Cara Mengatasi Depresi yang Diderita Kerabat Terdekat

Berikan dukungan kepada orang yang sedang mengalami depresi
Mendampingi orang terkasih yang sedang mengalami depresi dapat mempercepat proses pemulihan.

Jutaan orang di dunia diprediksi menderita kondisi mental yang disebut depresi. Gangguan ini bisa menyerang siapa saja dan mungkin juga mengintai orang-orang yang Anda sayangi.

Depresi atau major depressive disorder (MDD) merupakan gangguan suasana hati atau mood yang menyebabkan munculnya perasaan sedih dan kehilangan minat yang berlangsung terus menerus. Ada beberapa cara mengatasi depresi yang menyerang orang-orang terdekat Anda yang bisa Anda lakukan.

[[artikel-terkait]]

Pengaruh depresi terhadap jalan pikiran seseorang

Sebagai gangguan mood, depresi akan sangat memengaruhi jalan pikiran dan perilaku seseorang.  Depresi dapat membuat penderitanya kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari, bahkan juga berujung pada gangguan fisik.

Kondisi depresi banyak berkaitan dengan gangguan mental lainnya. Misalnya, depresi juga ditemukan pada penderita gangguan suasana hati lain seperti bipolar, serta individu yang mengalami gangguan kepribadian ambang.

Lakukan cara ini untuk membantu teman atau keluarga yang depresi

Saat mengetahui orang terdekat mengalami depresi, Anda kemungkinan akan kebingungan dalam mencari solusi. Simak beberapa tips berikut ini untuk mendampingi dan mengatasi depresi yang dialami oleh kerabat Anda.

  1. Gali informasi. Saat ini, ada banyak sumber terpercaya yang bisa membantu Anda untuk memahami kondisi depresi, gejala yang mungkin muncul, hingga ahli kesehatan mental atau fasilitas kesehatan terdekat, untuk menangani dan mengobati depresi.
  2. Berusaha untuk selalu mendampingi. Anda dapat meluangkan waktu untuk mendengarkan mereka bercerita atau mungkin menenangkan jika mereka menangis. Anda mungkin juga perlu meyakinkan penderita bahwa mereka sangat berarti bagi Anda serta menyampaikan bahwa mengalami depresi bukanlah kesalahan penderita.
  3. Memahami bahwa depresi merupakan penyakit. Anda harus mengerti, bahwa orang-orang yang tidak berhasrat beraktivitas karena depresi, bukanlah karena rasa malas. Namun, mereka mengalami kondisi mental yang melelahkan. Misalnya, jika pasangan Anda sedang dijerat depresi, Anda harus memahami bahwa ia memang sulit untuk menjalankan kewajiban rumah tangga.
  4. Mendelegasikan bantuan berupa terapi dan obat. Anda bisa meyakinkan penderita untuk mendapatkan penanganan dari tenaga profesional. Jika psikiater meresepkan obat, Anda bisa memantau atau membantu mengingatkan teman atau keluarga Anda, untuk selalu meminum obat yang diberikan.
  5. Memahami bahwa perilaku orang depresi bukanlah sifat asli mereka. Orang-orang yang sedang mengalami depresi, akan menunjukkan perilaku yang mungkin membuat Anda tidak nyaman. Ingat, perilaku tersebut bukanlah karakter asli mereka. Sebagai contoh, jika pasangan Anda sering mengeluarkan amarah, hal itu dikarenakan ia merasa marah kepada diri sendiri dan membenci dirasakannya. Sesungguhnya, ia tidak memendam amarah pada Anda.
  6. Mengekspresikan perhatian. Anda bisa menunjukkan perhatian dan rasa sayang sebagai orang terdekat. Selain itu, ingatkan tentang kebaikan Tuhan, jika hal ini memang bisa membuatnya lebih tenang, dan kembali bersemangat menjalani hidup. Jika penderita mulai menunjukkan keinginan untuk bunuh diri, Anda harus segera mencari bantuan profesional.
  7. Tetap menjaga diri sendiri. Depresi merupakan kondisi mental yang dapat menular ke orang lain, termasuk Anda. Saat mencoba membantu orang terdekat yang mengalami depresi, Anda harus mengontrol diri untuk tetap berada dalam kondisi mental yang sehat. Anda mungkin juga perlu mencari bantuan orang lain, jika merasa ikut terpengaruh oleh kondisi mental penderita depresi.
  8. Beri dukungan. Mengetahui bahwa orang terkasih mengalami depresi, bisa menjadi hal yang sulit, serta membuat Anda bingung untuk menghadapinya. Anda bisa menyampaikan dukungan yang menunjukkan rasa tulus dan penerimaan terhadap kondisi tersebut. Misalnya, Anda bisa menyampaikan kalimat ini, "Apakah ada yang bisa aku lakukan untuk membantu?"

Penting bagi Anda untuk memahami cara mengatasi depresi yang diderita oleh orang-orang terdekat. Gangguan ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak dan lansia di sekitar Anda. Dukungan dan pendampingan yang Anda berikan akan sangat berkontribusi untuk kesembuhan mereka.

Help Guide. https://www.helpguide.org/articles/depression/helping-someone-with-depression.htm
Diakses pada 17 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/depression/symptoms-causes/syc-20356007
Diakses pada 17 Mei 2019

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/bpd-and-depression-425421
Diakses pada 17 Mei 2019

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-help-someone-with-depression-1065117
Diakses pada 17 Mei 2019

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-to-say-when-someone-is-depressed-1067474
Diakses pada 17 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed