5 Cara Mengatasi Batuk karena Alergi Paling Ampuh


Batuk karena alergi yang berkepanjangan tidak hanya membuat Anda sulit bernapas lega, tapi juga kecapekan. Salah satu cara cepat untuk mengatasi batuk karena alergi adalah dengan minum obat batuk yang mengandung chlorpheniramine atau diphenhydramine.

0,0
wanita batuk karena alergimenghirup debu, asap polusi, dan serbuk sari dapat menyebabkan batuk karena alergi
Batuk karena alergi tidak seperti batuk biasa yang bisa sembuh dalam hitungan hari. Jika tidak diobati dengan cara yang tepat, batuk alergi dapat berlangsung sampai lebih dari tiga minggu atau bahkan hingga berbulan-bulan.Lantas, bagaimana cara mengatasi batuk alergi yang ampuh?

Kenapa alergi menyebabkan batuk?

wanita batuk karena alergi di dalam rumah
menghirup alergen dapat memicu batuk-batuk
Alergi terjadi ketika sistem imun tubuh Anda bereaksi negatif terhadap zat asing yang sebetulnya tidak membahayakan kesehatan. Zat yang berpotensi menjadi penyebab alergi ini disebut sebagai alergen.Paparan terhadap alergen memicu sistem imun untuk menghasilkan antibodi. Antibodi ini kemudian akan menyebarkan histamin yang memicu gejala alergi di seluruh tubuh. Nah, batuk adalah salah satu gejala alergi yang umum.Batuk terutama muncul jika alergen masuk ke dalam tubuh lewat hidung alias dihirup, misalnya debu, asap rokok atau polusi, bulu hewan, serbuk sari, hingga udara dingin.Batuk karena alergi biasanya langsung muncul setelah tubuh menghirup alergen.Setelah menghirup alergen, saluran udara bisa teriritasi dan menyempit sehingga memicu batuk kering. Batuk kering karena alergi biasanya juga disertai dengan bersin-bersin dan sensasi tenggorokan gatal.

Cara mengatasi batuk kering karena alergi

Batuk itu sendiri sebetulnya merupakan bentuk respon dari sistem imun tubuh Anda untuk mengeluarkan zat yang dianggap berbahaya. Meski demikian, bukan berarti kondisi ini harus dibiarkan.Batuk kering yang berkepanjangan tidak hanya membuat Anda sulit bernapas lega, tapi juga kecapekan karena mengganggu tidur dan kelancaran berkegiatan sehari-hari.Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara mengatasi batuk alergi yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Jauhkan diri dari alergen

Sistem imun tubuh akan terus memunculkan reaksi alergi selama kita masih terpapar oleh pemicunya. Paparan berkelanjutan juga membuat reaksi alergi makin sulit untuk ditangani sampai tuntas.Maka, cara paling mudah untuk mengatasi batuk alergi adalah dengan menyingkir dari zat-zat yang bisa menyebabkan reaksi alergi.Sebagai contoh jika reaksi alergi Anda disebabkan oleh debu dan asap polusi, segera masuk ke ruangan dan tutup jendela serta pintu agar udara dari luar tidak ikut masuk.Anda juga bisa segera mandi dengan air hangat setelah beraktivitas di luar untuk membilas partikel-partikel debu, jamur, atau serbuk sari yang menempel di badan dan bisa memicu reaksi alergi. Uap hangatnya dapat membantu melonggarkan saluran napas sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.Sementara jika batuk kering disebabkan oleh bulu-bulu hewan peliharaan yang rontok dan beterbangan, jaga agar binatang kesayangan tidak berada di ruangan sama dengan Anda atau di ruangan yang sering Anda pakai. Baiknya juga sering mandikan peliharaan atau bawa ke grooming langganan untuk perawatan bulu yang lebih menyeluruh.

2. Pasang humidifier atau air purifier

air purifier bantu mengatasi batuk karena alergi
Bersihkan udara dari alergen dengan menyalakan air purifier
Ada banyak hal di udara yang dapat mengiritasi saluran udara Anda, termasuk asap, polusi, debu, spora jamur, dan serbuk sari.Partikel uap dari bahan kimia, seperti sulfur dioksida atau oksida nitrat yang mungkin terdapat dalam cairan pembersih rumah tangga, juga dapat menyebabkan masalah pernapasan bagi orang-orang yang sensitif.Oleh karena itu, Anda bisa mengatasi batuk yang disebabkan oleh alergi dengan menyalakan air purifier. Air purifier dapat membersihkan udara dari debu dan partikel-partikel asing seperti serbuk sari, jamur, dan bulu hewan peliharaan yang menyebabkan alergi.Di sisi lain, udara bersih yang terlalu kering atau terlalu dingin dapat menyebabkan batuk kering bagi sebagian orang. Jika batuk kering Anda dipicu oleh alergi dingin, cara mengatasi gejalanya adalah dengan mematikan AC dan menyalakan humidifier.Pemakaian AC yang terlalu lama dapat membuat udara dalam ruangan kering sehingga saluran napas Anda juga ikut mengering dan akhirnya teriritasi.Sementara itu, humidifier bisa membantu melembapkan udara dalam ruangan sehingga mencegah iritasi lebih lanjut pada saluran pernapasan.

3. Minum air putih hangat

Orang yang sedang batuk umumnya juga mengalami dehidrasi. Maka, cara paling baik untuk mengatasi batuk kering karena alergi adalah memperbanyak asupan cairan, terutama air putih hangat atau teh tawar hangat. Selain mengatasi dehidrasi, asupan cairan juga membantu sistem kekebalan Anda melawan membilas partikel alergen yang menempel di saluran pernapasan. Melembapkan tenggorokan dengan air juga dapat sakit tenggorokan yang biasa terjadi akibat batuk-batuk.Jika bosan dengan rasa air yang tawar, Anda bisa menambahkan 1-2 tetes madu ke dalam air atau teh hangat.Melansir WebMD, sebuah studi melaporkan bahwa minum air hangat yang dicampur dua sendok makan madu 30 menit sebelum tidur malam dapat meredakan batuk kering pada keesokan harinya.

4. Berkumur dengan air garam

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports tahun 2019 melaporkan, berkumur air dengan air garam hangat yang dilakukan bergantian dengan irigasi hidung terbukti mengurangi durasi batuk kering.Berkumur dengan air garam hangat juga akan melembapkan saluran napas untuk membantu meringankan rasa gatal dan iritasi di tenggorokan yang disebabkan oleh batuk kering.

5. Minum obat batuk

obat batuk alergi siladex antitusif dmp
Jika gejala tidak kunjung membaik setelah Anda mencoba berbagai cara di atas, segera minum obat batuk yang khusus untuk mengobati batuk kering karena alergi.
Carilah obat batuk kering alergi dengan kandungan chlorpheniramine maleate seperti Siladex Antitussive atau Siladex DMP yang mengandung diphenhydramine HCl.Chlorpheniramine dan diphenhydramine merupakan obat antihistamin untuk menghentikan gejala alergi dengan menghambat pelepasan zat histamin di dalam tubuh. Kedua obat ini juga membantu mengerem refleks batuk sehingga gejala batuk kering ikut mereda.Siladex Antitussive dan Siladex DMP dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak usia 6 tahun ke atas untuk cepat mengobati batuk alergi. Oleh karena itu, selalu sediakan Siladex Antitussive dan Siladex DMP di rumah untuk meredakan batuk tidak berdahak yang disertai alergi.Namun, penting untuk diingat bahwa chlorpheniramine dan diphenhydramine dapat menyebabkan kantuk. Maka, sebaiknya minum obat ini sebelum istirahat siang atau di waktu-waktu Anda tidak begitu banyak beraktivitas.Jangan pula mengemudikan kendaraan bermotor atau menjalankan mesin selama sedang menggunakan obat ini.Para pakar juga menganjurkan minum obat batuk alergi yang mengandung chlorpheniramine atau diphenhydramine di malam hari tepat sebelum tidur. Sebab, gejala alergi cenderung memburuk pada pagi hari. Dengan minum obat sebelum tidur, gejala yang muncul di pagi hari dapat lebih terkendali.Ingat, batuk alergi yang tidak tertangani dengan baik bisa menghambat aktivitas. Oleh karena itu, diperlukan pengobatan yang tepat. Jika batuk kering karena alergi masih terus berlanjut, konsultasikan ke dokter lewat chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download sekarang di App Store dan Google Play.
alergitips kesehatanmenjaga kesehatanbatukbatuk keringalergi dinginalergi lingkunganadv siladex att
Mayo Clinic https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/allergies/symptoms-causes/syc-20351497Diakses 6 September 2021University of Missouri https://www.muhealth.org/our-stories/how-deal-nagging-coughDiakses 6 September 2021Healthline https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies-for-dry-coughDiakses 6 September 2021Everyday Heath https://www.everydayhealth.com/cold-and-flu-pictures/home-remedies-for-cough-1028.aspxDiakses 6 September 2021WebMD. https://www.webmd.com/children/news/20120806/mom-was-right-honey-can-calm-coughDiakses 6 September 2021American College of Allergy, Asthma & Immunology https://acaai.org/q-and-a/why-do-my-allergies-only-seem-to-bother-me-in-the-morning/Diakses 6 September 2021Scientific Reports Journal https://www.nature.com/articles/s41598-018-37703-3Diakses 6 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait