8 Cara Mengatasi Anak Susah Minum Obat secara Efektif

(0)
13 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Anak susah minum obat tidak boleh disepelekan agar kebiasaan ini tak terbawa hingga dewasa.Saat anak susah minum obat, orangtua disarankan untuk menunjukkan perilaku positif.
Meminta anak untuk minum obat saat ia sedang sakit merupakan salah satu tantangan terberat orangtua. Sebab, ada kalanya anak-anak akan menutup mulut rapat-rapat dan tidak mau mengonsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara mengatasi anak susah minum obat yang bisa dicoba.

Berbagai cara mengatasi anak susah minum obat yang efektif

Meskipun terkadang sulit, Anda tidak boleh putus asa untuk memberikan obat pada anak. Berikut adalah berbagai cara mengatasi anak susah minum obat.

1. Tunjukan perilaku yang positif saat memberikan obat pada anak

Dilansir dari Everyday Health, orangtua harus menunjukkan perilaku yang positif saat hendak memberikan obat pada anak. Anak yang sudah cukup dewasa biasanya mau mengerti jika orangtuanya mau memberikan alasan mengapa ia harus minum obat. Namun berbeda dengan anak yang lebih kecil, biasanya anak akan menunjukkan isyarat untuk tidak mau minum obat.Jangan sampai Anda menunjukkan sikap frustrasi atau marah-marah saat ingin memberikan obat pada Si Kecil. Ini hanya akan membuat anak semakin tidak ingin mengonsumsi obat yang diberikan.

2. Berikan anak pilihan

Saat Anda sedang mempersiapkan obat-obatan, libatkan anak dalam proses tersebut. Jika memang ada pilihan rasa, biarkan anak memilih rasa obat yang akan diminumnya. Dengan begini, anak akan mengerti pentingnya obat untuk kesehatan mereka dan mulai mau meminumnya.

3. Minta obat-obatan yang ramah untuk anak

Saat dokter meresepkan obat-obatan, cobalah minta obat-obatan yang rasanya tidak pahit. Kalau bisa, minta dokter untuk memberikan obat yang rasanya manis dan mudah diterima lidah anak.Anda juga bisa meminta dokter untuk memberikan obat yang hanya perlu diminum anak dua kali saja per hari. Faktor-faktor ini dapat membantu Anda mengatasi anak susah minum obat.

4. Campurkan obat ke dalam makanan favorit anak

Beberapa obat dapat digerus hingga teksturnya halus untuk kemudian dicampur ke dalam makanan favorit anak. Dengan begitu, ia tidak tahu bahwa makanannya mengandung obat-obatan yang harus ia minum.Akan tetapi, pastikan anak menghabiskan makanannya agar tidak ada obat yang tertinggal di sisa makanannya. Sebelum melakukannya, Anda disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter. Sebab, tidak semua obat boleh digerus dan dicampurkan ke dalam makanan.

5. Letakkan obat di dalam bagian lidah tertentu

Indra perasa manusia paling banyak terletak di bagian depan dan tengah lidah. Agar anak tidak kesulitan menelan obat yang pahit, cobalah membantunya dengan meletakkan obat di bagian lidah lain, seperti di dekat bagian belakang lidahnya.Selain itu, Anda juga boleh membantu anak meletakkan obat di bagian gusi belakang atau di bagian dalam pipinya. Dengan begitu, obat akan lebih mudah ditelan tanpa anak harus merasakan pahitnya obat tersebutCara mengatasi anak susah minum obat ini memang tidak mudah dan perlu dibiasakan. Namun, jangan putus asa dan teruslah mencoba agar anak mau meminum obatnya.

6. Memberikannya hadiah

Saat anak tidak mau minum obat, Anda boleh menawarkan sebuah hadiah kecil. Hal ini dipercaya dapat membuat anak mau minum obatnya karena ada hadiah yang menantinya.Hadiah yang dimaksud di sini dapat berupa pujian atau hal-hal kecil yang disenangi anak, misalnya makanan favoritnya.

7. Ajarkan anak untuk menelan obat

Terkadang, anak susah minum obat karena dirinya belum bisa menelan obat-obatan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengajarkannya untuk menelan obat-obatan.Dilansir dari Everyday Health, cobalah ajarkan anak untuk menelan permen yang sudah dihancurkan menjadi bagian kecil. Selain itu, Anda juga boleh mencelupkan kapsul ke dalam air agar lebih mudah ditelan oleh anak.

8. Beri makanan manis sebelum anak meminum obatnya

Memberikan makanan manis dapat membuat lidah 'kebal' terhadap rasa pahit obat-obatan. Maka dari itu, cobalah berikan cokelat atau sirup manis dulu sebelum memintanya minum obat-obatan. Selain makanan manis, Anda juga bisa meminta Si Kecil untuk menaruh makanan yang dingin di lidahnya.Jika rasa pahit masih terasa setelah anak meminum obatnya, Anda boleh langsung memberikannya makanan manis untuk menetralisir rasa pahit di lidah anak.

Catatan dari SehatQ

Anak susah minum obat bukanlah masalah yang boleh disepelekan. Jika tidak segera ditangani, bisa saja rasa takut minum obat ini terbawa hingga dirinya dewasa. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencoba berbagai cara mengatasi anak susah minum obat di atas.Jika berbagai cara di atas masih belum berhasil juga, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingparenting stressgaya parenting
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/kids-health/10-ways-to-get-kids-to-take-medicine.aspx
Diakses pada 30 Maret 2021
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/toddler-health/get-toddler-to-take-medicine.aspx
Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait