logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

11 Cara Mengatasi Anak Susah Minum Obat dengan Tepat

open-summary

Berbagai cara mengatasi anak susah minum obat di antaranya mencampurkan obat ke dalam makanan favorit anak, memberikan hadiah, hingga meletakkan obat di bagian lidah tertentu.


close-summary

0

14 Feb 2022

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Anak susah minum obat tidak boleh disepelekan agar kebiasaan ini tak terbawa hingga dewasa.

Saat anak susah minum obat, orangtua disarankan untuk menunjukkan perilaku positif.

Table of Content

  • 11 cara mengatasi anak susah minum obat yang efektif
  • Bagaimana jika anak memuntahkan obat?
  • Catatan dari SehatQ

Ketika sakit, terkadang anak susah minum obat. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi para orangtua agar anak mau minum obat tanpa perlu dipaksa. Untuk membantu Anda mengantisipasinya, ada sejumlah cara mengatasi anak susah minum obat yang bisa dicoba.

Advertisement

11 cara mengatasi anak susah minum obat yang efektif

Meskipun terkadang sulit, Anda tidak boleh putus asa untuk memberikan obat pada anak. Berikut adalah berbagai cara mengatasi anak susah minum obat.

1. Tunjukan perilaku yang positif saat memberikan obat pada anak

Dilansir dari Everyday Health, orangtua harus menunjukkan perilaku yang positif saat hendak memberikan obat pada anak. Anak yang sudah cukup dewasa biasanya mau mengerti jika orangtuanya mau memberikan alasan mengapa ia harus minum obat.

Namun, berbeda dengan anak yang lebih kecil, mereka biasanya anak akan menunjukkan isyarat untuk tidak mau minum obat.

Jangan sampai Anda menunjukkan sikap frustrasi atau marah-marah saat ingin memberikan obat pada si kecil. Ini hanya akan membuat anak semakin tidak ingin mengonsumsi obat yang diberikan.

2. Berikan anak pilihan

Jika Anda ingin anak minum obat tanpa penolakan, libatkan anak dalam proses tersebut. Apabila memang ada pilihan rasa, biarkan anak memilih rasa obat yang akan diminumnya.

Dengan begini, anak akan mengerti pentingnya obat untuk kesehatan mereka dan mulai mau meminumnya.

3. Minta obat-obatan yang ramah untuk anak

Saat dokter meresepkan obat-obatan, cobalah minta obat-obatan yang rasanya tidak pahit. Kalau bisa, minta dokter untuk memberikan obat yang rasanya manis dan mudah diterima lidah anak.

Anda juga bisa meminta dokter untuk memberikan obat yang hanya perlu diminum anak dua kali saja per hari. Faktor-faktor ini dapat membantu Anda mengatasi anak susah minum obat.

4. Campurkan obat ke dalam makanan favorit anak

memberikan obat untuk anak
Campurkan obat ke dalam makanan favorit anak

Cara mengatasi anak susah minum obat dapat dilakukan dengan mencampurkan obat ke dalam makanan favoritnya.

Beberapa obat dapat digerus hingga teksturnya halus untuk kemudian dicampur ke dalam makanan favorit anak. Dengan begitu, ia tidak tahu bahwa makanannya mengandung obat-obatan yang harus ia minum.

Akan tetapi, pastikan anak menghabiskan makanannya agar tidak ada obat yang tertinggal di sisa makanannya. Ini menjadi salah satu cara meminumkan obat pada bayi yang ampuh dan patut dicoba.

Sebelum melakukannya, Anda disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter. Sebab, tidak semua obat boleh digerus dan dicampurkan ke dalam makanan. 

5. Letakkan obat di dalam bagian lidah tertentu

Indra perasa manusia paling banyak terletak di bagian depan dan tengah lidah. Agar anak tidak kesulitan menelan obat yang pahit, cobalah membantunya dengan meletakkan obat di bagian lidah lain, seperti di dekat bagian belakang lidahnya.

Selain itu, Anda juga boleh membantu anak meletakkan obat di bagian gusi belakang atau di bagian dalam pipinya. Dengan begitu, obat akan lebih mudah ditelan tanpa anak harus merasakan pahitnya obat tersebut

Cara agar anak mau minum obat ini memang tidak mudah dan perlu dibiasakan. Namun, jangan putus asa dan teruslah mencoba agar anak mau meminum obatnya.

6. Memberikannya hadiah

Saat anak tidak mau minum obat, Anda boleh menawarkan sebuah hadiah kecil. Hal ini dipercaya dapat membuat anak mau minum obatnya karena ada hadiah yang menantinya.

Hadiah yang dimaksud di sini dapat berupa pujian atau hal-hal kecil yang disenangi anak, misalnya makanan favoritnya. Namun, cara mengatasi anak susah minum obat ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

7. Ajarkan anak untuk menelan obat

Terkadang, anak susah minum obat karena dirinya belum bisa menelan obat-obatan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengajarkannya untuk menelan obat-obatan.

Dilansir dari Everyday Health, cobalah ajarkan anak untuk menelan permen yang sudah dihancurkan menjadi bagian kecil. Selain itu, Anda juga boleh mencelupkan kapsul ke dalam air agar lebih mudah ditelan oleh anak.

8. Beri makanan manis sebelum anak meminum obatnya

Memberikan makanan manis dapat membuat lidah 'kebal' terhadap rasa pahit obat-obatan. Maka dari itu, cobalah berikan cokelat atau sirup manis dulu sebelum memintanya minum obat-obatan. Selain makanan manis, Anda juga bisa meminta Si Kecil untuk menaruh makanan yang dingin di lidahnya.

Jika rasa pahit masih terasa setelah anak meminum obatnya, Anda boleh langsung memberikannya makanan manis untuk menetralisir rasa pahit di lidah anak.

Tips anak susah minum obat ini dapat membantu si kecil menetralisir rasa pahit yang ia rasakan di lidahnya.

9. Bermain peran

Bermain peran atau pretend play dapat dilakukan sebagai cara agar anak mau minum obat. Pada situasi ini, Anda boleh berpura-pura menjadi dokter dan anak berperan sebagai pasien. Setelah itu, bantu anak untuk minum obat.

Ada banyak ide pretend play lain yang bisa dicoba, contohnya dengan boneka. Biarkan anak berperan sebagai dokter dan minta ia memberikan obat-obatan pada boneka tersebut.

Hal ini dipercaya dapat membuat anak merasa lebih nyaman dan tidak takut meminum obat.

10. Mendekap anak secara perlahan

Jika berbagai tips anak susah minum obat di atas tidak membuahkan hasil, jalan terakhir yang dapat dicoba adalah mendekap dan memeluk anak secara perlahan.

Dikutip dari Everyday Health, minta bantuan orang lain untuk menutupi tubuh anak dengan selimut, lalu mendekapnya dari belakang secara perlahan tanpa menyakitnya. Kemudian, Anda boleh membuka mulut anak dan memasukkan obatnya.

Meski begitu, perlu diingat bahwa cara ini harus dilakukan dengan lembut agar si kecil tidak merasa takut.

11. Hindari tersedak

Perhatikan berapa banyak obat yang bisa ditelan anak. Untuk menghindarinya tersedak, terkadang dosis obat harus dibagi menjadi beberapa bagian. Ketika memberikan obat pada anak, pastikan ia duduk dalam posisi tegak untuk mencegahnya tersedak.

Bagaimana jika anak memuntahkan obat?

anak memuntahkan obat
Anak memuntahkan obat yang diminumnya

Ketika minum obat yang terasa pahit, terkadang anak suka memuntahkannya. Hal ini bisa membuat orangtua merasa kesal sekaligus khawatir.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter sebelum memberikan lagi obat pada anak atau mengulang dosis. Pemberian sebagian obat dapat diulang tanpa masalah, tapi sebagian lain bisa berbahaya.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda dapat menggunakan semprotan atau alat tetes dalam memberikan obat pada anak. Anda bisa menyemprotkan atau meneteskannya ke arah belakang mulut anak.

Baca Juga

  • Pro Kontra Anak Baca Buku Online yang Harus Diketahui Orangtua
  • 9 Cara Belajar Membaca Anak SD yang Bisa Dicoba di Rumah
  • Memahami Perbedaan Minat dan Bakat pada anak

Catatan dari SehatQ

Anak susah minum obat bukanlah masalah yang boleh disepelekan. Jika tidak segera ditangani, bisa saja rasa takut minum obat ini terbawa hingga dirinya dewasa. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencoba berbagai cara mengatasi anak susah minum obat di atas.

Jika berbagai cara di atas masih belum berhasil juga, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentingparenting stressgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved