Mengatasi impoten bisa dilakukan dengan beberapa cara alternatif seperti dengan gingseng merah
Impotensi bisa menimpa setiap pria. Cari tahu cara mengatasi impoten di bawah ini.

Selain ejakulasi dini, salah satu gangguan lain yang dialami oleh para pria adalah impotensi. Kondisi terjadi saat pria tidak mengalami atau tidak mampu mempertahankan ereksi ketika melakukan hubungan seksual.

Tentunya masalah ini sangat mengganggu kaum pria, khususnya bagi para suami. Serupa dengan ejakulasi dini, impotensi dapat mengganggu rumah tangga dan kualitas hubungan suami istri.

Ada beberapa cara mengatasi impoten yang dapat dilakukan. Mengonsumsi suplemen atau tanaman obat tertentu, serta melakukan teknik tertentu dapat menjadi alternatif cara mengatasi impoten.

Cara mengatasi impoten

Impoten atau impotensi merupakan suatu gangguan untuk para pria yang cukup meresahkan. Bagi para pria yang ingin menempuh jalur alternatif sebagai cara mengatasi impoten, maka Anda dapat mencoba cara-cara mengatasi impoten di bawah ini: 

1. L-arginine

L-arginine merupakan asam amino yang secara alami sudah ada dalam tubuh dan berfungsi untuk membuat oksida nitrat (nitric oxide) yang dapat membuat pembuluh darah menjadi rileks serta membantu memicu ereksi.

Serupa dengan DHEA, cara mengatasi impoten yang satu ini dapat ditemukan dalam bentuk suplemen. Secara umum, L-arginine aman untuk dikonsumsi, tetapi terdapat efek samping yang mungkin dapat dialami, yaitu mual, kram, dan diare.

2. Propionyl L-carnitine

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 di Italia  menemukan bahwa konsumsi suplemen propionyl L-carnitine dapat membantu pria yang mengalami impotensi. Namun, penggunaan suplemen ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

3. Dehydroepiandrosterone (DHEA)

DHEA sebenarnya merupakan salah satu hormon yang secara alami diproduksi oleh tubuh. Dalam tubuh, DHEA dapat diubah menjadi testosteron dan estrogen. Cara kerja DHEA belum diketahui secara pasti, namun beberapa penelitian menunjukkan DHEA dapat membantu keadaan impoten pada pria.

DHEA dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen dan biasanya terbuat dari ubi liar (wild yam) dan kedelai. Perlu diketahui bahwa konsumsi DHEA yang berlebih mungkin dapat menyebabkan jerawat.

4. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba yang merupakan tanaman obat dari Cina dapat menjadi alternatif cara mengatasi impoten. Ginkgo biloba dapat meningkatkan aliran darah ke penis dan memicu ereksi.

Akan tetapi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ginkgo biloba, terutama jika Anda mengalami masalah yang berhubungan dengan peredaran darah atau mengonsumsi obat pengencer darah.

5. Memperbaiki gaya hidup

Cara mengatasi impoten yang paling mendasar adalah dengan mengganti gaya hidup Anda. Anda harus berhenti merokok dan menghindari konsumsi alkohol serta narkotika.

Obesitas merupakan salah satu penyebab dari impoten. Oleh sebab itu, menurunkan berat badan dapat menjadi cara mengatasi impoten. Berolahraga tidak hanya dapat menurunkan berat badan tetapi juga melancarkan peredaran darah dan mengurangi stres.

Impoten juga dapat diakibatkan oleh stres dan masalah dalam hubungan dengan pasangan. Oleh karenanya, carilah cara untuk mengatasi stres dan diskusikan masalah yang dialami dengan pasangan. Anda dapat meminta bantuan dari psikolog ataupun konselor.

6. Ginseng merah (ginseng panax)

Kandungan ginsenosida dalam ginseng merah dapat meningkatkan ereksi. Selain itu, ginseng merah juga dapat meningkatkan fungsi paru-paru, melancarkan peredaran darah, dan mengurangi radang.

7. Yohimbe

Yohimbe berasal dari ekstrak batang pohon cemara di Afrika Barat. Yohimbe dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen sebagai cara mengatasi impoten.

Yohimbe dapat mempertahankan ereksi, meningkatkan gairah dan performa seksual, meningkatkan adrenalin dan aliran darah ke penis, menstimulasi saraf panggul, serta mengaktivasi saraf di penis untuk memproduksi oksida nitrat.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen yohimbe, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena terdapat beberapa efek samping yang dapat dialami, yaitu meningkatnya tekanan darah dan jantung, mudah kesal, serta tremor.

8. Akupuntur

Akupuntur dapat menjadi salah satu alternatif cara mengatasi impoten tanpa menggunakan obat. Anda perlu mengikuti beberapa sesi sebelum mengalami efek positif dari akupuntur. Pastikan ahli akupuntur yang dipilih adalah yang profesional.

Meskipun demikian, studi mengenai efek akupuntur terhadap impotensi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Kapan harus konsultasi ke dokter?

Berbagai suplemen dan tanaman herbal atau obat yang disebutkan di atas haruslah dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Gianfrili, D., Lauretta, R., Dato, C.D., Graziadio, C., Pozza, C., Larichaudy, J.D., Giannetta, E., Isidori, A.M., & Lenzi, A. (2012). Propionyl-L-carnitine, L-arginine and niacin in sexual medicine: A nutraceutical approach to erectile dysfunction. Andrologia, 44, 600-604. doi:  10.1111/j.1439-0272.2011.01234.x

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/yohimbe
Diakses pada 22 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/ed-natural-treatments
Diakses pada 22 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/herbs#maca
Diakses pada 22 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction
Diakses pada 22 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/erectile-dysfunction/diagnosis-treatment/drc-20355782
Diakses pada 22 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/316291.php
Diakses pada 22 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-l-arginine#1
Diakses pada 22 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diet/dhea-supplements#1
Diakses pada 22 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed