Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengisap Jempol pada Anak

Kebiasaan mengisap jempol tidak dapat dihilangkan secara instan, melainkan perlahan-lahan
Kebiasaan mengisap jempol termasuk kebiasaan buruk yang harus dihilangkan

Kebiasaan mengisap jempol pada awalnya terlihat normal karena anak ingin merasa nyaman dan aman seperti saat masih bayi.

Tetapi, jika kebiasaan ini dibiarkan secara terus-menerus, maka anak akan terus menghisap jempolnya. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi perkembangan psikis dan gigi anak.

Para ahli di bidang psikologi, pediatrik, dan kedokteran gigi anak menjelaskan bahwa ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan mengisap jempol pada anak.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengisap Jempol pada Anak

Kebiasaan mengisap jempol tidak dapat hilang secara instan. Untuk menghilangkannya kebiasaan buruk ini secara pelan-pelan, orangtua dapat mengikuti cara-cara menghilangkan kebiasaan mengisap jempol pada anak berikut ini:

  • Batasi waktu anak boleh mengisap jempolnya saat akan tidur di rumah, namun tidak boleh di depan umum. Jelaskan pada balita Anda bahwa ini hanya aktivitas menjelang tidur.

  • Jangan membuat anak marah atau frustrasi karena dilarang mengisap jempol. Sebaliknya, berempati dan berikan pujian ketika ia tidak mengisap jempolnya lagi.

  • Berbicaralah pada anak bahwa Anda akan selalu ada untuk membantunya berhenti menghisap jempol. Jika ia berhasil, Anda akan memberikannya hadiah atau mainan favorit.

  • Praktekkan kesadaran diri anak. Kadang-kadang anak tidak sadar bahwa ia sedang mengisap jempol. Tanyakan pada anak, apakah ia tahu jika sekarang ia sedang mengisap jempol? Jika anak berkata tidak, bantu anak mengenali kebiasaan buruknya itu dan temukan cara lain untuk membuatnya nyaman. Misalnya, memegang selimut atau memeluk boneka.

  • Ketika anak terluka, sedih, atau frustrasi karena sesuatu dan mengisap jempolnya, tidak perlu dilarang. Hal ini hanya akan membuat anak akan trauma dan tantrum.

  • Jangan menggunakan barang-barang yang ada di pasaran untuk menghentikan kebiasaan mengisap jempol.

  • Orangtua bisa melakukan langkah-langkah yang kreatif untuk menemukan cara mengatasi kebiasaan mengisap jempol anak. Misalnya, Anda bisa menanyakan pada anak tentang idolanya. "Apakah menurut adik Spider-man mengisap ibu jarinya?". Anak akan memikirkan hal ini dan mulai memproses apakah mereka ingin mengisap jempol atau tidak.

  • Jangan memasangkan anak sarung tangan karena hal ini hanya membuat anak semakin frustrasi dan memperparah kebiasaannya. Bahkan, kebiasaan buruk ini bisa berlanjut hingga dewasa.

Ingatlah bahwa sebenarnya kebiasaan mengisap jempol sudah dilakukan saat mereka masih dalam kandungan ibu.

Meskipun orangtua tidak menyukai kebiasaan mengisap jempol anak, kebiasaan ini memang dapat membuat anak merasa nyaman dan tenang. Praktekkan beberapa tips di atas secara perlahan-lahan untuk mengatasi kebiasaan tersebut. Pada akhirnya, anak-anak akan menyerah dengan sendirinya.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/9-ways-to-wean-a-child-off-thumb-sucking

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/thumb-sucking/art-20047038

Artikel Terkait

Banner Telemed