Sering Mengalami Hidung Gatal? Atasi dengan 7 Cara Ini

Hidung gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti misalnya alergi
Hidung gatal bisa membuat penderitanya jengkel

Hidung memiliki fungsi utama untuk menghirup udara. Indera penciuman ini juga dapat bereaksi terhadap rangsangan bau. Sebagaimana organ-organ tubuh pada umumnya, hidung juga dapat mengalami berbagai gangguan, misalnya tersumbat hingga terasa gatal.

Hidung gatal termasuk salah satu masalah hidung yang paling sering dialami oleh banyak orang. Jika gatal terjadi hanya sekali atau dua kali, umumnya tidak menyebabkan masalah.

Namun, apabila gatal terjadi secara terus-menerus, kondisi ini tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengusir masalah hidung gatal ini.

Penyebab hidung gatal

Hidung gatal dapat terjadi selama beberapa detik ataupun berlangsung lama. Seringkali gatal yang terasa tidak tertahankan, bahkan disertai dengan bersin atau mata berair.

Gatal pada hidung ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kondisi yang tidak berbahaya hingga masalah serius. Beberapa kemungkinan penyebab hidung gatal, di antaranya:

  • Hidung kering

Udara yang dingin, kering, atau terlalu banyak membuang ingus dapat membuat hidung menjadi kering. Hal ini bisa menyebabkan gatal pada hidung. Selain gatal, hidung juga bisa terasa tidak nyaman dan sakit apalagi saat dikorek.

  • Benda asing

Adanya benda asing yang masuk ke hidung dapat menyebabkan hidung gatal. Kondisi ini lebih banyak dialami oleh anak-anak. Benda asing yang masuk ke dalam hidung umumnya berupa pasir, serbuk, serangga, dan benda-benda kecil lainnya.

  • Virus

Ketika pilek, hidung Anda bisa terasa gatal. Hal ini disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung. Tak hanya gatal, Anda juga akan mengeluarkan ingus dan mengalami bersin-bersin yang menjadi cara alami tubuh dalam mengeluarkan kuman.

  • Alergi

Alergi terjadi ketika tubuh terpapar oleh alergen tertentu sehingga bisa menunjukkan reaksi yang tak biasa, salah satunya adalah gatal hidung. Alergi bisa bermacam-macam, mulai dari alergi terhadap bulu hewan, serbuk sari, debu, dan semacamnya.

  • Iritasi

Iritan tertentu, seperti asap, wewangian, zat kimia, dan produk pembersih, mampu mengiritasi saluran hidung (rhinitis nonalergi) ketika terhirup. Kondisi ini akan menimbulkan gejala yang mirip dengan pilek, salah satunya berupa hidung gatal.

  • Sinusitis

Sinus adalah peradangan pada rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara dalam tulang tengkorak. Sinus dapat bersifat akut (hanya berlangsung dalam waktu singkat) maupun kronis (berlangsung dalam waktu lama).

Kondisi ini dapat menyebabkan gatal hidung selama beberapa hari hingga minggu, dan bisa juga disertai gejala lain, seperti kelelahan, nyeri di sekitar mata, ataupun sulit bernapas.

  • Polip hidung

Polip hidung adalah benjolan bukan kanker yang terletak pada lapisan saluran hidung. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang yang menderita sinusitis kronis.

Hidung gatal merupakan salah satu gejala yang mungkin dirasakan dari masalah ini. Polip hidung yang berukuran besar bisa menyebabkan masalah pernapasan dan hilangnya indra penciuman.

  • Tumor hidung

Tumor hidung adalah benjolan yang tumbuh di dalam atau di sekitar saluran hidung. Tumor ini bisa bersifat jinak ataupun ganas. Bukan hanya hidung gatal, orang yang memiliki tumor hidung juga mungkin mengalami gejala penyumbatan hidung, tak dapat mencium bau, ataupun menimbulkan luka di dalam hidung.

Cara mengatasi hidung gatal

Hidung gatal akan membuat penderitanya tidak nyaman, apalagi jika sulit dihilangkan. Untuk mengatasi gatal pada hidung, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Menghindari pemicu

Jika hidung gatal disebabkan oleh alergi atau iritasi, maka Anda perlu menghindari berbagai pemicu tersebut. Sebab, jika Anda terus terpapar oleh alergen atau iritan tertentu, maka kondisi gatal hidung yang dialami malah akan semakin memburuk.

  • Menyemprotkan air garam

Menyemprotkan air garam pada hidung dapat membantu membersihkan hidung sehingga meredakan gatal yang dirasakan. Anda hanya perlu merebus 1 liter air dan biarkan dingin. Lalu, tambahkan ¼ sdt garam  lalu aduk hingga larut.

Tuangkan larutan ke dalam semprotan yang bersih untuk memudahkan Anda menggunakannya. Selanjutnya, semprotkan ke hidung untuk merehidrasinya.

  • Minum banyak air putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membuat hidung tak lagi kering sehingga rasa gatal pun berangsur hilang. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas per hari dan beristirahatlah dengan cukup, apalagi jika Anda sedang flu.

  • Menghirup uap

Dalam mengatasi hidung gatal, Anda juga dapat menghirup uap dari air panas yang dapat membantu membersihkan hidung. Masukkan air panas ke dalam mangkuk, lalu tutupi kepala Anda menggunakan handuk ketika menghirupnya.

  • Membilas hidung

Membilas hidung menggunakan air bersih dapat membantu menghilangkan gatal di hidung. Hindari mengorek hidung, terutama menggunakan tangan yang kotor, karena dapat menyebabkan iritasi.

  • Menggunakan humidifier

Humidifier dapat menambah kelembapan udara dalam ruangan. Alat ini dapat membantu hidung menjadi lembap dan rasa gatal pun hilang.

  • Penggunaan obat

Obat semprot hidung dapat membantu meringankan rasa gatal di hidung. Sementara, jika penyebab hidung gatal yang Anda alami adalah alergi, Anda mungkin memerlukan obat antihistamin.

Jika gatal pada hidung yang Anda rasakan tak kunjung hilang, semakin parah, atau disertai gejala lain, sebaiknya segera periksakan diri Anda pada dokter. Dokter akan melakukan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/tickle-in-nose#home-remedies
Diakses pada 19 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321664.php#ways-to-get-rid-of-a-tickle-in-the-nose
Diakses pada 19 Desember 2019

Artikel Terkait