Meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa gelisah dan cemas
Meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa gelisah dan cemas

Perasaan cemas dan gelisah selalu dipandang sebagai satu kesatuan. Tidak ada seorang pun yang menyukai kedua perasaan tersebut karena efek negatif yang ditimbulkan secara fisik dan mental.

Tahukah Anda bahwa efek fisik dari rasa cemas dapat meliputi gangguan pencernaan dan meningkatnya risiko infeksi?  Sementara itu, rasa gelisah dapat menghambat produktivitas di kantor maupun sekolah, serta mengganggu tidur Anda!

Terkadang rasa cemas dan gelisah sering dianggap sepele tetapi sebenarnya efeknya cukup membahayakan bagi tubuh. Rasa cemas dan gelisah merupakan dua hal yang berbeda meskipun keduanya memberikan rasa tertekan dalam diri Anda.

Tips menangani rasa cemas dan gelisah

Rasa cemas dan gelisah saling berkaitan satu sama lainnya, karenanya keduanya memiliki penanganan yang sama. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menerima rasa cemas dan gelisah yang dirasakan.

Mencoba untuk melawan rasa cemas dan gelisah yang dirasakan malah dapat menimbulkan stres yang berlebih.  Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menangani rasa gelisah dan cemas yang dirasakan:

1. Perhatikan diri Anda

Sadari yang Anda rasa cemas dan gelisah yang dirasakan. Anda dapat menangisi perasaan yang dialami karena menangis dapat menurunkan tekanan yang dialami. Anda juga perlu untuk menjaga kesehatan dengan makan dan tidur secara teratur.

Anda dapat melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti menonton film, dan sebagainya untuk meningkatkan suasana hati Anda. Alternatif lainnya adalah dengan mencari tempat yang tenang untuk menyendiri sementara waktu.

2. Visualisasi

Visualisasi merupakan suatu teknik yang dapat menurunkan rasa gelisah dan cemas, serta dilakukan dengan cara membayangkan diri Anda di suatu tempat yang tenang dan aman.

melakukan meditasi

3. Meditasi

Salah satu cara untuk menenangkan pikiran dan menurunkan rasa gelisah adalah dengan bermeditasi. Meditasi dapat membantu Anda untuk menyadari pemikiran, perasaan, dan sensasi tubuh yang dirasakan.

4. Mengeluarkan energi yang tersimpan

Berolahraga adalah salah satu bentuk untuk menggunakan energi berlebih yang menyebabkan rasa gelisah.  Hal lain yang dilakukan adalah dengan berteriak di tempat yang tidak dapat didengar oleh orang lain.

Berteriak dapat membantu untuk melepaskan emosi terpendam yang dirasakan. Serupa dengan berteriak, tertawa juga dapat membantu untuk mengurangi energi karena rasa cemas yang dirasakan dan memberikan Anda pikiran yang lebih positif.

5. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa cemas dan gelisah yang dirasakan. Beberapa teknik pernapasan yang dapat dilakukan adalah berhitung sambil bernapas, dan sebagainya.

sharing dengan sahabat

6. Berbagi cerita

Jika rasa gelisah dan cemas yang dirasakan merupakan akibat dari masalah yang dipendam, Anda perlu untuk menceritakan dengan orang yang memiliki masalah dengan Anda.

Jangan memendam emosi yang dirasakan dan diskusikanlah masalah tersebut dengan orang yang memiliki masalah dengan Anda.  

7. Relaksasi otot progresif (Progressive Muscle Relaxation)

Otot yang menegang dapat terjadi sebagai respons tubuh terhadap stres yang dialami. Relaksasi otot progresif dapat membantu untuk menangani rasa cemas dan gelisah yang dialami.

Tujuan dari teknik ini adalah untuk membantu membuat otot menjadi rileks secara bertahap. Anda dapat mencari berbagai macam bentuk dari teknik relaksasi otot progresif. 

Anda perlu menerima perasaan gelisah yang muncul dan sadari bahwa semua akan baik-baik saja. Bila Anda tak bisa menangani perasaan gelisah dan cemas, cobalah untuk berkonsultasi ke psikolog atau dokter.

Perbedaan rasa gelisah dan cemas

Walaupun serupa, rasa gelisah dan cemas memiliki perbedaan dari segi gejala yang ditampilkan. Jika Anda mengalami rasa cemas, Anda akan lebih cenderung untuk merespons dengan rasa takut, seperti detak jantung yang berdebar-debar, berkeringat, dan sebagainya.

Rasa gelisah akan menunjukkan tanda berupa mudah marah atau frustasi, dan merasa terganggu. Rasa cemas dapat menimbulkan rasa gelisah dan sebaliknya. Rasa gelisah akibat rasa cemas dapat muncul karena efek dari respon takut yang dialami saat cemas.  

Rasa gelisah tidak selalu muncul saat seseorang mengalami gangguan panik. Akan tetapi salah satu tanda yang dapat muncul karena adanya gangguan panik adalah munculnya rasa cemas.

merasa stres

Keterkaitan rasa cemas dan gelisah

Rasa cemas dapat memicu adrenalin dalam tubuh sebagai respons “kabur atau bertarung” (flight or fight) yang terjadi saat Anda dihadapkan dengan suatu ancaman. Energi dari adrenalin yang muncul menyebabkan rasa gelisah yang dirasakan.

Jika Anda mengalami rasa cemas setiap harinya, Anda lebih mungkin untuk merasakan rasa gelisah. Rasa gelisah dirasakan karena kelelahan yang dialami saat harus menghadapi rasa cemas setiap harinya yang pada akhirnya dapat membuat Anda menjadi mudah marah.

Bila rasa gelisah ini sudah sangat mengganggu, Anda perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental. 

Calm Clinic. https://www.calmclinic.com/anxiety/symptoms/constant-restlessness
Diakses pada 01 Mei 2019

Calm Clinic. https://www.calmclinic.com/anxiety/symptoms/agitation-restlessness
Diakses pada 01 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/anxiety-disorder-symptoms
Diakses pada 01 Mei 2019

Health Direct. https://www.healthdirect.gov.au/feeling-restless
Diakses pada 01 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322510.php
Diakses pada 01 Mei 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/wander-woman/201212/discovering-the-roots-your-restlessness
Diakses pada 01 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed