

Bisakah keputihan akibat infeksi jamur dicegah?

Cara mencegah keputihan akibat infeksi jamur yaitu dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu tumbuhnya jamur pada vagina. Berikut beberapa upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan:
  • Menggunakan pakaian longgar dan celana dalam berbahan katun
  • Menghindari memakai jeans atau celana ketat karena jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap
  • Mengganti baju renang maupun pakaian yang basah sesegera mungkin setelah selesai dipakai
  • Menghindari penggunaan parfum dan losion pada area sekitar vagina
  • Mengeringkan organ kewanitaan secara menyeluruh setelah mandi atau berenang,
  • Menghindari penggunaan vaginal douche (antiseptik pembersih vagina)
  • Menggunakan pelumas berbahan dasar air saat berhubungan seksual
  • Mandi setelah berhubungan seks atau melakukan seks oral
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan probiotik, salah satunya yogurt
  • Mengurangi konsumsi gula karena bisa membuat jamur tumbuh subur

Catatan dari SehatQ

Bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi keputihan yang dipicu oleh infeksi jamur pada vagina. Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih dapat dilakukan secara oral maupun topikal.Sebelum menggunakan bawang putih untuk mengatasi keputihan akibat infeksi jamur, pahami dulu efek samping yang mungkin ditimbulkan masing-masing metode. Untuk mengurangi risiko yang berpotensi muncul, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menerapkan cara ini.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal cara mengatasi keputihan dengan bawang putih dan efek samping yang mungkin ditimbulkan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
infeksi jamurkeputihankesehatan vaginabawang putih
Healthline. https://www.healthline.com/health/garlic-for-yeast-infection
Diakses pada 6 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317935
Diakses pada 6 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait