6 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online yang Patut Dicoba

(0)
20 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi kecanduan game online memang tidak mudah, tapi harus dilakukan demi kesehatan!Cara mengatasi kecanduan game online sangat beragam, salah satunya lebih rajin bersosialisasi.
Cara mengatasi kecanduan game online memang sangat menantang, terutama bagi mereka yang tak bisa lepas dari game kesayangannya. Namun, demi menjaga kesehatan, tentu membatasi jam main game harus dilakukan.

6 cara mengatasi kecanduan game online

Tidak ada salahnya bermain game, apalagi untuk menghilangkan kebosanan. Namun, ketika Anda sudah kecanduan, kesehatan fisik dan mental bisa dirugikan. Maka dari itu, kenalilah berbagai cara mengatasi kecanduan game online ini.

1. Buat jadwal main game yang ketat

Cara mengatasi kecanduan game online yang sangat efektif adalah membuat jadwal  maingame yang ketat. Dengan begitu, Anda jadi bisa membagi waktu antara bermain game dan mengerjakan kewajiban Anda. Selain itu, jangan jadikan jadwal main game ini sebagai pajangan saja, Anda harus konsisten dalam mematuhinya.Tidak hanya itu, cobalah biasakan untuk membatasi waktu dalam bermain game. Dengan begitu, Anda bisa menuliskannya di dalam sebuah catatan sebagai pengingat. Dengan begitu, Anda bisa mengulas kembali waktu yang Anda gunakan untuk bermain game.

2. Letakkan smartphone dan konsol di luar kamar

cara mengatasi kecanduan game online tidaklah mudah, namun harus dilakukan demi kesehatan
Jangan letakkan smartphone dan konsol di kamar!
Mereka yang hobi bermain game, cenderung menaruh smartphone dan konsolnya di kamar tidur. Hal ini biasanya dilakukan untuk mempermudah akses mereka untuk bermain game hingga larut malam sambil rebahan di kasurnya.Untuk mengatasi kecanduan game online ini, cobalah untuk meletakkan smartphone dan konsol jauh-jauh dari kamar Anda. Hal ini diharapkan dapat mengurangi waktu yang Anda gunakan untuk bermain game.

3. Sibukkan diri

Sibukkan diri dengan berbagai macam aktivitas lain, misalnya berolahraga, dapat menjadi cara mengatasi kecanduan game online yang sangat efektif. Selain bisa mengalihkan hadapan Anda dari layar smartphone atau televisi, berolahraga juga baik untuk kesehatan.Perlu diketahui, duduk terlalu lama saat bermain game dapat menyebabkan kerugian pada tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk menyibukkan diri dengan aktivitas lain supaya tetap aktif bergerak.

4. Bersosialisasi dengan teman dan keluarga

Bermain game memang sangat seru, apalagi jika dlakukan bersama teman-teman. Namun ingatlah, bersosialisasi dengan kerabat dan keluarga di kehidupan nyata juga sama pentingnya.Bersosialisasi dan bersenda gurau bersama teman dan keluarga adalah cara mengatasi kecanduan game online yang ampuh. Untuk sementara waktu, Anda dapat membebaskan diri dari kecanduan game online untuk berinteraksi dengan orang-orang di kehidupan nyata.

5. Mengeksplor bakat di dunia nyata

Untuk menghindari kecanduan game online, Anda harus memulai gaya hidup baru untuk mengeksplorasi bakat di dunia nyata.Misalnya, Anda suka memasak dan meracik makanan. Cobalah untuk mencari tahu resep dari dunia maya, kemudian mencoba memasaknya di rumah bersama keluarga, sambil mengasah kemampuan dan mengeksplor bakat!Hal ini dilakukan untuk mencari kebiasaan atau gaya hidup baru yang Anda senangi supaya kemudian melepaskan diri dari belenggu game online.

6. Minta bantuan keluarga dan teman

Jangan pernah meremehkan bantuan keluarga dan teman untuk menyelamatkan Anda dari kecanduan game online.Jika memang kebiasaan main game sudah merusak hubungan Anda dengan orang di sekitar, maka salah satu cara efektif untuk mengatasinya adalah meminta bantuan mereka.Dengan meminta bantuan orang-orang terdekat, Anda mungkin akan mendapatkan saran atau pandangan baru untuk melepaskan diri dari kecanduan game online. Dengan begitu, Anda dapat menjalin kembali hubungan dengan anggota keluarga, pasangan, atau teman-teman dekat.

Ciri-ciri kecanduan game online yang harus diwaspadai

Cara mengatasi kecanduan game online sangat menantang
Kenali ciri-ciri kecanduan game di diri Anda
Selain memahami berbagai cara mengatasi kecanduan game online, Anda juga disarankan untuk memahami beberapa ciri kecanduan game online yang harus diwaspadai, di antaranya:
  • Memikirkan video game favorit terus-menerus
  • Merasa tidak enak saat sedang jauh dari video game
  • Merasa ingin menghabiskan waktu lebih dalam bermain game
  • Tidak bisa berhenti atau mengurangi jam bermain game
  • Tidak ingin melakukan aktivitas lain selain bermain game
  • Munculnya masalah di sekolah, pekerjaan, dan rumah akibat bermain game
  • Berbohong terhadap orang lain terkait lamanya waktu yang Anda habiskan untuk main game
  • Bermain game untuk obati suasana hati yang tak menentu.
Jika Anda merasa masuk dalam kriteria kecanduan game di atas, ada baiknya Anda melakukan berbagai cara mengatasi kecanduan game online yang sudah dijelaskan.

Bahaya main game terlalu sering

Selain merusak hubungan sosial, bermain game terlalu sering dapat berdampak buruk pada kesehatan. Berikut adalah bahaya main game yang bisa merugikan kesehatan:
  • Nyeri otot

Dalam sebuah laporan dalam British Medical Journal, para peneliti menemukan bahwa bermain video berjam-jam tanpa ada jeda, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri otot.
  • Kekurangan vitamin D

Salah satu sumber alami vitamin D adalah sinar matahari. Saat Anda menghabiskan waktu terlalu lama di dalam rumah untuk bermain game, Anda bisa saja mengalami kekurangan vitamin D.
  • Perubahan fisik

Bermain game berjam-jam tanpa jeda, cenderung membuat seseorang akan begadang. Selain itu, terlalu fokus bermain game juga bisa membuat seseorang lupa makan.Hal-hal ini dapat menyebabkan perubahan fisik yang merugikan, seperti obesitas, kulit pucat, postur tubuh yang kurang baik, hingga lingkaran hitam di mata alias mata panda.
  • Kekurangan tidur

Menurut studi dari The American Academy of Sleep, seseorang yang sudah kecanduan game akan mengalami kekurangan jam tidur. Tidak hanya itu, kualitas tidurnya pun juga bisa menurun akibat bermain game terlalu lama.

Catatan dari SehatQ:

Tidak ada yang melarang Anda bermain game, apalagi jika memang itu adalah hobi Anda. Namun ingat, bermain game berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental. Maka dari itu, mengenal berbagai cara mengatasi kecanduan game online tentunya sangat penting.Untuk mengetahui cara mengatasi kecanduan game online secara lengkap dan lebih jelas lagi, cobalah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan mentalkecanduan main gamegadgethidup sehat
Web MD. https://www.webmd.com/mental-health/addiction/video-game-addiction#1
Diakses pada 6 Oktober 2020
Psych Central. https://psychcentral.com/lib/coping-with-video-game-addiction/
Diakses pada 6 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322478#treatment
Diakses pada 6 Oktober 2020
Health Central. https://www.healthcentral.com/slideshow/ways-video-games-are-bad-for-your-health
Diakses pada 6 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait