Habis Lebaran Terbitlah Lelah, Atasi dengan Cara Ini!

17 Jun 2019 | Oleh Nina Hertiwi Putri
Ditinjau oleh dr. Reni Utari
Kondisi fisik dan mental Anda bisa lelah, seusai menempuh perjalanan mudik Lebaran.
Menempuh perjalanan jauh ketika mudik, bisa membuat Anda lelah secara fisik dan mental.

Bagi Anda yang sudah melewati perjalanan arus balik hingga berjam-jam lamanya, rasa lelah tidak dipungkiri pasti akan menghampiri. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara mengatasi kelelahan yang bisa Anda coba.

Rasa lelah yang timbul juga tidak melulu soal fisik. Tidak jarang, lelah secara mental juga terjadi, terutama jika harus menembus kemacetan. Bertemu banyak orang saat hari Lebaran pun, bisa jadi kegiatan yang melelahkan secara pikiran.

[[artikel-terkait]]

Cara mengatasi kelelahan fisik usai mudik Lebaran

Mengatasi kelelahan secara fisik maupun mental dengan baik, bisa jadi persiapan untuk Anda kembali ke rutinitas sehari-hari, seperti bekerja, dengan energi yang penuh.

Meski melelahkan dan membutuhkan banyak biaya, mudik sudah menjadi tradisi yang tidak bisa ditinggalkan setiap Lebaran. Sehingga, menghindari mudik agar tidak lelah, Anda bisa mencoba cara untuk mengatasi kelelahan yang pasti akan timbul, dengan cara berikut ini.

1. Tidur dengan cukup

Dengan berbagai rangkaian kegiatan yang harus dilalui saat Lebaran, tidak heran jika Anda menjadi kurang tidur saat mudik. Karena itu, setelah kembali ke rumah, pastikan Anda tidur dengan cukup, agar energi di tubuh bisa kembali penuh.

Coba untuk tidur selama 6-8 jam per hari. Selain itu, agar lebih mudah tertidur, hindari pemakaian telepon genggam di kasur. Anda bisa melakukan kegiatan yang membuat tubuh lebih rileks sebelum tidur, seperti berendam air hangat atau membaca buku kesukaan.

2. Lebih banyak bergerak

Ketika tubuh terasa lelah, Anda mungkin menghindari untuk berolahraga. Namun tahukah Anda, berolahraga justru dapat meningkatkan energi di tubuh?

Anda tidak perlu melakukan olahraga yang melelahkan atau terlalu berat, untuk mendapatkan manfaat tersebut. Hanya dengan aktivitas fisik ringan seperti bersepeda santai atau berjalan kaki selama 10 menit, energi di tubuh Anda akan meningkat.

3. Hindari konsumsi gula berlebih

Mengonsumsi gula memang bisa meningkatkan energi. Namun, energi yang terbentuk dari gula dengan cepat, juga bisa hilang sesegera mungkin, sehingga hanya membuat dorongan energi dalam jangka pendek.

Karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi gula dan menggantinya dengan makanan sehat, yang mengandung serat, seperti sayuran dan gandum.

4. Banyak minum air 

Konsumsi cairan dapat memengaruhi suasana hati, fungsi otak, dan tingkat energi di tubuh. Jika kurang mengonsumsi air, maka Anda akan merasa lebih lelah. Oleh karena itu, pastikan Anda minum cukup air.

5. Konsumsi makanan bergizi

Kelelahan erat kaitannya dengan tingkat energi yang rendah, serta pola makan. Sehingga, memperhatikan asupan makanan maupun minuman yang Anda konsumsi, merupakan salah satu cara mengatasi kelelahan yang bisa Anda coba.

Pilihlah makanan maupun minuman dengan nilai gizi yang tinggi, dan hindari makanan serta minuman kemasan yang dapat membuat tingkat energi di tubuh kembali menurun.

Cara mengatasi kelelahan mental usia mudik Lebaran

Saat Lebaran, hal-hal seperti memikirkan pengeluaran, bertemu dengan begitu banyak sanak saudara, mengkhawatirkan arus mudik dan arus balik, hingga makanan yang masuk ke tubuh, bisa menyebabkan pikiran kita menjadi lelah.

Agar pikiran kembali jernih, tiga cara di bawah ini bisa Anda lakukan.

1. Menikmati pemandangan

Agar pikiran kembali rileks, sesekali nikmatilah pemandangan hijau dengan pohon-pohon di sekitar Anda. Bahkan, untuk Anda yang akan kembali bekerja setelah mudik Lebaran, melihat dedaunan atau rumput, dipercaya bisa membantu Anda untuk lebih fokus saat bekerja.

2. Olahraga

Tidak hanya secara fisik, manfaat olahraga untuk mental juga tidak kalah pentingnya. Olahraga akan membantu Anda berkonsentrasi. Sebab, aktivitas fisik yang dijalani, akan membantu memperlancar aliran darah ke otak.

Olahraga juga dipercaya dapat memperbaiki suasana hati, kreativitas, serta daya ingat Anda.

3. Beri jeda istirahat

Setelah melewati begitu banyak hal saat Lebaran, Anda pantas untuk mendapatkan waktu untuk santai dan beristirahat agar pikiran kembali tenang. Jika memungkinkan, beristirahatlah di rumah, sebelum kembali masuk kerja.

Habis Lebaran terbitlah lelah. Isi kembali energi Anda dengan cara mengatasi kelelahan di atas. Semoga, Anda bisa kembali bugar untuk kembali menghadapi rutinitas harian.

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top