Ini Dia 8 Cara Mengatasi Darah Rendah yang Tidak Sulit untuk Dilakukan

Cara mengatasi darah rendah bisa diatasi berdasarkan penyebabnya
Minum air putih bisa menjadi cara mengatasi darah rendah

Tekanan darah berubah sepanjang hari dan perubahannya berbeda-beda pada setiap orang. Berbagai faktor yang memengaruhi naik atau turunnya tekanan darah, yaitu posisi tubuh, irama napas, tingkat stres, aktivitas fisik, pengobatan yang sedang digunakan, makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta waktu saat pengukuran (tekanan darah biasanya paling rendah di malam hari ketika tidur, dan berangsur-angsur naik ketika bangun tidur).

Pada kondisi normal, tubuh memberikan respons dan beradaptasi pada faktor-faktor tersebut agar tekanan darah tetap berada pada batas normal. Kondisi normal tekanan darah untuk orang dewasa adalah sekitar 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Apabila seseorang memiliki tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg, maka ia kemungkinan menderita hipotensi atau tekanan darah rendah.

Penyebab tekanan darah rendah

Sebelum mengetahui cara mengatasi darah rendah, kita perlu mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyebab tekanan darah rendah yang terjadi. Hipotensi atau tekanan darah rendah bisa disebabkan karena beberapa hal berikut:

  1. Berbaring terlalu lama (bedrest)
  2. Kehamilan: tekanan darah biasanya cenderung menurun dalam 24 minggu pertama kehamilan. Hal ini normal dan tekanan darah biasanya akan naik kembali dengan sendirinya.
  3. Masalah Jantung: beberapa kondisi jantung dapat mengarah ke tekanan darah rendah, misalnya detak jantung rendah, masalah katup jantung, serangan jantung, dan gagal jantung.
  4. Masalah endokrin: kondisi tiroid yang sedang mengalami gangguan, seperti penyakit paratiroid, penyakit Addison, gula darah rendah atau hipoglikemia, dan diabetes dapat memicu tekanan darah rendah.
  5. Dehidrasi: ketika tubuh kehilangan cairan, syok bisa terjadi sebagai salah satu komplikasinya. Kondisi inilah yang menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.
  6. Hilangnya darah: hilangnya darah dalam jumlah banyak, seperti luka besar atau perdarahan dalam dapat menyebabkan tekanan darah menurun seketika sampai di bawah batas normal.
  7. Infeksi berat: ketika ada infeksi yang masuk ke pembuluh darah, maka akan terjadi penurunan tekanan darah yang menyebabkan shock.
  8. Reaksi alergi berat: beberapa pemicu reaksi parah ini, yaitu jika penderita memiliki alergi terhadap makanan tertentu, pengobatan tertentu, dan racun serangga. Reaksi alergi berat, yang juga disebut sebagai anafilaksis, dapat menyebabkan juga kesulitan bernapas, gatal, tenggorokan bengkak dan tekanan darah yang menurun secara drastis.
  9. Kekurangan nutrisi: kekurangan vitamn B12 dan folat menyebabkan tubuh kesulitan memproduksi sel darah merah sehingga bisa menyebabkan anemia. Hal ini juga menyebabkan tekanan darah rendah.

[[artikel-terkait]]

Cara mengatasi darah rendah

Kebanyakan orang yang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah tidak memerlukan pengobatan atau tindakan medis tertentu untuk menaikkan tekanan darah. Dengan mengetahui penyebab tekanan darah rendah, Anda bisa segera mengambil tindakan sesuai dengan penyebab tersebut. Selain itu, ada banyak cara mengatasi darah rendah secara alami dan perubahan gaya hidup untuk menaikkan tekanan darah.

1. Konsumsi lebih banyak garam

Berkebalikan dari cara mengatasi tekanan darah tinggi, mengonsumsi garam disarankan sebagai cara mengatasi tekanan darah rendah yang cukup efektif.

2. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat menurunkan tekanan darah. Jadi, penderita tekanan darah rendah perlu menghindari konsumsi alcohol secara berlebihan.

3. Menemui dokter

Diskusikan keluhan mengenai tekanan darah dengan dokter Anda karena bisa saja tekanan darah rendah yang tidak normal diakibatkan karena pengobatan yang sedang dijalani.

4. Minum air putih yang banyak

Minum air putih minimal 2 liter per hari dapat meningkatkan volume darah sehingga dapat mengatasi gejala darah rendah. Selain itu, dehidrasi juga bisa dihindari dengan minum air putih.

 

5. Hindari mengubah posisi secara tiba-tiba

Mengubah posisi secara tiba-tiba dari duduk lalu berdiri atau sebaliknya dapat mengakibatkan pusing dan kemungkinan terjatuh pada penderita tekanan darah rendah. Hal ini disebabkan karena jantung tidak memompa darah dengan cukup ke seluruh tubuh untuk memfasilitasi perubahan posisi secara tiba-tiba tersebut.

6. Sadari jika gejala tekanan darah rendah sedang terjadi

Tekanan darah rendah hanya dapat dianggap sebagai masalah jika terdapat gejala yang mengganggu aktivitas harian. Oleh sebab itu, tetap waspadai gejala dari tekanan darah rendah dan ketahui penyebabnya. Dengan demikian, bisa diketahui cara-cara mengatasi darah rendah secara efektif.

Medbroadcast. https://medbroadcast.com/condition/getcondition/low-blood-pressure
Diakses pada April 2019

American Heart Association.https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/the-facts-about-high-blood-pressure/low-blood-pressure-when-blood-pressure-is-too-low
Diakses pada April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319506.php
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed