Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Dapat Anda Lakukan

(0)
14 Jul 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa cara mengatasi alergi dingin yang bisa dilakukanAlergi dingin disebabkan karena suhu udara dingin
Pernahkah Anda mengalami gatal-gatal saat kulit terpapar suhu udara yang dingin? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami alergi dingin. Alergi ini memiliki gejala seperti alergi lainnya, namun yang membedakan adalah pemicunya, yakni suhu udara yang dingin.

Gejala alergi dingin

Alergi dingin adalah reaksi kulit yang muncul dalam beberapa saat setelah terpapar udara dingin. Reaksi yang dialami setiap orang kemungkinan berbeda-beda, namun biasanya ditandai dengan timbulnya gejala, seperti:
  • Kemerahan pada kulit yang terpapar dingin.
  • Gatal-gatal
  • Bentol dan ruam
  • Tangan bengkak saat memegang objek yang dingin
  • Sensasi terbakar pada bibir saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin
  • Reaksi semakin parah ketika kulit menghangat.
Alergi dingin paling sering dialami oleh pria dan wanita dewasa. Gejala alergi dingin bisa menjadi parah dan memerlukan perawatan medis segera. Berikut adalah gejala alergi dingin yang tergolong parah.
  • Anafilaksis, yakni bentuk reaksi alergi parah yang ditandai dengan pingsan, jantung berdetak cepat, dan syok
  • Pembengkakan pada lidah dan tenggorokan yang membuat sulit bernapas.
Munculnya gejala alergi dingin dapat bervariasi. Anda dapat mengalaminya sekitar 2-5 menit setelah terpapar suhu dingin, namun gejala-gejala tersebut juga dapat hilang secara tiba-tiba.

Cara mengobati alergi dingin

Alergi merupakan masalah kesehatan yang sifatnya hilang dan timbul. Faktanya, butuh waktu yang tidak sebentar untuk dapat benar-benar sembuh dari masalah ini.Sebenarnya, cara terbaik untuk mencegah alergi dingin adalah dengan menghindari suhu dingin. Masalahnya, hal tersebut tidak mungkin dilakukan bagi orang-orang yang tinggal di daerah dengan suhu yang dingin.Sebagai solusinya, ada beberapa cara mengatasi alergi dingin yang dapat dilakukan sebagai langkah untuk mengontrolnya.

1. Minum obat antihistamin

Minum obat antihistamin sebelum terkena paparan suhu dingin adalah salah satu cara mengatasi alergi dingin. Meski tidak ada obat khusus untuk mengatasi alergi dingin, antihistamin merupakan salah satu obat yang diresepkan oleh dokter untuk meredakan gatal atau biduran akibat alergi.Beberapa contoh obat antihistamin yang biasanya direkomendasikan adalah loratadine, cetirizine, dan desloratadine. Obat-obat tersebut dapat Anda temukan di apotek atau toko obat terdekat, tentunya dengan arahan dan resep dokter.

2. Menggunakan obat omalizumab

Obat omalizumab biasanya diresepkan untuk mengobati asma. Namun, obat ini juga bisa diberikan jika orang yang mengalami alergi dingin tidak dapat diobati dengan antihistamin dan jenis obat lainnya.Obat yang satu ini tidak dijual secara bebas karena harus mendapat resep dari dokter terlebih dahulu. Omalizumab juga sering digunakan untuk mengobati gejala alergi dingin yang sifatnya sudah menahun.

3. Memberi suntikan epinefrin

Jika Anda mengalami alergi dingin yang cenderung mudah kambuh, maka suntikan epinefrin bisa menjadi pilihan sebagai cara mengatasi alergi dingin.Suntikan epinefrin biasanya diberikan untuk mencegah risiko alergi dingin yang berlebihan. Tetapi, obat yang satu ini tidak dianjurkan digunakan secara sembarangan.Apabila dokter Anda telah meresepkan suntikan epinefrin, maka simpan dan bawa bersama Anda untuk membantu mencegah reaksi alergi serius.

4. Pastikan tubuh tetap dalam keadaan hangat

Kenakan pakaian tebal untuk melindungi tubuh selama memasuki cuaca dingin. Pastikan Anda selalu menggunakan jaket, topi, sarung tangan, dan syal saat harus bepergian keluar rumah.Saat Anda kembali ke rumah, gunakan selimut untuk menghangatkan tubuh dan agar terhindar dari gatal-gatal atau ruam akibat alergi dingin.

5. Hindari pemicu alergi dingin

Cara mengatasi alergi dingin lainnya adalah dengan menghindari pemicunya. Karena reaksi alergi dipicu oleh segala sesuatu yang dingin, maka hindari berada dalam tempat dingin dan minum atau mengonsumsi makanan yang dingin.Menghindari minuman atau makanan yang dingin bertujuan agar tidak terjadi pembengkakan pada tenggorokan akibat alergi dingin.Selain itu, lindungi kulit Anda dari perubahan suhu dingin yang sifatnya mendadak. Jika Anda akan berenang, celupkan tangan Anda ke dalam air terlebih dahulu dan lihat apakah Anda mengalami reaksi alergi dingin atau tidak.Itulah beberapa cara mengatasi alergi dingin yang dapat Anda lakukan, Untuk menangani kondisi ini, konsultasikan masalah Anda dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
alergi dingin
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-allergy#outlook
Diakses pada 1 Juni 2020
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cold-urticaria/diagnosis-treatment/drc-20371051#:~:text=Antihistamines%20block%20the%20symptom%2Dproducing,)%20and%20cetirizine%20(Zyrtec).
Diakses pada 1 Juli 2020
NCHMD. https://www.nchmd.org/education/mayo-health-library/details/CON-20371028
Diakses pada 1 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait