7 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Nasi yang Ampuh

(0)
09 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Saat anak tidak mau makan nasi, ada banyak strategi yang bisa dicoba orangtua.Anak tidak mau makan nasi? Orangtua jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengatasinya!
Anda mungkin akan merasa khawatir saat anak tidak mau makan nasi. Sebab, nasi merupakan sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia sehingga dikhawatirkan kebutuhan akan nutrisi ini tidak terpenuhi jika Si Kecil tak mau melahapnya.Namun, sebaiknya Anda jangan langsung menghakimi bahwa anak tidak suka makan nasi. Bisa jadi ada penyebab lain yang membuatnya enggan mengonsumsi makanan tersebut.Sebenarnya orangtua tidak perlu khawatir jika anak tidak mau makan nasi. Karena masih banyak makanan lain yang kaya akan karbohidrat dan bisa dijadikan pengganti nasi. Namun jika orangtua ingin tahu penyebab dan cara mengatasi anak tidak mau makan nasi, simaklah penjelasan berikut ini.

Berbagai penyebab anak tidak mau makan nasi

Ada sejumlah alasan mengapa anak tidak mau makan nasi, di antaranya:
  • Memilih-milih makanan

Memilih-milih makanan atau picky eating dapat menjadi penyebab anak enggan mengunyah nasi. Akan ada masanya Si Kecil hanya mau mengonsumsi makanan favoritnya, misalnya nugget atau ayam saja.
  • Sulit mengunyah dan menelan makanan

Dalam beberapa kasus, anak dapat menolak nasi karena bisa jadi ia merasa kesulitan dalam mengunyah dan menelannya. Meskipun hal ini jarang terjadi, tidak ada salahnya Anda mengonsultasikan masalah ini dengan dokter dan memeriksa kesehatan anak.
  • Sedang sembelit

Saat anak tidak mau makan nasi, bisa jadi ia sedang sembelit. Menurut penelitian, anak yang sedang merasa sembelit akan menolak untuk makan dan tidak mampu untuk menjelaskan alasannya. Selain itu, radang tenggorokan atau sakit perut biasanya juga membuat anak tidak mau makan.
  • Tidak lapar

Saat anak tidak merasa lapar, ia akan menolak berbagai macam makanan yang ditawarkan, termasuk nasi. Cobalah tunggu beberapa saat hingga ia merasa lapar dan tawarkan nasi lagi.Inilah beberapa alasan mengapa anak tidak mau makan nasi. Untuk menangani berbagai penyebab ini, ada beberapa cara mengatasi anak tidak mau makan nasi yang bisa Anda coba.

Cara mengatasi anak tidak mau makan nasi

Ada banyak strategi dan ide yang bisa orangtua coba untuk mengatasi anak susah makan apa pun, termasuk nasi. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Hindari penggunaan gawai saat sedang makan

Jika anak tidak mau makan nasi, mungkin karena ia terdistraksi dengan ponsel atau smartphone
Hindari penggunaan gawai saat anak berada di meja makan
Tidak sedikit orangtua yang mengizinkan anak untuk menggunakan berbagai macam gawai (gadget) saat sedang makan, seperti smartphone, televisi, hingga laptop. Namun, penggunaan gawai saat makan akan membuat Si Kecil tidak tertarik untuk makan, dan malah fokus terhadap gawai yang sedang dimainkan.Cobalah ajak anak makan tanpa ada distraksi. Minta anak untuk duduk bersama di meja makan sambil ditemani oleh Anda.

2. Sajikan porsi yang tepat

Saat anak tidak mau makan nasi, bukan berarti ia tidak menyukai nasi. Bisa saja ia sudah ‘ketakutan’ melihat porsi yang orangtuanya sajikan.Maka dari itu, cobalah untuk menyajikan makanan dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Ingat, anak-anak tidak membutuhkan porsi makanan yang banyak layaknya orang dewasa.Mulailah dengan porsi kecil terlebih dahulu. Jika memang ia minta lagi, barulah Anda boleh memberikan porsi kedua.

3. Jangan memberikan makan dekat dengan jam tidur

Anak akan sulit makan jika ia merasa ngantuk
Anak akan sulit makan jika ia merasa ngantuk
Cobalah perhatikan waktu saat anak menolak untuk makan nasi. Jika memang waktu sudah menunjukkan jam tidur anak, wajar jika Si Kecil menolak untuk makan.Anak yang sedang mengantuk akan sulit untuk menerima makanan. Maka dari itu, jangan berikan Si Kecil makan yang berdekatan dengan jam tidurnya.

4. Hindari berperilaku kasar saat anak tidak mau makan

Anda disarankan untuk tidak berperilaku kasar saat anak bersikeras untuk tidak makan nasi, seperti membentak atau memaksanya. Sebab, berbagai perilaku ini hanya akan membuat anak semakin menolak nasi yang sudah disajikan.

5. Libatkan anak saat sedang mempersiapkan makanan

Alasan anak menolak untuk makan nasi bisa saja karena ia merasa bosan. Cobalah libatkan anak saat Anda sedang mempersiapkan makanan. Dengan begitu, ia bisa memilih lauk apa yang dapat dikombinasikan dengan nasi.Tidak hanya itu, anak juga bisa mencoba berbagai makanan baru yang dapat dikombinasikan dengan nasi. Ketika anak merasa terlibat dalam proses ini, niscaya mereka akan merasa lebih semangat untuk makan.

6. Berkreasi dengan makanan

Anda bisa mencoba untuk berkreasi dengan makanan supaya anak tertarik untuk makan. Misalnya, orangtua bisa mengubah bentuk nasi menjadi bulat-bulat atau kotak. Jadikan nasi sebagai hal yang menarik di mata Si Kecil.

7. Menjadi panutan untuk anak

Jika Anda tidak mau makan nasi, kemungkinan besar anak juga tidak akan mau makan nasi. Maka dari itu, pastikan Anda menjadi contoh yang baik dengan makan nasi.Kalau bisa, makanlah nasi dengan berbagai sayuran atau daging yang mengandung protein tinggi. Dengan begitu, anak juga akan mengikuti kebiasaan makan orangtuanya.

Sumber karbohidrat yang sehat selain nasi

Jika memang anak tidak mau makan nasi karena bosan atau tidak suka rasanya, Anda bisa mencoba berbagai sumber karbohidrat sehat di bawah ini sebagai alternatifnya:

Catatan dari SehatQ

Jangan bersedih jika anak tidak mau makan nasi karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Satu hal yang perlu diingat, pastikan Si Kecil tetap mendapatkan nutrisi dari makanan sehat untuk mendukung tumbuh kembangnya.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentingparenting stressgaya parentingkarbohidrat
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/child-refuses-to-eat-anything#picky-eating
Diakses pada 23 Februari 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-to-do-when-your-child-is-not-eating-anything-1323965
Diakses pada 23 Februari 2021
Family Doctor. https://familydoctor.org/when-your-toddler-doesnt-want-to-eat/
Diakses pada 23 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait