Inilah Cara Mengatasi Insomnia yang Dapat Dilakukan dengan Efektif

Kebiasaan tidur yang baik, dengan jadwal tidur rutin dan teratur, merupakan cara mengatasi insomnia efektif
Insomnia dapat diatasi dengan melakukan kebiasaan tidur yang baik

Insomnia merupakan gangguan tidur yang dapat berpengaruh pada keseharian seseorang. Setiap orang yang memiliki masalah insomnia akan kesulitan untuk menjalani rutinitas sehari-hari mereka. Penderita insomnia biasanya memiliki berbagai hal yang menyebabkan kurangnya tidur, seperti masalah kesehatan, masalah pribadi, dan stres yang memengaruhi kemampuan untuk tidur.

Setiap orang dapat mengalami insomnia, namun insomnia lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa pada wanita di segala usia dilaporkan memiliki kualitas tidur yang lebih buruk dibandingkan dengan pria. Hal ini ditandai dengan waktu yang lebih lama untuk tidur, waktu tidur yang lebih singkat, dan merasa mengantuk setelah terbangun. Hal apa saja yang dapat dilakukan untuk bisa mengatasi masalah tidur ini?

Pengobatan Insomnia

Insomnia akut terkadang tidak memerlukan pengobatan. Jenis insomnia ini dapat dicegah dan diobati dengan menjalankan kebiasaan tidur teratur dan rutin. Namun, jika insomnia sampai membuat Anda sulit untuk bekerja dengan optimal di siang hari karena mengantuk, Anda perlu berkonsultasi ke dokter agar diberikan pengobatan yang sesuai. Pengobatan yang dimaksud ditujukan untuk mencegah penderita insomnia tertidur di siang hari. Hindari penggunaan obat-obatan bebas dengan efek samping yang dapat memperparah kondisi insomnia.

Sementara itu, pengobatan untuk insomnia kronis dilakukan dengan mendiagnosis terlebih dahulu penyebab utama dari insomnia tersebut, misalnya karena penyakit tertentu. Konsultasikan kondisi tersebut kepada dokter. Apabila insomnia terus berlanjut, dokter kemungkinan akan menyarankan terapi perilaku untuk meningkatkan kualitas tidur. Teknik seperti relaksasi dan terapi tidur terbatas dapat membantu penderita insomnia mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Cara Mengatasi Insomnia: Kebiasaan Tidur yang Baik

Kebiasaan tidur yang baik, dengan jadwal tidur rutin dan teratur, dapat membantu penderita insomnia untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Berikut beberapa cara mengatasi insomnia yang dapat dilakukan melalui kebiasaan tidur yang baik:

  1. Pergi tidur di waktu yang sama pada setiap malam, dan bangun di waktu yang sama di setiap pagi.
  2. Hindari tidur siang karena tidur siang bisa menyebabkan kurang mengantuk dan terjaga di malam hari.
  3. Hindari penggunaan gawai dalam bentuk apa pun, karena sinar yang dihasilkan oleh layar gawai dapat membuat seseorang kesulitan untuk tidur.
  4. Hindari konsumsi kafein, nikotin, dan alkohol di malam hari. Kafein dan nikotin merupakan zat stimulan yang mencegah Anda untuk tidur. Sementara alkohol bisa mengganggu kualitas tidur karena dapat menyebabkan seseorang terbangun di malam hari.
  5. Berolahraga setidaknya 3-4 jam sebelum waktu tidur.
  6. Tidak makan terlalu banyak di malam hari.
  7. Buat ruangan senyaman mungkin untuk tidur, misalnya matikan lampu dan atur suhu kamar agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin.
  8. Lakukan rutinitas yang baik untuk membantu tidur, misalnya membaca buku, mendengarkan lagu, atau mandi sebelum tidur.
  9. Jika tidak kunjung mengantuk, lakukan kegiatan-kegiatan ringan seperti pada poin sebelumnya.
  10. Buat daftar mengenai apa saja yang perlu dilakukan keesokan harinya, agar tidak memikirkan hal-hal yang membuat cemas.

FloHealth. https://flo.health/menstrual-cycle/lifestyle/sleep/insomnia-in-women
Diakses pada April 2019

Office on Women’s Health. https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/insomnia
Diakses pada April 2019

WebMd. https://www.webmd.com/sleep-disorders/guide/insomnia-symptoms-and-causes#2
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed