Cara Mengatasi Bungkuk di Usia Muda yang Bisa Anda Lakukan

(0)
05 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi bungkuk di usia muda dapat dilakukan dengan perawatan medisBungkuk di usia muda dapat diatasi dengan perawatan medis
Bungkuk atau kifosis merupakan kondisi yang ditandai dengan punggung bagian atas mengalami pembengkokan secara berlebihan. Badan bungkuk umumnya identik dengan lansia, tapi bisa juga terjadi di usia muda. Untuk mengantisipasinya, ada beberapa cara mengatasi bungkuk di usia muda yang bisa Anda lakukan.Pada tulang belakang, terdapat tulang yang tersusun dengan saling bertumpuk (vertebra). Vertebra memungkinkan tulang belakang untuk menyokong tubuh dengan kuat, serta bersifat fleksibel dan membuat tubuh bisa ditekuk ke berbagai arah.Namun, vertebra yang terdapat pada bagian atas punggung (bagian thoracic) dapat mengalami perubahan bentuk karena berbagai kondisi. Kondisi ini kemudian menyebabkan tulang belakang melengkung ke depan lebih dari biasanya dan menyebabkan postur tubuh menjadi bungkuk.

Cara mengatasi bungkuk di usia muda

Cara mengatasi bungkuk di usia muda tergantung pada beberapa faktor, yaitu usia saat diagnosis, tingkat keparahan kurva, jenis kifosis atau pembungkukan, serta riwayat kesehatan Anda.Sebagian penyebab bungkuk di usia muda mungkin tidak butuh perawatan, sebagian mungkin memerlukan terapi atau perawatan nonbedah. Sedangkan, pembedahan mungkin saja dilakukan untuk kasus yang parah.Cara mengatasi bungkuk di usia muda dengan perawatan bedah atau nonbedah bertujuan untuk menghentikan lengkungan tulang belakang menjadi semakin buruk.Cara memperbaiki postur tubuh bungkuk ini juga dapat meredakan berbagai gejala yang muncul akibat bungkuk, seperti nyeri punggung dan sesak napas.

1. Perawatan nonbedah

Beberapa jenis perawatan nonbedah yang dapat dilakukan sebagai cara menegakkan badan yang bungkuk adalah:
  • Pemantauan lengkungan tulang belakang

Pemantauan ini dilakukan dengan pemeriksaan berkala dengan sinar X untuk memantau perkembangan lengkungan.
  • Terapi fisik

Terapi fisik dilakukan dengan latihan rutin untuk memperkuat otot perut dan punggung. Latihan ini dapat dipandu oleh ahli fisioterapis dan bermanfaat menghilangkan rasa sakit, memperkuat otot, dan mempertahankan postur sebagai cara mengatasi bungkuk di usia muda.
  • Penyangga punggung (brace)

Brace mungkin disarankan untuk beberapa kasus tertentu sebagai cara agar tidak bungkuk lagi. Khususnya, jika bungkuk di usia muda terjadi pada masa pertumbuhan. Anda bisa mendapatkan saran mengenai jenis brace dan durasi pemakaiannya dalam sehari.
  • Obat pereda nyeri

Obat-obatan pereda nyeri dapat diberikan untuk meredakan nyeri punggung dan peradangan akibat bungkuk di usia muda.

2. Pembedahan

Tindakan pembedahan biasanya merupakan pilihan terakhir sebagai cara mengatasi bungkuk di usia muda. Pembedahan dapat dilakukan jika:
  • Pembungkukan menyebabkan rasa nyeri yang parah
  • Muncul gejala lain akibat pembungkukan yang dapat mengganggu fungsi tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Cara mengatasi bungkuk di usia muda lewat pembedahan yang paling umum adalah operasi fusi tulang belakang. Operasi ini akan membantu mengurangi keparahan lengkungan, mencegah lengkungan semakin memburuk, dan menopang tubuh dengan lebih baik.

Penyebab bungkuk di usia muda

Penderita skoliosis
Skoliosis dapat menyebabkan bungkuk di usia muda
Bungkuk di usia muda dapat diakibatkan oleh beberapa hal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tulang belakang. Kondisi ini biasanya diakibatkan menurunnya kelenturan tulang belakang seiring bertambahnya usia. Khususnya, jika Anda terbiasa memiliki postur yang salah atau kerap membungkuk sedari muda.Beberapa penyebab bungkuk di usia muda, di antaranya:

1. Kifosis postural

Kifosis postural adalah pembungkukan yang terjadi karena postur tubuh yang buruk. Kondisi ini merupakan penyebab bungkuk di usia muda yang paling umum, tepatnya pada remaja. Untuk mengatasinya, anak perlu dilatih cara agar tidak bungkuk.

2. Penyakit Scheuermann

Penyakit Scheuermann adalah jenis bungkuk yang terjadi pada anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.Tulang pada bagian depan tumbuh lebih lambat dari tulang bagian belakang sehingga menyebabkan tulang punggung mengalami kelainan bentuk. Kondisi ini merupakan penyebab bungkuk di usia muda yang cukup jarang terjadi.

3. Bawaan lahir

Penyebab bungkuk di usia muda lainnya adalah kondisi tulang belakang yang tidak berkembang dengan baik saat dalam kandungan. Kondisi ini dapat memburuk seiring bertambahnya usiaBeberapa penyebab bungkuk di usia muda dapat diantisipasi, terutama postur tubuh yang buruk. Salah satu penyebab bungkuk di usia muda yang paling umum ini dapat dicegah dengan menjaga postur tubuh yang baik sebagai cara mengatasi bungkuk di usia muda.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan di usia muda, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
masalah tulangpenyakit tulang
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17671-kyphosis
Diakses 23 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324071#causes
Diakses 23 Maret 2021
Gllette Childrens. https://www.gillettechildrens.org/conditions-care/scheuermanns-disease
Diakses 23 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/scoliosis/symptoms-causes/syc-20350716#
Diakses 23 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait