7 Cara Mengatasi Biang Keringat pada Anak yang Mudah dan Efektif

Rasa sejuk dan dingin dapat meringankan peradangan pada kulit akibat biang keringat pada anak
Biang keringat pada anak muncul karena udara yang panas.

Biang keringat merupakan kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja. Kondisi ini muncul ketika pori-pori keringat tersumbat dan air keringat terjebak di dalamnya. Biang keringat bukanlah sesuatu yang membahayakan dan tidak memerlukan penanganan khusus.

Biang keringat seringkali dikaitkan dengan keadaan panas sehingga orang tua khawatir dengan keadaan anaknya yang senang bermain di terik matahari yang panas.

Orang tua tidak perlu pusing karena penanganan untuk biang keringat pada anak sama dengan penanganan biang keringat untuk orang dewasa.

Sebenarnya, cara mengatasi biang keringat pada anak tidaklah sulit dan tidak membutuhkan biaya besar. Anak pun tidak membutuhkan obat-obatan khusus untuk menyembuhkan biang keringat.

Cara mengobati biang keringat pada anak

Biang keringat pada anak dapat muncul pada anak yang aktif serta sering bermain di luar rumah saat cuaca sedang terik dan panas. Umumnya, biang keringat pada anak tidaklah berbahaya. Hanya saja, biang keringat pada anak dapat mengganggu anak. Orangtua tidak perlu repot karena terdapat beberapa cara mengobati biang keringat pada anak yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Kompresan dingin

Kompresan dingin, kain yang dibilas dengan air yang sejuk, atau es batu yang dibungkus dengan kain dapat menjadi cara mengatasi biang keringat pada anak yang praktis. Rasa sejuk dan dingin dapat meringankan peradangan pada kulit akibat biang keringat.

2. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya dapat menjadi sarapan yang sehat, tetapi juga dapat meringankan gatal dan radang karena biang keringat pada anak.

Penggunaannya hanya dengan mencampurkan satu sampai dua cangkir oatmeal ke dalam air hangat, setelahnya, berendamlah selama 20 menit.

Pilihan lain yang lebih praktis adalah membuat “salep” oatmeal. Anda cukup mencampurkan oatmeal dengan air sampai mengental dan oleskan langsung pada kulit.

lidah buaya

3. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung antiradang dan antiseptik yang dapat meredakan rasa sakit dan pembengkakan akibat biang keringat pada anak serta mencegah infeksi. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang mengalami biang keringat.

4. Daun mimba

Daun nimba mengandung antimikroba dan antiradang yang dapat mengatasi berbagai ruam di kulit, termasuk biang keringat pada bayi. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk daun mimba dengan air kemudian oleskan ke kulit.

Diamkan selama beberapa menit sebelum dicuci. Anda juga dapat mencampurkan bubuk daun mimba ke dalam air hangat sebagai campuran air mandi.

soda kue

5. Soda kue

Soda kue yang selalu ada di rak ibu-ibu yang gemar membuat kue dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat pada anak. Hal ini karena soda kue dapat meringankan rasa gatal pada kulit.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 3-5 sendok makan soda kue ke dalam air hangat. Berendamlah di dalam campuran tersebut selama kurang lebih 20 menit.

6. Pendingin ruangan

Mencegah terjadinya biang keringat pada anak adalah dengan menjaga kulit tetap kering dan mencegah keringat berlebih. Penggunaan pendingin ruangan ataupun kipas angin dapat membantu agar anak merasa sejuk dan mengurangi rasa panas karena biang keringat.

7. Mandi

Mandi air yang sejuk dapat membuka pori-pori yang tersumbat dan menyegarkan badan. Pastikan agar badan anak dikeringkan setelah mandi untuk mencegah iritasi karena kulit yang lembap.

Setelah mandi, pakaikanlah baju yang ringan, menyerap keringat, dan longgar. Hal ini untuk mencegah iritasi pada kulit dan mencegah keringat berlebih. Carilah baju yang berbahan katun yang nyaman untuk kulit anak.

bruntusan

Pencegahan biang keringat pada anak

Biang keringat pada anak bukanlah sesuatu yang tidak bisa dicegah. Pencegahan terhadap biang keringat pada anak tidaklah sulit, berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencegah biang keringat pada anak:

  • Gunakan kipas angin atau pendingin ruangan di cuaca yang panas dan lembab
  • Sejukkan badan anak dengan mandi di air yang sejuk, keringkan seluruh badan seusai mandi
  • Hindari aktivitas yang dapat memicu keringat berlebih, seperti olahraga berlebih dan sebagainya
  • Gunakan pakaian yang longgar dan ringan serta hindari pakaian dengan jenis kain sintesis
  • Konsumsi banyak cairan untuk menyejukkan tubuh dan menghindari dehidrasi

Konsultasikan dengan dokter, apabila biang keringat pada anak tidak kunjung hilang.

Healthline. https://www.healthline.com/health/heat-rash-home-remedies#Home-remedies-for-heat-rash-
Diakses pada 16 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heat-rash/symptoms-causes/syc-20373276
Diakses pada 16 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-heat-rash-treatment
Diakses pada 03 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed