Benjolan lipoma dapat diatasi dengan operasi eksisi
Benjolan lipoma tidak dapat dihilangkan dengan perawatan biasa.

Benjolan lipoma umumnya bersifat jinak dan tidak berbahaya. Lipoma sangat jarang berkembang menjadi suatu keganasan. Apabila benjolan tidak terasa menganggu, tindakan medis apapun tidak diperlukan. Namun jika benjolan memicu nyeri atau menganggu penampilan, terdapat beberapa pilihan penanganan yang bisa dilakukan.

Pilihan cara mengatasi benjolan lipoma bergantung pada ukuran dan jumlah benjolan, serta ada atau tidaknya rasa nyeri. Riwayat adanya kanker kulit pada Anda maupun keluarga juga akan mempengaruhi pilihan tindakan yang dilakukan.

[[artikel-terkait]]

1. Observasi

Lipoma adalah tumor jinak, sehingga tidak perlu dilakukan tindakan medis untuk mengatasinya apabila benjolan tidak menimbulkan nyeri dan tidak menunjukkan tanda bahaya. Anda akan dianjurkan untuk menjalani kontrol kesehatan rutin ke dokter guna memastikan tidak adanya perubahan pada benjolan tersebut.

2. Operasi eksisi

Mengatasi lipoma berukuran kecil dapat dilakukan dengan prosedur operasi, yaitu eksisi untuk mengangkat tumor tersebut. Prosedur ini akan memanfaatkan bius lokal yang disuntikkan di sekeliling benjolan. Hal ini bertujuan membuat saraf di sekitarnya menjadi baal.

Sementara pada benjolan lipoma yang berukuran besar, diperlukan pembiusan lebih dalam saat operasi. Pilihan yang dapat dilakukan adalah dengan bius regional.

Pembiusan regional dilakukan dengan menyuntikkan obat bius pada saraf, sesuai dengan lokasi tumor. Anda juga dapat memilih untuk mendapat pembiusan total, di mana Anda akan tertidur selama operasi dilakukan.

Setelah obat bius dipastikan bekerja, akan dilakukan sayatan pada kulit dan pemotongan tumor. Setelah selesai, dokter akan menjahit untuk menutup sayatan tersebut.

Jahitan akan dilepas dalam beberapa minggu setelah operasi. Namun proses lepas jahitan tidak perlu dilakukan bila dokter menggunakan benang jahit yang lama-kelamaan bisa menyatu dengan daging.

Operasi eksisi benjolan lipoma termasuk prosedur sederhana. Pada sebagian besar kasus, Anda dapat segera pulang setelah operasi selesai. Bila dilakukan pembiusan regional atau total, Anda akan menjalani rawat inap di rumah sakit hingga efek obat bius hilang.

Durasi yang diperlukan sampai Anda bisa kembali beraktivitas normal pascaoperasi tergantung pada ukuran dan lokasi benjolan yang Anda miliki. Bila Anda mengalami nyeri dan rasa tidak nyaman saat beraktivitas setelah operasi, Anda sebaiknya membatasi rutinitas untuk sementara. Jangan lupa untuk mematuhi anjuran dari dokter selama masa penyembuhan.

Operasi eksisi dapat menghilangkan lipoma secara sempurna. Walaupun jarang terjadi, lipoma bisa saja kembali tumbuh pada lokasi yang sama atau bagian tubuh yang berbeda. Bila pertumbuhan terjadi lagi, langkah yang dapat dilakukan adalah kembali melakukan operasi.

3. Pilihan non-operasi

Selain operasi, pilihan yang dapat Anda coba untuk mengatasi benjolan lipoma adalah dengan penyuntikkan steroid dan sedot lemak. Berikut penjelasannya:

Steroid

Penyuntikan steroid terkadang dapat bermanfaat untuk mengecilkan ukuran tumor. Akan tetapi, hal ini tidak dapat menghilangkan lipoma sepenuhnya.

Sedot lemak

Alternatif lain untuk mengatasi lipoma adalah sedot lemak atau liposuction. Karena terbentuk dari lemak, prosedur sedot lemak dapat dimanfaatkan dalam mengecilkan ukuran benjolan. 

Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan jarum yang dihubungkan dengan suntikan berukuran besar. Sebelum penyedotan, benjolan dan area di sekitarnya akan dibuat baal agar Anda tidak merasakan sakit.

Lipoma tidak dapat mengecil dengan sendirinya. Kompres dingin maupun hangat mungkin dapat bermanfaat untuk benjolan lainnya, tetapi tidak untuk lipoma. Pasalnya, benjolan lipoma terbentuk dari lemak. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai pilihan penanganan yang tepat untuk mengatasi lipoma yang Anda alami.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-is-a-lipoma#1
Diakses pada 6 Juni 2019

American Academy of Orthopaedic Surgeons. https://www.orthoinfo.org/en/diseases--conditions/lipoma/
Diakses pada 6 Juni 2019

Healthline. Available from: https://www.healthline.com/health/skin/lumps
Diakses pada 6 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed