Cara Mengatasi Bayi Sungsang Ini Bisa Dilakukan Sebelum Persalinan


Dalam kasus posisi bayi sungsang, ibu hamil akan direkomendasikan cara mengatasi bayi sungsang secara aman dan sesuai dengan prosedur medis oleh dokter kandungan.

(0)
11 Feb 2020|Lenny Tan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ini cara mengatasi bayi sungsang untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan ketika proses persalinancara mengatasi bayi sungsang salah satunya adalah dengan terapi akupuntur
Posisi bayi sungsang dapat berisiko bagi ibu dan janin saat melahirkan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi bayi sungsang yang tepat agar proses melahirkan lancar.Posisi janin menjelang kelahiran yang ideal adalah kepala yang berada di bawah dan menuju jalur lahir. Namun ada juga posisi janin dengan kaki atau bokong yang justru berada di jalan lahir. Posisi tersebut dinamakan bayi sungsang dan tentu butuh perhatian lebih.Bila terdeteksi bahwa janin berada pada posisi sungsang, Anda perlu bersiap karena persalinan umumnya akan lebih sulit dan berisiko bagi ibu maupun janin.Jika diperlukan, dokter juga bisa saja melakukan beberapa cara mengatasi bayi sungsang sebelum hari kelahiran tiba.

Cara mengatasi bayi sungsang sebelum persalinan

Sebenarnya, posisi bayi yang sungsang bisa diketahui jauh-jauh hari sebelum masa persalinan tiba. Untuk itulah, pemeriksaan kehamilan rutin sebaiknya Anda jalani.Setelah melewati usia kehamilan minggu ke-35, akan lebih sulit bagi Si Kecil untuk berputar posisi karena tubuhnya yang semakin membesar, sehingga dapat menyebabkan kehaliran bayi sungsang.Agar bayi tidak sungsang saat melahirkan, jika tidak ada kondisi lain, seperti perdarahan, lilitan tali pusar, atau kurangnya cairan ketuban, beberapa jenis tindakan di bawah ini mungkin saja ditawarkan oleh dokter:

1. Inversi

Salah satu cara mengatasi bayi sungsang yang sering dianjurkan dokter adalah inversi ibu hamil. Cara mengubah posisi bayi sungsang ini dilakukan dengan menempatkan tubuh ibu sedemikian rupa agar pinggul lebih tinggi.Posisi ini diyakini bisa membetulkan posisi sungsang karena merangsang janin berputar, agar posisi kepala bayi di bawah. Anda bisa mulai mengubah posisi bayi sungsang dengan mengangkat panggul setinggi 30 cm. Untuk melakukannya, Anda perlu berada dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk dan kedua kaki menapak.Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali sehari selama 10-15 menit. Anda juga dianjurkan menggunakan bantal sebagai penyangga panggul agar tidak terkena cedera atau nyeri.Untuk meninggikan pinggul, Anda bisa melakukannya melalui bermacam-macam cara. Mulai dari menaruh bantal di bawah pinggul, menungging, atau menyelam beberapa saat dalam kolam renang.Baca juga: Ini Cara Mengetahui Posisi Janin dengan Meraba Perut
berenang untuk mengatasi bayi sungsang
Menyelam beberapa saat di kolam renang mungkin efektif untuk mengubah posisi bayi sungsang

2. External version

Cara mengubah posisi bayi sungsang juga bisa dilakukan secara manual. Dokter akan memanipulasi janin dengan tangannya melalui bagian luar perut Anda.Sebagai contoh, dokter dapat perlahan-lahan melakukan gerakan agar bayi tidak sungsang dengan menggeser bokong dan kaki janin melalui satu tangan, sementara  tangan lainnya mendorong kepala janin ke bawah.External version biasanya disarankan oleh ahli ketika kehamilan berusia 36 hingga 38 minggu. Saat melakukan gerakan ini, dokter akan meminta bantuan asisten.Kondisi janin pun akan selalu dipantau dengan saksama. Misalnya, menggunakan alat deteksi detak jantung maupun ultasonografi (USG). Pemantauan ini berfungsi mencegah komplikasi atau kondisi yang tidak diinginkan.Selain risiko komplikasi tersebut, keberhasilan cara mengatasi bayi sungsang dengan external version ini pun dikabarkan hanya sekitar 50 persen. Karena itu, Anda dan pasangan dihimbau untuk mempertimbangkan dan mendiskusikannya dengan dokter kandungan terlebih dulu.Saat ini, banyak praktik illegal yang berani melakukan tindakan ini, sebaiknya jika Anda berencana melakukannya bukan di dokter kandungan maka segera urungkan niat Anda pasalnya, tindakan ini dapat membahayakan janin Anda.Baca juga: Penyebab Bayi Sungsang dan Segala Hal yang Perlu Diketahui

3. Terapi hipnosis

Cara mengubah posisi bayi sungsang lainnya adalah dengan terapi hipnosis dengan metode sugesti alam bawah sadar. Terapi hipnosis ini bisa membuat ibu menjadi rileks dan lebih tenang. Menurut penelitian, posisi bayi bisa diubah ke bawah rahim dengan melakukan terapi ini saat usia kehamilan memasuki minggu ke-37 sampai ke-40.

4. Terapi akupuntur

Akupuntur juga menjadi salah satu cara mengatasi bayi sungsang yang direkomendasikan ahli. Cara ini dilakukan dengan metode moksibusi atau membakar daun ramuan tertentu dan menggabungkannya dengan metode lain seperti External Cephalic Version (EVC). Terapi ini diyakini mampu merangsang pergerakan bayi dalam kandungan agar bisa kembali ke posisi normal. Namun, Anda sebaiknya berkonsutlasi pada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan terapi akupuntur ini.

5. Terapi suara

Meski belum teruji secara klinis, Anda juga bisa menggunakan suara untuk membantu mengubah posisi janin dalam kandungan. Janin umumnya sudah bisa mendengar suara dari luar rahim sejak usia kehamilan memasuki minggu ke-15. Anda bisa membujuk bayi agar bergerak ke posisi yang seharusnya atau merangsang pergerakannya dengan suara musik.

Cara mengubah posisi bayi sungsang dengan gerakan tubuh ibu hamil

Posisi tubuh tertentu pada ibu hamil diyakini bisa membantu mengatasi bayi sungsang dalam rahim. Sejumlah gerakan atau posisi yang direkomendasikan adalah:

1. Breech tilt

Posisi ini dilakukan dengan membaringkan tubuh telentang di atas papan keras yang cukup lebar dan kuat. Papan tersebut kemudian disanggah di ujungnya dengan alat bantu sehingga memberikan kemiringan dan menempatkan bagian pinggul lebih tinggi hingga 30.5 sampai 45.7 cm.

2. Duduk menekuk lutut ke dada

Cara ini dilakukan dengan duduk sambil menekuk lutut hingga menempel ke dada dan paha menempel pada perut. Lakukan dengan lembut dan jangan memaksakan lutut agar benar-benar menempel pada dada. Lakukan semampu Anda saja.

3. Posisi nungging

Latihan posisi menungging juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi bayi sungsang. Cara ini dilakukan dengan menempelkan lulut pada alas kemudian gerakan bahu dan tangan ke depan. Posisikan dada mengarah ke lantai dan selipkan bantal tipis di bawah dada sebagai penyangga. Sementara untuk menopang berat badan, Anda bisa meminta bantuan suami atau orang lain menyangga berat badan Anda dengan kain yang kuat.Baca juga: Menungging Agar Posisi Kepala Bayi di Bawah, Efektifkah?

Metode melahirkan bayi sungsang

Ketika cara mengatasi bayi sungsang tidak memberikan pengaruh positif dan posisi bayi tetap sungsang, dokter akan mendiskusikan pilihan metode melahirkan dengan Anda serta pasangan.Untuk menolong kelahiran bayi sungsang, ada beberapa metode persalinan yang mungkin bisa direkomendasikan oleh dokter kandungan. Saran ini umumnya akan disesuaikan dengan kondisi ibu hamil secara keseluruhan maupun kondisi janin.Apa sajakah cara melahirkan bayi dengan posisi sungsang yang bisa dianjurkan tersebut?

1. Kelahiran normal

Apakah bayi sungsang bisa dilahirkan dengan metode kelahiran normal alias keluar melalui vagina?Jawabannya, mungkin saja dilakukan. Namun persalinan normal tersebut harus benar-benar atas rekomendasi dokter. Biasanya, prosedur ini akan diizinkan jika Anda sudah pernah melahirkan secara normal.Persalinan normal juga bisa dijalani ketika Anda mengandung janin kembar, dan hanya salah satunya yang berada di posisi sungsang. Kasus lainnya yang mungkin terjadi adalah ketika proses melahirkan berjalan begitu cepat sebelum Anda sempat tiba di rumah sakit.Meski begitu, Anda harus menyadari bahwa melahirkan bayi sungsang melalui persalinan normal memiliki risiko tersendiri. Selain dapat menyebabkan cedera lebih parah pada vagina, bayi juga bisa tersangkut. Komplikasi ini mungkin terjadi mengingat ukuran kepala bayi yang lebih besar dari bagian kaki dan bokongnya.Melahirkan bayi sungsang secara normal pun hanya dapat dilakukan dengan bantuan tenaga medis profesional yang sudah ahli dalam menangani kasus ini. Di samping itu, fasilitas untuk operasi Caesar juga harus tersedia sebagai bentuk antisipasi.
operasi caesar untuk melahirkan bayi sungsang
Bayi sungsang bisa dilahirkan dengan operasi caesar

2. Operasi caesar

Jika Anda memang baru pertama melahirkan atau dokter merasa persalinan normal berisiko tinggi, proses persalinan kemungkinan besar harus dilakukan dengan metode caesar.Operasi caesar diketahui mampu mengurangi risiko cedera, komplikasi, hingga kematian pada bayi sungsang. Ketika menghadapi proses persalinan yang sulit dan lama, tidak hanya sang ibu yang menderita. Janin juga dapat mengalami stres bahkan kehilangan nyawa.Maka dari itu, jangan menganggap bahwa metode caesar hanya akal-akalan dokter atau pihak rumah sakit untuk mengeruk keuntungan. Anda harus ingat bahwa tanggung jawab mereka adalah menyelamatkan ibu dan bayi. Melahirkan dengan operasi caesar dipilih semata demi mewujudkan hal tersebut.Apapun cara melahirkan yang nantinya akan dipilih, Anda sebaiknya berdiskusi dan berkonsultasi dengan dokter maupun pasangan sebelum memutuskannya. Dengan ini, risiko yang membayangi Anda dan calon buah hati dapat diminimalkan.

Catatan dari SehatQ

Meskipun mengkhawatirkan, Anda tidak perlu panik ketika janin dinyatakan sungsang. Masih ada cara-cara mengatasi bayi sungsang yang berpotensi dalam membetulkan posisi janin sebelum waktu kelahiran tiba.Meski demikian, prosedur-prosedur tersebut harus dilakukan dengan bantuan dokter kandungan. Jangan pernah mencobanya sendiri tanpa berkonsultasi terlebih dulu.Jika posisi janin tetap tidak berubah, dokter akan memberikan pilihan metode persalinan bayi sungsang pada Anda, lengkap dengan keuntungan dan risikonya.Jika Anda ingin berkonsultasi pada dokter seputar cara mengubah posisi bayi sungsang, Anda dapat chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
operasi caesarposisi janinsungsang
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/breech-baby
Diakses pada 10 Februari 2020
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_breech-birth_158.bc
Diakses pada 10 Februari 2020
Patient Info. https://patient.info/doctor/breech-presentations
Diakses pada 10 Februari 2020
Medlineplus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000623.htm
Diakses pada 10 Februari 2020
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/labor-and-delivery/breech-presentation/
Diakses pada 10 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait