Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Bahan Alami yang Murah

Minum air putih dapat mengatasi bibir kering dan mencegah dehidrasi
Banyak minum air putih bisa menjadi cara mengatasi bibir kering.

Apakah Anda sering menjilat-jilat bibir karena kulit bibir kering? Anda harus berhenti melakukannya karena liur yang mengering pada permukaan bibir dapat menarik kelembapan bibir dan membuat bibir bertambah kering!

Pilihan lainnya adalah membeli pelembap bibir di apotek sebagai cara mengatasi bibir kering, tetapi bagaimana jika kantong sedang menipis dan Anda masih perlu untuk membeli kebutuhan lainnya?

Tidak perlu risau! Anda dapat menerapkan beberapa cara mengatasi bibir kering yang dengan bahan-bahan alami di bawah ini yang bisa didapatkan di sekitar rumah!

Bahan alami di rumah sebagai cara mengatasi bibir kering

Cara mengatasi bibir kering tidak perlu mahal dengan pelembab bibir yang menguras dompet. Anda dapat mengatasi bibir kering dengan melembabkan bibir menggunakan bahan-bahan alami di sekitar rumah Anda! Berikut adalah beberapa bahan-bahan alami murah yang mudah untuk didapatkan dan gunakan:

 

1. Madu

Madu tidak hanya menjadi penambah rasa manis tetapi juga dapat menjadi cara mengatasi bibir kering! Selain melembapkan,madu dapat mencegah bibir menjadi terinfeksi karena madu mengandung antioksidan, antiradang, dan antibakteri.

Anda tidak perlu bingung karena cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan madu pada bibir.

2. Timun

Timun yang sering menjadi lalapan pelengkap makanan dapat melembapkan bibir kering Timun juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat memperbaiki kondisi bibir. Timun dapat langsung dioleskan pada bibir.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai cara mengatasi bibir kering. Minyak kelapa dapat melembutkan kulit dan mengandung antiradang dan antimikroba yang dapat mencegah infeksi dan menyejukkan bibir.

Penggunaan minyak kelapa serupa dengan penggunaan timun, yaitu langsung dioleskan pada bibir.

 

4. Teh hijau

Serupa dengan minyak kelapa, teh hijau dapat mengurangi peradangan di bibir serta mengandung antioksidan dan mineral-mineral. Teh hijau juga dapat melembutkan dan mengurangi kulit kering.

Anda hanya perlu merendam kantong teh hijau ke dalam air hangat dan menggosokkannya secara perlahan pada bibir.

5. Lidah buaya

Lidah buaya dapat mengurangi kerusakan dan mencegah infeksi pada bibir karena mengandung antiradang dan antimikroba. Selain itu, lidah buaya dapat melembutkan bibir serta kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Anda dapat menggunakan gel lidah buaya untuk dioleskan langsung pada bibir sebagai cara mengatasi bibir kering.

6. Minum air

Salah satu cara mengatasi bibir kering adalah dengan minum air untuk mencegah dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan menarik air dari bagian tubuh tertentu dan dapat membuat kulit kering, termasuk pada bagian bibir.

Anda mungkin tidak menyadari mengalami dehidrasi, karenanya penting untuk tetap meminum air beberapa kali dalam sehari.

Tips tambahan cara mengatasi bibir kering

Cara mengatasi bibir kering yang murah juga tidak hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami, tetapi juga dengan menghindari penyebab dari bibir kering, di antaranya adalah:

1. Hindari bahan-bahan kimia

Anda juga perlu memperhatikan penggunaan kosmetik dan perawatan wajah Anda karena beberapa kosmetik dan perawatan wajah bisa saja menimbulkan reaksi alergi yang membuat bibir menjadi iritasi dan kering.

2. Hindari udara dingin

Jangan sepelekan udara dingin karena dapat mengeringkan bibir. Oleh karena itu, cara mengatasi bibir kering dapat dilakukan dengan menutup bibir dengan syal atau masker saat cuaca sedang dingin.

Apa yang menyebabkan bibir kering?

Faktanya, berbeda dengan kulit lainnya, kulit di bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan rentan untuk mengering dan terkelupas. Kebanyakan dari Anda mungkin menganggap bahwa cara mengatasi bibir kering bisa dilakukan hanya dengan menjilat bibir.

Namun, menjilat bibir justru menyebabkan air liur dari lidah menyerap kelembaban pada kulit bibir dan mengakibatkan bibir menjadi lebih kering.

Anda akan menjadi lebih mudah mengalami bibir kering saat cuaca sedang kering atau tidak lembab dan Anda tidak menjaga kesehatan bibir.

Tidak hanya cuaca yang kering, bibir kering dan terkelupas juga mudah terjadi saat Anda sering berkeliaran di luar ruangan dan terpapar dengan sinar matahari.

Bibir kering dapat menjadi pertanda serius

Pada beberapa kasus, bibir kering dapat menjadi tanda suatu penyakit yang lebih serius, seperti mulut kering (xerostomia), kanker mulut, dan sebagainya. Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter apabila bibir kering yang dialami mengganggu dan tidak kunjung sembuh.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-chapped-lips#when-to-see-a-doctor
Diakses pada 10 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/chapped-lips
Diakses pada 07 Agustus 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-mouth/symptoms-causes/syc-20356048
Diakses pada 10 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324281.php
Diakses pada 10 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed