Rindu Keluarga, Ini Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau

Ada banyak cara mengatasi homesick yang dirasakan anak rantau, seperti video call dan curhat dengan sahabat
Untuk mengatasi homesick, manfaatkan teknologi dengan lakukan video call

Entah saat ini tengah menuntut ilmu di luar kota, atau bekerja di perusahaan yang lokasinya di luar pulau, merantau tak jarang menjadi pilihan hidup. Jika Anda merupakan anak rantau, perasaan homesick tentu bisa menghampiri.

Perasaan homesick adalah tekanan yang dirasakan anak rantau, saat sedang berada jauh rumah dan keluarga, dalam waktu yang tak sebentar. Secara teknis, perasaan homesick dikenal sebagai rasa cemas terhadap perpisahan atau separation anxiety.

Pada tataran yang lebih parah, perasaan homesick diklasifikasikan sebagai gangguan penyesuaian, dengan kombinasi antara rasa cemas dan suasana hati yang tertekan.

Anda tentu tak ingin perasaan homesick menghalangi aktivitas sehari-hari, serta berbagai rencana di masa depan. Cara mengatasi homesick bagi anak rantau, sangat diperlukan, jika homesick yang dirasakan, sudah berlebihan.

Untuk anak rantau, ini cara mengatasi homesick

Agar rindu tak menjelma menjadi perasaan negatif, yang menghalangi tujuan Anda sebagai anak rantau, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Cara mengatasi homesick saat merantau berikut ini, diharapkan bisa mengurangi perasaan kesepian Anda.

1. Sadari bahwa homesick adalah hal yang normal

Perasaan rindu keluarga dan rumah alias homesick, merupakan kondisi normal, ketika Anda merantau. Saat pertama kali merantau, Anda akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan tempat tinggal dan lingkungan baru. Untuk meringankan kesepian yang Anda alami, Anda bisa bercerita dengan teman-teman terdekat.

2. Senantiasa keep in touch dengan orang rumah

Untuk mengendalikan dan mengatasi homesick, selalu luangkan waktu untuk menghubungi keluarga Anda. Dengan teknologi mutakhir saat ini, Anda bisa menelepon, chatting, hingga melakukan panggilan video dengan mudah.

3. Sibukkan diri

Perasaan homesick yang berlebihan dapat Anda atasi dengan menjalani beragam aktivitas. Di samping kesibukan sehari-hari, Anda juga melakukan hal-hal menyenangkan dan kegiatan positif lainnya.

Beberapa ide aktivitas untuk mengendalikan perasaan homesick antara lain dengan mengikuti latihan olahraga, bergabung dalam komunitas pecinta hewan, hingga melakukan bakti sosial.

4. Bawa sedikit barang dari rumah

Saat mudik, bawalah beberapa barang dari rumah seperti guling, piyama kesayangan, atau foto dari ayah dan ibu ke daerah tempat Anda merantau. Membawa barang-barang tersebut, dianggap bisa mengobati kerinduan terhadap keluarga terkasih.

Tentunya, tips ini juga sangat dianjurkan, jika Anda berencana untuk merantau dan pindah kota dalam waktu mendatang.

5. Curhat dengan sahabat

Anda tak bisa menyepelekan kekuatan dari curhat, termasuk saat homesick. Bercerita pada sahabat, bisa meringankan beban pikiran Anda.

Jangan tolak juga ajakan teman, untuk melakukan hal-hal menyenangkan dan kegiatan positif bersama-sama.

6. Merawat hewan peliharaan

Apabila memungkinkan, cobalah untuk mengadopsi dan merawat hewan peliharaan. Menurut ahli, memiliki anjing lucu sebagai hewan peliharaan, dapat mengatasi perasaan homesick yang berlebihan.

Memelihara kucing pun bisa membantu mengendalikan rasa sepi dan rindu rumah yang mendera. Tak hanya mengikis homesick, merawat hewan peliharaan juga membantu mengendalikan kondisi depresi, rasa cemas, dan stres.

Perlukah anak rantau mencari bantuan ahli, untuk mengatasi homesick?

Jika homesick sudah sangat mengganggu, berkonsultasi dengan psikolog sangat dianjurkan. Carilah bantuan ahli, apabila Anda terus menerus bersedih, mengalami penurusan nafsu makan, dan tidak bisa tidur.

Anda juga harus segera berkonsultasi, apabila tak mampu menyelesaikan tugas kuliah, kewajiban kantor, dan aktivitas sehari-hari, karena homesick yang dialami. 

Catatan dari SehatQ

Homesick adalah perasaan yang sangat wajar, dan memang sering dirasakan anak rantau. Beruntungnya, cara-cara di atas bisa dilakukan, untuk mengatasi homesick. Yang terpenting, jangan menolak perasaan negatif, yang muncul dalam diri Anda. Carilah bantuan orang terdekat, menelepon orangtua, atau berkonsultasi dengan psikolog.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/college-health/9-ways-to-help-homesickness.aspx
Diakses pada 5 November 2019

Help Guide. https://www.helpguide.org/articles/mental-health/mood-boosting-power-of-dogs.htm
Diakses pada 5 November 2019

Kids Health. https://kidshealth.org/en/kids/homesickness.html
Diakses pada 5 November 2019

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=198282
Diakses pada 5 November 2019

Up to Date. https://www.uptodate.com/contents/homesickness
Diakses pada 5 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed