9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur yang Bisa Anda Coba

(0)
04 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, salah satunya menguap wajah.Cobalah mesin diffuser dan pelembap ruangan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.
Sulit bernapas karena hidung tersumbat dapat menyulitkan Anda untuk tertidur pulas. Bahkan, beberapa orang mungkin tidak bisa tidur sama sekali karena masalah ini. Namun jangan khawatir, ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa Anda coba.

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang mudah dilakukan

Mulai dari mengangkat kepala dengan bantal hingga mengonsumsi madu, berikut berbagai cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa menolong Anda di malam hari.

1. Menambah tumpukan bantal

Hidung mampet cenderung semakin terasa parah di malam hari karena posisi tidur dapat menyulitkan hidung dan sinus mengering dari lendir yang menyumbatnya.Itu artinya, lendir dapat menggenang di bagian kepala dan membuat Anda sulit bernapas sehingga menimbulkan sakit kepala sinus keesokan paginya.Cobalah angkat kepala Anda dengan menambahkan 1-2 bantal agar lendir yang menyumbat hidung Anda dapat dikeluarkan.

2. Nyalakan pelembap ruangan

Pelembap ruangan bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur
Gunakan pelembap ruangan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur
Mesin pelembap ruangan atau humidifier dapat memancarkan suhu hangat ke udara di dalam kamar. Meskipun tidak ada bukti bahwa pelembap ruangan bisa menyembuhkan pilek, setidaknya alat ini dapat membuat Anda lebih mudah bernapas saat ingin tidur.

3. Mengonsumsi madu

Mengalami hidung tersumbat memaksa penderitanya bernapas lewat mulut. Cara ini dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan terasa sakit sehingga membuat Anda sulit tidur.Anda bisa mencoba mengonsumsi madu untuk mengatasi masalah ini. Selain bisa menyelimuti tenggorokan dan menghilangkan ketidaknyamanan, madu juga dianggap efektif dalam mengatasi batuk.Sebuah studi bahkan membuktikan, madu lebih efektif daripada obat salbutamol dalam mengatasi batuk-batuk pada anak.

4. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi dengan air hangat dipercaya dapat membuka sinus. Ditambah lagi, uap hangat dari kucuran air saat mandi juga bisa membantu Anda mengeluarkan lendir dari hidung, meredakan rasa nyeri, dan mengatasi hidung tersumbat. Saat sedang mandi air hangat, cobalah pijat bagian sinus untuk hasil yang lebih optimal.

5. Gunakan larutan saline

Obat semprot hidung atau larutan saline yang berisikan air dan sedikit garam dapat membantu Anda mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, larutan ini juga bisa mengatasi iritasi dan pembengkakan di hidung.Obat semprot hidung yang tidak mengandung obat-obatan dinilai aman untuk digunakan beberapa kali di malam hari. Itulah mengapa Anda boleh menaruhnya di samping kasur dan menggunakannya saat dibutuhkan.

6. Gunakan mesin diffuser

Menggunakan mesin diffuser dengan minyak atsiri (essential oil), seperti minyak pohon teh (tea tree oil) dan minyak peppermint, dipercaya dapat mengatasi hidung tersumbat.Sebuah riset memperlihatkan bagaimana tea tree oil memiliki kandungan antiradang dan antimikroba yang bisa membantu mengatasi penyumbatan pada hidung.Selain itu, minyak peppermint juga bisa dimasukkan ke dalam diffuser untuk membuat Anda lebih nyaman dalam bernapas.

7. Mengoleskan minyak atsiri ke dada

Selain menggunakan diffuser, Anda juga boleh mengoleskan minyak atsiri ke dada. Dengan begitu, aromanya dapat terhirup oleh hidung dan napas menjadi lebih plong. Hasilnya, tidur pun menjadi nyenyak.Sejumlah minyak yang bisa dioleskan ke dada meliputi minyak eucalyptus, peppermint, dan tea tree oil. Namun ingat, sebelum mengoleskannya, campur dulu minyak atsiri dengan carrier oil untuk mencegah iritasi kulit.

8. Minum teh hangat

Teh mengandung senyawa antivirus, antiradang, dan antioksidan. Walaupun belum ada penelitian yang membuktikan kalau teh bisa mengatasi hidung tersumbat, setidaknya teh hangat dapat meredakan gejala penyakit pilek yang sering kali menyebabkan hidung tersumbat.Jangan lupa untuk menambahkan madu atau lemon ke dalam teh hangat Anda. Madu dapat meredakan batuk dan lemon dapat melawan infeksi di dalam tubuh.Satu lagi yang perlu Anda ingat, pilihlah teh yang tidak mengandung kafein agar tidur Anda tidak terganggu.

9. Uap wajah

Riset membuktikan, uap hangat yang menyentuh wajah dipercaya dapat mengencerkan lendir yang ada di saluran hidung. Cara paling mudah untuk mencoba uap wajah adalah menyalakan air hangat di kamar mandi atau dapur.Isilah wastafel dengan air hangat, kemudian tutup kepala Anda dengan handuk agar uap hangatnya tidak terpencar. Sesudah itu, tariklah napas dalam-dalam.Namun hati-hati, jangan sampai wajah Anda melepuh karena air yang panas itu.

Kapan hidung tersumbat harus dibawa ke dokter?

Hidung tersumbat saat tidur tidak boleh diremehkan
Segeralah datang ke dokter jika hidung tersumbat sudah semakin mengkhawatirkan
Hidung tersumbat biasanya bukan sesuatu yang dikhawatirkan. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh alergi atau penyakit umum seperti pilek, flu, dan sinusitis.Namun ingat, jika hidung tersumbat di malam hari terjadi pada bayi, orang lanjut usia (lansia) 65 tahun ke atas), dan orang dengan sistem imun lemah, segeralah datang ke dokter.Selain itu, waspadai gejala-gejala di bawah ini:Datanglah ke dokter untuk memeriksakan diri dan mencari tahu apa penyebab dari kemunculan gejala di atas.

Catatan dari SehatQ

Berbagai cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur di atas dapat Anda coba agar jam istirahat menjadi lebih nyaman. Jika Anda merasa khawatir akan hidung tersumbat yang tidak kunjung sembuh, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
masalah tidurpilekfluhidung tersumbat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327263#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 21 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-sleep-with-a-stuffy-nose#in-the-evening
Diakses pada 21 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait