logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

7 Cara Mengatasi Kecetit yang Bisa Dilakukan Sendiri

open-summary

Cara mengatasi kecetit antara lain dengan kompres hangat dan dingin, obat pereda nyeri, mengubah posisi tubuh, serta istirahat yang cukup. Pada kondisi parah, pemeriksaan oleh dokter perlu segera dilakukan.


close-summary

14 Feb 2021

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara mengatasi kecetit bisa dilakukan sendiri di rumah selama kondisinya tidak parah

Cara mengatasi kecetit salah satunya dengan kompres dingin atau konsumsi obat pereda nyeri

Table of Content

  • Obat kecetit untuk redakan nyeri
  • Kapan kondisi kecetit harus diperiksakan ke dokter?

Untuk mengatasi kecetit, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri, seperti mengompresnya dengan kompres dingin, dan mengubah posisi tubuh ke arah tertentu. Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol.

Advertisement

Kecetit sebenarnya bukanlah kondisi yang spesifik. Sebutan ini biasanya dikeluarkan saat seseorang merasa mengalami sakit di persendian, terutama area pinggang.

Secara medis, rasa nyeri di persendian yang muncul tiba-tiba bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun kondisi kecetit sendiri umumnya kerap dihubungkan dengan saraf kejepit, maupun low back pain alias sakit pinggang.

Obat kecetit untuk redakan nyeri

Saat mengalami kecetit, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan nyerinya yang sangat mengganggu, seperti:

Kompres hangat bisa jadi cara meredakan kecetit
Kompres hangat bisa jadi metode meredakan nyeri karena kecetit

1. Kompres hangat

Kompres hangat dapat membantu membuat otot maupun jaringan di sekitar area yang kecetit, menjadi lebih rileks, sehingga lebih mudah digerakkan dan rasa nyerinya mereda.

Suhu hangat tersebut juga akan melancarkan aliran darah ke area yang cedera, sehingga proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat.

Saat mengompres area yang kecetit, pastikan Anda tidak menggunakan air yang terlalu panas karena berisiko melukai kulit.

Gunakan air hangat untuk merendam handuk bersih atau kain, kemudian peras dan tempelkan ke area yang nyeri selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari hingga rasa sakit mereda.

2. Kompres dingin

Kompres dingin memiliki fungsi yang berbeda dari kompres hangat. Suhu dingin akan membantu meredakan peradangan dan pembengkakan di area yang kecetit.

Untuk melakukannya, Anda dapat membungkus es batu dengan kain atau handuk bersih dan menempelkannya ke area yang sakit selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari hingga kondisi mereda.

3. Istirahat yang cukup

Saat kecetit, pastikan Anda mengurangi aktivitas dan perbanyak istirahat, terutama waktu tidur yang cukup. Saat tidur, tubuh akan memulai proses perbaikan jaringan yang rusak, termasuk saraf saat terjadi saraf terjepit.

Pada banyak kasus, istirahat dan tidur yang cukup bisa membantu nyeri kecetit sembuh dengan sendirinya. Hal ini juga akan menghindari penggunaan berlebihan dari saraf dan otot yang cedera yang dapat memperparah kondisi.

4. Memperbaiki postur tubuh

Seringkali, kecetit terjadi karena Anda salah posisi duduk, berdiri, ataupun tidur. Salah posisi ini akan membuat kerusakan di otot dan saraf, memicu terjadinya saraf kejepit.

Maka dari itu, untuk meredakannya, Anda perlu memperbaiki posisi tubuh agar kondisi tidak bertambah parah.

Menggunakan bantal duduk, bantal leher, hingga menyesuaikan tinggi kursi dengan layar komputer, bisa menjadi salah satu cara untuk memperbaiki posisi saat duduk dan membantu pemulihan saraf kejepit menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Jenis Vitamin yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Sendi

Obat ibuprofen atau paracetamil bisa jadi obat kecetit
Obat kecetit antara lain ibuprofen dan paracetamol

5. Obat pereda nyeri

Mengonsumsi obat pereda nyeri bisa mengobati nyeri akibat kecetit dalam waktu yang cukup singkat. Anda dapat mengonsumsi obat golongan antiinflamasi non-steroid (NSAID) seperti ibuprofen.

Untuk alternatif yang lebih aman bagi Anda yang alergi obat golongan NSAID, paracetamol juga bisa membantu meredakan nyeri.

Perbedaannya, selain meredakan nyeri, obat golongan NSAID juga bisa meredakan peradangan di jaringan. Sementara itu, paracetamol hanya akan meredakan nyeri.

6. Lakukan peregangan ringan

Saat mengalami kecetit, Anda dapat mencoba melakukan peregangan ringan alias stretching untuk membuat jaringan di sekitar area yang sakit, menjadi lebih rileks.

Namun jika saat melakukan peregangan rasa nyeri yang timbul menjadi lebih parah, sebaiknya segera hentikan gerakan tersebut untuk mencegah kondisi semakin buruk.

7. Pijat

Perawatan lain untuk kecetit adalah pijat. Memijat tubuh dengan cara yang tepat bisa membantu otot-otot di tubuh terasa lebih rileks.

Namun, ingat untuk tidak memijat terlalu keras karena hal ini justru akan memperparah kondisi kecetit. Pijat dengan perlahan di permukaan area yang cedera sedikit demi sedikit dapat meredakan ketegangan dan membantu otot menjadi rileks, sambil melakukan langkah pengobatan lainnya.

Perlu diingat, tidak semua kondisi kecetit bisa diobati sendiri di rumah. Pada beberapa kasus, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang paling sesuai.

Baca Juga

  • Ternyata Nyeri Pinggang Dapat Dipengaruhi oleh Faktor Psikologis
  • Penyebab Pegal Linu Tidak Sembuh-Sembuh dan Cara Mengatasinya
  • 6 Penyebab Sakit Bokong Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Kapan kondisi kecetit harus diperiksakan ke dokter?

Pada beberapa kasus, kecetit sebaiknya tidak diobati sendiri. Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami kondisi di bawah ini.

  • Rasa nyeri yang dirasakan cukup parah
  • Rasa nyeri, kesemutan, dan mati rasa tidak juga hilang meski sudah minum obat
  • Rasa nyeri hilang, tapi sering kambuh
  • Kondisi kecetit sampai memengaruhi kesehatan kandung kemih sehingga sulit mengontrol buang air
  • Membuat kaki sulit bergerak atau terlalu lemas untuk bergerak
  • Kesulitan menggenggam sesuatu atau mudah menjatuhkan barang
  • Sudah melakukan semua langkah pengobatan rumahan, tapi kondisi tak kunjung membaik

Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk melihat kondisi jaringan di area yang kecetit. Pemeriksaan rontgen dengan metode MRI mungkin akan dilakukan. Setelah melihat kondisi keparahan cedera yang dialami, dokter akan menentukan perawatan yang paling sesuai.

Beberapa pasien membutuhkan fisioterapi. Sebagian lagi ada yang akan diresepkan obat khusus. Pada kasus yang parah, operasi untuk mengatasi kecetit juga mungkin dilakukan.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kecetit, nyeri sendi, saraf kejepit, pegel linu, maupun gangguan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

nyeri pinggulsaraf terjepitnyeri ototsakit pinggang

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved